Terus Inovatif, Erick Thohir Berikan Penghargaan Pada Milenial BUMN

Sharing is caring!

Terus Inovatif, Erick Thohir Berikan Penghargaan Pada Milenial BUMN 1

Jakarta, 30 Juli 2020 – Dalam satu dekade mendatang, Indonesia akan mengalami bonus demografi yakni jumlah penduduk berusia produktif akan lebih banyak ketimbang penduduk berusia tidak produktif. Potensi tersebut harus dimanfaatkan dan terus digali kapabilitasnya agar sumber daya manusia produktif memberikan kontribusi maksimal bagi pembangunan bangsa.

Jalan penggalian potensi sumber daya manusia produktif terus dilakukan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Salah satunya dengan menggelar acara puncak atau inagurasi Millennial Innovation Summit 2020 yang berlangsung Kamis (30/7) di Jakarta. Hadir dalam acara tersebut, Menteri BUMN, Erick Thohir serta dua wakil menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wirjoatmodjo.

Program Millennial Innovation Summit (MIS) yang digelar Kementerian BUMN bertujuan mencari karya inovasi terbaik dari karyawan milenial BUMN dan diharapkan mampu memicu budaya inovasi dari generasi milenial yang berada di setiap perusahaan BUMN. Selain itu dengan program ini para milenial akan didorong berkontribusi dan melakukan perubahan demi BUMN dan Indonesia Maju. Kegiatan ini mengompetisikan tiga kategori inovasi, yakni kategori business strategy, technology breakthrough, dan social innovation.

“Jika melihat jumlah karya inovasi dan ide-ide segar yang diseleksi panitia, saya yakin akan kemajuan Indonesia dan perusahaan BUMN di masa depan jika dipimpin oleh para milenial yang kini sudah berkiprah di BUMN. Saya ingin agar semangat inovasi terus ada dalam diri seluruh karyawan BUMN sehingga akan muncul budaya pengembangan, teknologi, dan pemerataan di seluruh BUMN,” ujar Menteri Erick Thohir.

Acara puncak MIS 2020 yang menjadi momen penghargaan bagi para inovator terbaik di tiga kategori tersebut digelar setelah panitia melakukan sejumlah proses tahapan sejak April 2020. Mulai dari kegiatan sosialisasi yang dilakukan di 107 BUMN, lalu proses seleksi project untuk memeras 8.640 proposal usulan menjadi 320 proposal inovasi, kemudian seleksi di ajang bootcamp dan panel judgement yang meloloskan 30 proposal, hingga pemilihan tiga tim terbaik (Top 3 Innovations) di setiap kategori yang ditentukan oleh tenaga ahli, praktisi, hingga pejabat internal Kementerian BUMN.

Sebanyak sembilan finalis yang mewakili perusahaan BUMN tampil di malam inagurasi. Mereka terdiri dari, PT RNI, Perhutani, dan PTPN Holding untuk kategori business strategy, lalu PT TELKOM, PLN, dan Adhi Karya di kategori technology breakthrough, serta Pupuk Sriwijaya, PT PP, dan PT Telkom untuk kategori social innovation.

Program yang diikuti seluruh karyawan perusahaan BUMN ini diproyeksikan akan menjadi kegiatan rutin Kementerian BUMN setiap tahunnya. Millennial Innovation Summit adalah wujud komitmen dari kementerian BUMN dalam meningkatkan budaya inovasi serta pengelolaan talenta dan bakat untuk pengembangan dan kemajuan perusahaan BUMN di seluruh Indonesia.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *