Pesan dari Perdana Menteri Australia Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia 2020

Sharing is caring!

Pesan dari Perdana Menteri Australia Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia 2020 1

Sebagai teman dekat dan tetangga, Australia menyampaikan ucapan selamat yang hangat kepada Pemerintah dan masyarakat Indonesia saat Anda merayakan hari kemerdekaan yang ke-75.

Hari perayaan ini merupakan tonggak sejarah perjuangan panjang rakyat Indonesia untuk kemerdekaan, yang dengan bangga Australia dukung secara aktif.

Persahabatan dan momentum yang menopang hubungan kita ditunjukkan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Australia pada Februari tahun ini dan pidato penting beliau di Parlemen Australia.

Tahun ini menandai 70 tahun hubungan diplomatik formal antara Australia dan Indonesia. Hubungan kita dibangun di atas karya generasi ke generasi di kedua negara – para pemimpin politik, pejabat, pebisnis, pelajar, dan sukarelawan. Upaya ini menghasilkan Traktat Lombok tahun 2006 dan deklarasi Kemitraan Strategis Komprehensif kita pada 2018. Ini adalah komitmen untuk memperdalam kerja sama bilateral dan memajukan nilai-nilai bersama di kawasan kita, yang kami ingin amankan secara strategis, stabil secara ekonomi, dan berdaulat secara politik.

Pada tahun 2020, kami juga meratifikasi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia yang meningkatkan jalinan perdagangan, investasi dan bisnis kita. Upaya-upaya ini telah menjalin sebuah hubungan yang tidak hanya penting bagi kedua negara kita, tetapi juga untuk tetangga ASEAN dan kawasan Indo-Pasifik kita yang lebih luas.

Saya yakin kemitraan panjang dan dinamis ini akan membantu kita bekerja sama mengatasi dampak kesehatan, sosial dan ekonomi dari pandemi COVID-19. Sama seperti kita telah saling membantu dalam menghadapi bencana alam baru-baru ini, demikian pula kita akan berjuang bersama untuk membangun kembali dan pulih dari tantangan global ini.

Di Australia, kami melihat kesuksesan Indonesia sebagai kesuksesan kami, dan kesuksesan kawasan. Maka kami bergabung dengan Anda pada Hari Kemerdekaan Anda, mengakui pencapaian masa lalu, tetapi yang terpenting adalah melihat ke masa depan dengan optimisme dan harapan.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *