Rayakan Kemerdekaan, Bukalapak Ajak Masyarakat BerjuangBareng dengan Bela Produk Lokal

Sharing is caring!

Rayakan Kemerdekaan, Bukalapak Ajak Masyarakat BerjuangBareng dengan Bela Produk Lokal 1

Jakarta, 17 Agustus 2020 – Pandemi yang berdampak cukup signifikan terhadap sektor UMKM mendesak para UMKM tanah air untuk terus beradaptasi dan berinovasi dengan kondisi pasar. Salah satunya, dengan bergabung dan memaksimalkan penjualan lewat platform dagang-el yang selama masa pandemi menjadi alternatif masyarakat untuk memenuhi kebutuhan.

Mengutip Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki pada salah satu keterangan resminya, saat ini baru 13 persen atau 8 juta pelaku UMKM yang terhubung secara online, sehingga diperlukan pendampingan, pelatihan digital marketing, serta kerja sama dengan sektor usaha besar.

Situasi ini terus memacu Bukalapak untuk mengajak semakin banyak lagi pelaku UMKM untuk dapat memanfaatkan keberadaan marketplace untuk memperluas jangkauan bisnis dan mendapatkan sokongan pendapatan, salah satunya melalui program terkini, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diluncurkan pada Mei 2020 lalu.

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin, melalui video #BerjuangBareng yang diluncurkan secara khusus oleh Bukalapak dalam rangka HUT Indonesia yang ke-75, mengatakan, “Meskipun tahun ini bangsa Indonesia harus merayakan kemerdekaan dengan cara yang tidak seperti biasanya, kami di Bukalapak tetap mengibarkan tekad bahwa kita akan tetap merdeka dari rasa pesimis.

Dengan keberadaan 90 juta pengguna, 6 juta Pelapak dan 5 juta Mitra Bukalapak dan dukungan seluruh masyarakat Indonesia mari kita bersama membangun ekonomi negeri ke arah yang lebih baik.”

Seperti misi Bukalapak untuk menciptakan “Fair Economy For All” atau keadilan ekonomi untuk semua, Bukalapak mengajak masyarakat untuk memanfaatkan teknologi dan keberadaan marketplace untuk membuat peluang yang lebih baik dan mendukung ketahanan ekonomi di tengah pandemi.

Lebih lanjut, Rachmat menambahkan partisipasi masyarakat pada gerakan Bangga Buatan Indonesia dapat menjadi upaya gotong royong yang berdampak pada keberlangsungan UMKM nasional. “Kualitas produk semakin baik, preferensi selera lokal yang semakin meluas, dan beragamnya inovasi untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat menjadi kesempatan bagi para produsen lokal untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Hal yang sama juga berlaku bagi konsumen, mari kita sama – sama membuat aksi nyata untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dengan cara membela produk lokal dan meningkatkan konsumsi barang dalam negeri.

Saat ini, Bukalapak menerima antusiasme yang tinggi dari masyarakat untuk program Bangga Buatan Indonesia dengan terus bertambahnya pelaku UMKM yang bergabung dan jumlah barang yang dipasarkan pada setiap harinya. Selain itu, Pengguna juga dapat menikmati berbagai penawaran menarik khusus transaksi produk lokal mulai dari bahan makanan, barang-barang fashion, produk rumah tangga, hingga perlengkapan bersepeda, berupa diskon dan gratis ongkir.

“Untuk meningkatkan gairah belanja barang produk lokal, kami memberikan diskon hingga 50% dan gratis ongkos kirim untuk para pahlawan produk lokal ini, selain itu di internal Bukalapak, kami juga membuat program Rabu Lokal, dimana kami mengajak seluruh karyawan untuk memakai dan  produk lokal (minimal) di hari Rabu,”papar Rachmat.

“Sejalan dengan seruan Presiden Joko Widodo bagi platform teknologi untuk mendukung transformasi kemajuan bangsa, kami di Bukalapak selalu berjuang untuk terus mendukung, mendampingi serta mendorong para pelaku UMKM agar mendapat kesempatan bisnis dan kehidupan yang lebih baik lewat akses teknologi,” tutup Rachmat.

Kunjungi halaman #BanggaBuatanIndonesia, bila Anda ingin juga menjadi Pahlawan Produk Lokal.

Tentang Bukalapak

Bukalapak adalah perusahaan tech-commerce Indonesia dengan misi menciptakan perekonomian yang adil untuk semua. Lewat platform online dan offlinenya, Bukalapak memberikan pilihan dan kesempatan untuk semua orang supaya bisa hidup lebih baik.

Sejak tahun 2010, Bukalapak telah melayani hampir 6 juta Pelapak (online sellers), hampir 5 juta warung dan agen Mitra Bukalapak serta 90 juta pengguna dan pada tahun 2017 kami resmi menjadi unicorn. Bukalapak selalu memiliki perhatian khusus dalam membantu pertumbuhan UMKM Indonesia sehingga para Pendiri Bukalapak dianugerahi Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Pemerintah Indonesia pada tahun 2016 (Achmad Zaky) dan 2019 (Fajrin Rasyid) atas kontribusinya pada bangsa.

Bukalapak juga diakui Financial Times sebagai perusahaan dengan tingkat pertumbuhan tertinggi ke-14 di Asia Pasifik, masuk dalam daftar HR Asia sebagai Best Companies to Work For tahun 2019, dan dinobatkan sebagai The Best Contact Center Indonesia tahun 2018 dan 2019 oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA).

Supaya Bukalapak bisa #bikinasik hidupmu, kunjungi www.bukalapak.com

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *