Perkuat Pemahaman Dunia Pajak, UPH Jalin Kerja sama dengan DJP Banten

Sharing is caring!

Perkuat Pemahaman Dunia Pajak, UPH Jalin Kerja sama dengan DJP Banten 1

Pengukuhan kerja sama antara Universitas Pelita Harapan (UPH) dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia telah resmi dilakukan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada 21 Juli 2020 secara online. Penandatanganan MoU langsung dilakukan oleh Rektor UPH Dr. (Hon) Jonathan L. Parapak, M.Eng.Sc., dan KaKanwil (Kepala Kantor Wilayah) DJP Banten Drs. Jatnika, M.B.A. Kerja sama ini juga semakin memperkuat relasi antara UPH dengan DJP, yang ditandai dengan hadirnya Tax Center UPH.

Acara yang berlangsung secara online ini dihadiri secara terpisah oleh Dekan UPH Business School Gracia Shinta S. Ugut, MBA., Ph.D., Ketua Program Studi (Kaprodi) Akuntansi Wijaya Triwacananingrum, S.E., M.A., Ak., CA., CMA., CSP. dan seluruh dosen Program Studi Akuntansi UPH Business School, serta segenap pihak dari DJP Banten.

Rektor UPH Jonathan L. Parapak mengatakan, kerja sama antara UPH dengan DJP merupakan hal yang sangat baik dan penting. Hal ini karena pemahaman mengenai perpajakan merupakan hal yang harus dipahami dan menjadi perhatian bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk generasi muda demi keberlangsungan negara. Sehingga kerja sama ini menjadi cara tepat untuk meningkatkan wawasan bagi mahasiswa UPH.

“Kami di UPH sangat menyambut baik kerja sama ini. Tax Center menjadi cara tepat untuk mendalami seputar perpajakan di Indonesia, terutama bagi mahasiswa kami yang ingin menjadi wirausahawan yang harus mampu memahami sistem perpajakan Indonesia,” ungkap Rektor UPH.

Kolaborasi UPH dengan DJP ini juga bertujuan menjadi landasan dalam hal edukasi perpajakan dan penyebarluasan informasi perpajakan. Selain itu, kerja sama ini juga menjadi bukti bagi pemerintah mempercayakan UPH dalam menggalang partisipasi aktif publik untuk mau memahami, patuh, sadar, dan peduli terhadap hak dan kewajiban perpajakan.

Melalui kerja sama ini akan diselenggarakan beragam acara edukatif dan menarik, seperti pelaksanaan sosialisasi perpajakan kepada civitas akademika dan masyarakat, konsultasi perpajakan di lingkungan civitas akademika dan masyarakat dalam acara tahunan Relawan Pajak, menghadirkan narasumber dalam kegiatan-kegiatan edukatif, penelitian bersama di bidang perpajakan, melakukan kajian akademis atas peraturan perpajakan, serta memberikan data dan informasi yang bermanfaat.

Kaprodi Akuntansi Wijaya juga menekankan meskipun kerja sama ini secara resmi terbangun untuk 5 tahun kedepan, faktanya relasi UPH dengan DJP Banten secara aktif sudah terbangun sejak 3 tahun lalu.

“Relasi yang sudah terbangun sejak 3 tahun lalu kini kita resmikan dan ditandai dengan hadirnya fasilitas tempat khusus tax center yang dapat digunakan untuk merencanakan penyelenggaraan kegiatan acara, seminar, sosialisasi, melakukan penelitian dan penyelesaian skripsi dan membutuhkan informasi terkait perpajakan dan kegiatan lainnya bersama DJP Banten. Tentu kegiatan ini baru dapat dilakukan nanti ketika kita sudah bisa bertatap muka”jelas Wijaya.

Sementara itu, Jatnika mengaku antusias dapat menjalin kerja sama dengan UPH. Pasalnya UPH merupakan salah satu perguruan tinggi yang besar dan memliki banyak mahasiswa yang berprestasi.

“Kita senang  dapat berkerja sama dengan UPH karena kami tahu lulusan UPH terjamin kualitasnya dan memiliki kompetensi yang dibutuhkan industri. Kami berharap kerja sama dengan insititusi pendidikan, salah satunya UPH mampu membantu kami secara efektif dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya membayar pajak,” jelas Jatnika.

Dengan kolaborasi strategis antara UPH dengan pemerintah dalam hal ini DJP, Gracia S. Ugut juga optimis bahwa UPH menjadi tempat untuk mensosialisasikan seputar pajak kepada generasi muda sedini mungkin.

“Kolaborasi ini akan menjadi cara yang tepat untuk memperkaya pengetahuan, tren dan isu terkini, dan tempat mahasiswa UPH dapat melakukan praktik langsung, sehingga semakin kritis bahkan mampu memikirkan beragam inovasi di bidang perpajakan, ini yang bermanfaat bagi Indonesia,” tambah Gracia.

Selain kerja sama dengan DJP, kedepannya UPH berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam memajukan dan mencerdaskan bangsa melalui beragam kerja sama yang terbangun dengan beragam pihak, maupun melalui bentuk kontribusi lainnya.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *