Hari Anak Nasional, Pertamina Edukasi PHBS untuk Cegah COVID-19 pada Anak

Sharing is caring!

Hari Anak Nasional, Pertamina Edukasi PHBS untuk Cegah COVID-19 pada Anak 1

Surabaya, 24 Juli 2020 – Dalam rangka Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli setiap tahunnya, pada tahun ini, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus menggelar kegiatan di bantaran Sungai Jambangan, Surabaya bersama dengan warga dan anak-anak dari RW 1 dan 2 Kelurahan Pagesangan, Kecamatan Jambangan. Pertamina bersama dengan warga melakukan edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat, untuk anak-anak di lingkungan tersebut.

Anak-anak yang sudah hampir empat bulan berada di dalam rumah, terlihat antusias bergabung dan belajar mengenai pentingnya cuci tangan, berjemur, dan memakai masker untuk melindungi diri masing-masing dari COVID-19. “Edukasi cuci tangan dan pakai masker merupakan bentuk upaya untuk menggiatkan lagi salah satu langkah antisipasi yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah penyebaran COVID-19, yaitu dengan membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” ujar Rustam Aji, Unit Manager Communication, Relations, & CSR MOR V Jatimbalinus.

Acara ini sesuai dengan tema Hari Anak Nasional 2020, “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Apalagi dalam masa adaptasi kebiasaan baru, anak-anak juga perlu teredukasi dengan terbiasanya protokol kesehatan. “Dari informasi terakhir, lebih dari 1.200 anak di Jawa Timur terkonfirmasi positif Covid-19. Untuk itu perlu kepedulian kita melindungi buah hati, dengan harapan jangan sampai ada kasus baru penyebaran Virus Corona kepada anak-anak,” tambah Rustam.

Tidak hanya itu, Pertamina pada kesempatan yang sama juga melakukan penyerahan Paving sebanyak 5.000 unit dan Alat Keselamatan berupa lifevest dan ban pelampung masing-masing 10 unit. Camat Jambangan, Anita Hapsari juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pertamina atas kegiatan yang dilaksanakan. “Sangat senang sekali terhadap Pertamina yang telah memberikan perhatian kepada anak-anak dan warga Jambangan. Tidak hanya hari ini saja, karena kegiatan CSR Geblak juga sangat disupport oleh Pertamina. Semoga kedepannya kerjasama ini dapat terus berlanjut untuk program yang lebih sustainable,” ujarnya.

Bantaran Sungai RW 02 Kelurahan Pagesangan, Kecamatan Jambangan tersebut memang telah berubah, dengan adanya program Corporate Social Responsibility dari Pertamina MOR V melalui Integrated Terminal Surabaya Group, yang diinisiasi sejak 2017. Bantaran sungai yang tadinya menjadi tempat buang sampah kini disulap menjadi area taman di pinggir sungai yang indah dan rapi. Program Gerakan Balik Kanan (GeBlak) mengubah sungai yang tadinya merupakan halaman belakang warga, diubah menjadi halaman depan dengan dihiasi taman edukasi, aneka satwa peliharaan dengan mengusung konsep ecoriparian, untuk wisata air di sepanjang bantaran sungai Jambangan.

Pertamina berharap bantuan dan kegiatan yang dilaksanakan dapat bermanfaat untuk masyarakat yang berada di bantaran Sungai Jambangan. Sebagai salah satu apresiasi, program GeBlak “Gerakan Balik Kanan” mengantarkan Pertamina Integrated Terminal Surabaya meraih Indonesia Green Award (IGA) 2020, dalam Kategori Mempelopori Pencegahan Polusi.**

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *