Kunjungan Virtual Pabrik AQUA: Lindungi Air dari Hulu ke Hilir, Lindungi Keluarga Indonesia

Sharing is caring!

Kunjungan Virtual Pabrik AQUA: Lindungi Air dari Hulu ke Hilir, Lindungi Keluarga Indonesia 1

Jakarta, 18 Agustus 2020 – AQUA berkomitmen menjaga kemurnian dan kandungan mineral airnya terlindungi sejak diambil dari sumber air pegunungan, dikemas, dan didistribusikan ke rumah-rumah keluarga Indonesia. Jaminan tersebut disampaikan pada sebuah perjalanan virtual ke salah satu pabrik AQUA di Ciherang, Jawa Barat, yang disiarkan langsung di YouTube SehatAQUA.

Perjalanan virtual ini memperlihatkan bagaimana AQUA menjaga sumber air serta ekosistem sekitarnya, melakukan pengemasan tanpa sentuhan tangan manusia, dan memenuhi setiap standar baik nasional maupun internasional dalam upaya menyediakan hidrasi berkualitas dan terlindungi bagi keluarga Indonesia.

Perjalanan virtual tersebut dimulai dengan mengunjungi sumber air AQUA yang berada di Ciherang. Untuk menjaga sumber airnya AQUA telah 2,5 juta pohon di sekitar sumber air AQUA dan turut melestarikan 1.500 spesies flora dan fauna. Kealamian ekosistem sumber air tersebut terlindungi mengalir ke Rumah Sumber Air yang hanya bisa diakses oleh karyawan tertentu. Pada tahap selanjutnya, diperlihatkan pula proses seleksi dan pembersihan galon AQUA yang kembali ke pabrik setelah digunakan konsumen. Galon-galon tersebut dibersihkan dari kontaminan dengan standar quality control yang ketat sebelum masuk ke proses pengisian.

“Seluruh produk AQUA secara rutin diuji melalui 400 parameter kualitas untuk menjamin pemenuhan standar keamanan pangan yang telah ditetapkan oleh BPOM. Rangkaian proses yang disaksikan selama perjalanan virtual ini telah mengacu pada Standar Kualitas Internasional ISO 9001. Selain itu, fasilitas produksi kami telah tersertifikasi sistem jaminan keamanan pangan internasional Food Safety System Certification (FSSC) 22000,” jelas AQUA Water Resources, Nature & Process Technology Director Azwar Satrya Muhammad.

Dari proses pembersihan, kemasan galon yang sudah masuk ke area pengisian di mana air dengan kandungan mineral yang masih terlindungi akan mengisi kemasan. Setelah pengisian, kemasan galon akan ditutup rapat dengan tutup khusus yang telah dipatenkan oleh AQUA, melindungi air dari pabrik hingga ke tangan konsumen.

Kemasan galon AQUA juga dilengkapi double coding pada bagian tutup dan badan galon, serta tutup berteknologi double injection yang telah dipatenkan untuk mencegah pemalsuan produk. Seluruh tahapan ini dilaksanakan tanpa tersentuh tangan manusia guna menjamin kualitas produk tetap terjaga.

“Teknologi yang digunakan oleh produsen saat ini, termasuk AQUA, merupakan hasil inovasi selama bertahun-tahun dengan satu tujuan yang sama, yakni memastikan agar produk yang sampai ke tangan konsumen aman dan bermutu.

Inovasi pun telah membuat kemasan seperti galon guna ulang ini aman digunakan berkali-kali dan ramah lingkungan karena tidak menambah jumlah sampah,” jelas Pakar Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor Eko Hari Purnomo.

Selain proses pengemasan galon guna ulang, dalam perjalanan virtual ini dijelaskan pula protokol keamanan dan kesehatan (health screening) baru yang wajib ditaati oleh seluruh pekerja di pabrik untuk menjamin keamanan dan kesehatan mereka saat bekerja.

Perlindungan menyeluruh yang dilakukan oleh AQUA dari hulu hingga ke hilir ini dipandang positif oleh Shahnaz Soehartono yang juga menjadi moderator dalam perjalanan virtual ini. Ibu dari satu anak ini juga pernah merasakan kekhawatiran soal keamanan produk konsumsi di tengah pandemi, tetapi setelah mendapatkan informasi yang benar, kekhawatiran itu dapat ditepis. 

”Saya berharap informasi ini dapat tersebar luas, hingga para konsumen khususnya para ibu seperti saya, dapat menjadi lebih bijaksana dalam memilih produk air mineral untuk dikonsumsi keluarga. Tidak hanya jaminan kualitas dan keamanan produk, tapi kita juga harus tetap memperhatikan bagaimana produk yang kita beli dapat memberikan manfaat yang lebih baik untuk kelestarian lingkungan hidup, demi masa depan anak-cucu kita.”

Tentang AQUA

AQUA merupakan pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan Minuman Ringan di Indonesia yang didirikan tahun 1973. Sebagai merek asli Indonesia, selama 47 tahun, AQUAselalu berusaha untuk menyebarkan kebaikan kepada masyarakat dengan menyediakan hidrasi sehat dan menjaga keberlanjutan alam. Hal ini sejalan dengan visi Danone, “One Planet, One Health”, dimana kami percaya bahwa kesehatan masyarakat ditentukan dari gaya hidup dan lingkungan yang sehat.

Sebagai perwujudan visi dan komitmen dalam mengelola operasional secara bertanggung jawab dalam sosial dan lingkungan, AQUA mengembangkan inisiatif AQUA Lestari yang terdiri dari Perlindungan Sumber Daya Air, Pengurangan C02, Optimalisasi Kemasan dan Pengumpulan Sampah Kemasan dan Distribusi Produk secara Berkelanjutan yang dilakukan bekerja bersama pemangku kepentingan dan karyawan.

AQUA juga memprakarsai program daur ulang pertama, “AQUA Peduli” pada tahun 1993 sebagai langkah awal menuju model pengemasan yang lebih sirkular. Saat ini, kami mampu mengumpulkan 12.000 ton plastik setiap tahunnya lewat 6 Unit Bisnis Daur Ulang berbeda di Indonesia.

Sejak tahun 2018, AQUAmeluncurkan gerakan #BijakBerplastik yang menggarisbawahi tiga komitmen untuk mengatasi permasalahan sampah plastik di Indonesia: Pengembangan Infrastruktur Pengumpulan Sampah, Edukasi Konsumen, dan Inovasi Kemasan Produk. Sebagai bentuk inovasi kemasan, AQUA baru saja meluncurkan AQUA LIFE, botol air minum pertama di Indonesia yang terbuat dari 100 persen plastik daur ulang.

AQUA adalah bagian dari kelompok usaha DANONE, salah satu produsen produk makanan dan minuman terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri, unit usaha DANONE meliputi dua kategori utama, yaitu minuman (AMDK, minuman ringan non karbonasi) serta kategori bisnis Specialized Nutrition.

AQUAmerupakan Perusahaan FMCG pertama di Indonesia yang bersertifikasi B-Corp, yaitu standar tertinggi terhadap kinerja sosial dan lingkungan, transparansi dan akuntabilitas. Laporan keberlanjutan AQUA dapat diakses melalui www.aqua.co.id. Untuk masukan serta keluhan pelanggan, dapat disampaikan melalui AQUA Menyapa Bebas Pulsa 08001588888 atau melalui Facebook Sehat AQUA dan www.sehataqua.co.id

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *