Saksikan Aksi Budayawan Modern Dalam Dongeng Cinta Jiwo di KiosLive!

Sharing is caring!

Saksikan Aksi Budayawan Modern Dalam Dongeng Cinta Jiwo di KiosLive! 1

Berawal dari ragam budaya yang beraneka dan kesenian tradisional yang dimiliki Indonesia, namun pelestariannya yang masih dipertanyakan. Di tengah meluapnya kebudayaan modern, timbul kekhawatiran kesenian tradisional semakin terlupakan, salah satunya pewayangan. Kesenian asal Pulau Jawa tersebut merupakan pertunjukan elit dari kerajaan di masa lalu. Namun, pertunjukan wayang di kalangan anak muda sekarang mulai luntur dan tidak terjaga apresiasinya.

Dalam hal ini seorang budayawan bernama Agus Hadi Sudjiwo atau akrab dengan nama Sujiwo Tejo berhasil menjawab modernisasi seni tradisional berwujud Dongeng Cinta. Awalnya ia ingin berpartisipasi dalam usaha pelestarian dan pengembangan tradisi pewayangan Indonesia yang diperuntukan bagi seluruh masyarakat untuk mencintai kesenian budaya asli Tanah Air.

Bersama beberapa seniman pendukung dan paduan suara Universitas Parahiyangan, menghadirkan eksperimental pewayangan dalam sensibilitas kontemporer melalui dongeng sastra atau lisan yang atraktif.

Mereka menggabungkan seni teater dan seni tari, serta berpadu dengan sastra musik dan seni rupa sehingga menciptakan sebuah karya seni berupa dongeng kontemporer. Sejak 2009 lalu, Sujiwo Tejo sudah mementaskan Drama Musikal Kontemporer yang dikemas lewat Dongeng Cinta Kontemporer.

Sedangkan di tahun 2020 ini, Dongeng Cinta Jiwo tetap aktif dalam bentuk virtual akibat dampak covid-19. Bertajuk “Dongeng Cinta Ceuk Aing”, merupakan refleksi kegelisahan Sujiwo Tejo yang dilakonkan oleh tokoh si Tukang Cerita. Suatu hari dia melakukan pencarian spiritual dan membawa kegelisahan tentang cinta, sosial, sampai politik. Dia ingin mencari tau, “siapa aku” sebagai diri sendiri, aku sebagai makhluk sosial, dan aku sebagai sebuah komunitas bangsa.

Chief Growht Officer KiosTix, Andhika Soetalaksana memberikan alasan di masa pandemi ini, banyak content creator atau pelaku seni yang memiliki hubungan dengan sejarah dan budaya bisa dilakukan melalui virtual untuk mengasah kembali kemampuan penonton acara tersebut.

“Dengan adanya drama musikal modern oleh budayawan kondang Indonesia bisa menjadi artikulasi hiburan masa kini untuk mengasah kemampuan. Tentunya dengan hal ini kita yakin bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari budaya berharga secara langsung di platform KiosLive,” ujar Andhika.

Dalam pelaksanaan pemanggungan dongeng dengan sentuhan dramaturgi musikal yang dikemas dalam paduan lagu-lagu dan tarian untuk membuat tiap adegan dan alur kisahnya lebih bermakna bagi seluruh tawa dan tangis kita.

Dongeng Cinta Jiwo virtual bakal hadir pada 30 Agustus 2020 pukul 20.00 WIB melalui streaming KiosLive. Adapun jenis tiket yang bisa kamu beli dan keuntungannya adalah Kategori 1 (include: sarung eksklusif original, voucher sejumlah 750 ribu), Kategori 2 (include: Buku Sujiwo Tejo bertanda tangan asli, voucher sejumlah 600 ribu), dan Kategori 3 (include: voucher sejumlah 500 ribu). Tiket tersedia di KiosTix.com!

Sebelum menikmati sajian dongeng cinta dari naskah dan sutradara Agus Noor tersebut, yuk mengenal lebih jauh siapa kreator kesenian dongeng cinta jiwo yang populer di kehidupan nyata.

Tiket Dongeng Jiwo: Dongeng Cinta Ceuk Aing sudah dapat dibeli secara langsung di KiosTix dengan penjualan tiket untuk kategori 1, 2 dan 3. Masing-masing kategori tiket memiliki benefit yang berbeda. Tiket kategori 1 terdapat (Tiket Nonton, Sarung/Kaos Eksklusif Limited Edition, Voucher IDPhotobook 250K, Special Secret Gift dari Sujiwo Tejo), kategori 2 terdapat (Tiket Nonton, Buku karangan Sujiwo Tejo bertanda tangan asli limited edition dan Voucher IDPhotobook 250K), sedangkan kategori 3 terdapat (Tiket Nonton dan Voucher IDPhotobook 250K). Pembelian tiket hanya dapat dilakukan melalui laman resmi www.KiosTix.com. Untuk informasi terkait Dongeng Jiwo lainnya dapat dipantau melalui website www.dongengjiwo.com dan akun instagram resmi @dongengjiwo

Yuk, saksikan aksi budayawan modern dalam Dongeng Jiwo virtual di KiosLive!. Tiket tersedia di KiosTix.com!

Tentang KiosTix

Selain menjual tiket Dongeng Jiwo: Dongeng Cinta Ceuk Aing, KiosTix juga menyajikan banyak konten event online mulai dari Charity Event JTT 4: Rewind, Online Workshop, Kelas Online 27 Hari Mengubah Hidup, Wishnu Dewanta Orchestra (Terusan dan Harian), Mindful Project, standup comedy sajian dari Majelis Lucu Indonesia, kelas olahraga online dari DOOgether & Bodyfit, kelas whatsapp Bizlab, hingga tayangan sinema / film eksklusif sajian dari Phiwedari. Sebelumnya, beberapa event besar yang pernah digarap oleh KiosTix diantaranya tiket Asian Games 2018, Soundrenaline, Wave of Tomorrow, Hijrahfest, Kenny G Live in Jakarta, Soundsations, Raisa Fermata Intimate Concert, Konser Aku Cinta Iwan Fals, Klub Liga 1 PSM Makassar, dan Persikabo.

Menurut Endah Lestari yang kini menjabat CEO KiosTix, perusahannya merupakan pionir Start-up tiket hiburan di Indonesia. Sejak 2012 hingga kini, sudah menangani lebih dari 600 event creator dan promotor, serta menjual lebih dari 3 juta tiket. KiosTix yang sebelumnya menyediakan teknologi manajemen tiket berupa penjualan online lewat www.kiostix.com, distribusi penjualan hingga pelaksanaan, kini juga menyediakan platform private live streaming, KiosLive, bagi para musisi, performer dan kreator online.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *