Kontingen Bali Rebut Juara Umum Kejurnas Virtual Tandoku Shorinji Kempo

Sharing is caring!

Kontingen Bali Rebut Juara Umum Kejurnas Virtual Tandoku Shorinji Kempo 1
Sekjen Kementerian Kominfo Rosarita Niken Widiastuti dalam penutupan Kejurnas dari Aula Anantakupa Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (14/08/2020). – (AYH)

Kontingen Shorinji Kempo Provinsi Bali berhasil merebut gelar Juara Umum dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Tandoku Shorinji Kempo Piala Menteri Komunikasi dan Informatika Tahun 2020. Kejurnas yang berlangsung secara virtual selama dua hari dari tanggal 13 s.d. 14 Agustus 2020 merupakan perhelatan olahraga Kempo pada masa pandemi Covid-19 dengan peserta terbanyak.

Gelar juara umum berhak disandang Kontingen Kempo Bali setelah merebut dua medali emas, satu perak, dan satu perunggu. Dua medali emas masing-masing diraih Kenshi Griselda Nadya Billy pada kategori Yudhansa II/III DAN Putri, dan Erasmus Naris Fendi di kelas Yudhansa I DAN Putra. Medali perak untuk Yudhansa II/III DAN diperoleh Rudy Sihaloho, dan sekeping perunggu Tandoku Kyukenshi Putri disumbang oleh Ni Kadek Ayu Juniantari.

Griselda Nadya Billy menyabet medali emas di kategori embu solo Yudansha II/III-DAN putri dengan meraih poin tertinggi 279. Sementara medali perak diraih Kenshi putri NTT atas nama Aldiani A.H Deny dengan torehan poin terpaut tipis yakni 275. Sedangkan medali perunggu diraih Kenshi asal DKI Jakarta, Hafsah L. Khairunnisa dengan poin 268.

Sementara Kenshi Erasmus Naris Fendi yang turut mendapatkan 1 emas Bali di kategori embu Yudansha I DAN putra, meraih total 272. Pada kategori ini, peraih medali emas, perak dan perunggu untuk total poin yang didapat, hanya berselisih 1 poin saja. 

Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti menyampaikan apresiasi atas terlaksananya Kejurnas virtual Tandoku Shorinji Kempo tahun 2020 meski digelar dengan penuh keterbatasan di masa pandemi.

“Saya sangat bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi karena kejurnas ini diikuti oleh 293 Atlet Kempo di seluruh Indonesia. Ini serasa capaian yang luar biasa mengingat Kominfo baru lama kali menyelenggarakan Kejurnas Kempo ini dan tentunya Kempo ini perlu terus disosialisasikan, mengingat nilai-nilai dari Kempo itu sangat penting sekali dimiliki oleh generasi muda Indonesia,” ujarnya ketika mewakili Menteri Kominfo Johnny G. Plate dalam penutupan Kejurnas dari Aula Anantakupa Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (14/08/2020).

Sekjen Kementerian Kominfo menilai, di era sekarang ini Indonesia perlu bersama-sama membangun karakter dari generasi muda. “Melalui Kempo inilah akan terbangun karakter-karakter yang kuat, karakter-karakter yang mempunyai jati diri bangsa Indonesia, saling menghormati, saling menghargai satu sama lain,” tandasnya.

Dalam tayangan video, Menteri Kominfo Johnny G. Plate memberikan apresiasi kepada seluruh Atlet Kempo di seluruh Indonesia yang telah berpartisipasi mengikuti Kejuaraan Nasional Tandoku Shorinji Kempo Piala Menteri Komunikasi dan Informatika Tahun 2020.

“Saya menyampaikan terima kasih atas partisipasinya untuk mengikuti kejuaraan ini. Jaga sportivitas Atlet, bangun spirit Olimpiade, tetap kuat, tetap sehat di masa pandemi Covid-19, dan tetap jaga protokol kesehatan secara disiplin,” ujarnya melalui tayangan video dalam acara penutupan Kejurnas Virtual Tandoku Shorinji Kempo dari Aula Anantakupa Kementerian Kominfo, di hari yang sama.

Adanya pandemi Covid-19, turut mendorong pelaksanaan Shorinji Kempo tahun ini digelar berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Gelaran virtual yang bertajuk “Meraih Prestasi di masa pandemi untuk Indonesia Maju” itu, menjadi penanda kebangkitan semangat Indonesia untuk beradaptasi terhadap kebiasaan baru dan percepatan transformasi digital di sektor olahraga.

Punya Makna Yang Besar

Senada dengan Menteri Kominfo, Founding Father untuk Indonesia Indra Kartasasmitha dalam sambutannya turut menyampaikan bahwa kegiatan yang disaksikan oleh lebih dari 300.000 Kenshi yang tersebar di 33 provinsi, 343 kabupaten Kota dan 1.800 Dojo di Indonesia ini juga mendapat apresiasi dari Direktur World Shorinji Kempo Organization (WSKO) Indonesia Beni Sukawanto.

“Saya mendapat telepon dari WSKO betapa mereka kagum. Saya sampaikan, memangnya yang bisa cuma Jepang? Bukan hanya Jepang, tetapi kita sudah sering mengalahkan Jepang pada pertandingan-pertandingan di mana-mana. Hanya modalnya kesungguhan, disiplin, dan persaudaraan,” jelasnya.

Lebih lanjut, menurut Indra terselenggaranya Kejurnas secara virtual ini memiliki makna yang sungguh sangat besar artinya, di mana melalui teknologi olahraga beladiri Kempo di Indonesia mendapat jalan keluar untuk berlatih dan berprestasi.

“Lewat kejuaraan ini, sangat menolong kami karena sudah terlalu lama tidak diperkenankan berlatih berpasangan. Inilah jalan keluarnya, bukan hanya berlatih tapi kita dapat mempertandingkan Shorinji Kempo di dalam individual dan virtual,” ungkapnya.

Kepada seluruh atlet Shorinji Kempo di seluruh Tanah Air yang mengikuti Kejurnas Virtual, Indra mengatakan untuk tetap berpegang kepada Motto Shorinji Kempo yaitu: “Kasih Sayang Tanpa Kekuatan Adalah Kelemahan. Kekuatan Tanpa Kasih Sayang Adalah Kezaliman”. “Motto itu memiliki arti bilamana dianggap ada pemenang, yang menang adalah kita semua. Yang menang adalah seluruh Shorinji Kempo dan yang menang adalah Republik Indonesia,” ucapnya.

Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Perkemi Bali Adi Priyanto mengungkapkan kebanggaan atas prestasi Kenshi Bali dalam Kejurnas itu. Menurutnya hal itu menjadi buah kerja keras latihan yang dijalani selama ini.

“Dukungan penuh dari kami, membuat semangat para Atlet meraih Medali dan sukses menjadi Juara Umum Piala Menteri Kominfo. Target kami untuk menjadi juara bisa terealisasi. Ini sangat membanggakan bagi kami, ternyata apa yang kami harapkan dan inginkan sesuai dengan yang diberikan tim kempo Bali,” tuturnya di Balai Komunikasi Mengwi, Bali.

Menurut Ketum Adi, hasil ini semakin menunjukkan jika Bali di nomor baru tersebut kian disegani oleh para rival dari seluruh provinsi Indonesia yang ikut ambil bagian pada Kejurnas tersebut.

Hadir dalam penutupan Kepala Biro Keuangan Kominfo selaku Ketua Panitia, Bambang Sigit Nugroho; Kepala Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Kominfo, Noor Iza; Ketua PB PERKEMI Saifudin Aswari; serta perwakilan dari Bakti Kominfo dan PT. Telkom Indonesia. Hadir pula secara virtual Kepala Balmon Spektrum Frekuensi Radio di seluruh Indonesia, Atlet/Kenshi, Pelatih dan Manajer di seluruh Indonesia.

Adapun, untuk klasemen akhir dan nama-nama pemenang pada Kejurnas yang terbagi dalam 7 kategori yang dipertandingkan oleh Atlet 112 putra dan 98 putri dari seluruh Indonesia dapat diunduh di sini

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *