KAI Pekerjakan Penyandang Disabilitas untuk Memajukan Perkeretaapian Nasional

Sharing is caring!

KAI Pekerjakan Penyandang Disabilitas untuk Memajukan Perkeretaapian Nasional 1

PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan kesempatan kepada para penyandang disabilitas agar dapat bergabung dengan perusahaan dan ikut memajukan perkeretaapian nasional.

Hal tersebut dalam rangka mendukung MoU antara Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian BUMN tentang Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja Penyandang Disabilitas pada BUMN yang ditandatangani oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Menteri BUMN Erick Thohir di Ruang Tri Darma Kemenaker, Jakarta (22/7).

“KAI bertekad menjalankan Undang-Undang No 8 Tahun 2016 dengan selalu berupaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak tenaga kerja penyandang disabilitas yang kami pekerjakan tanpa diskriminasi,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Langkah ini merupakan salah satu bentuk hadirnya BUMN Untuk Indonesia dari KAI, dalam rangka menciptakan peluang yang setara bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Saat ini, KAI sudah mempekerjakan penyandang disabilitas di berbagai bidang pekerjaan yang tersebar di beberapa wilayah kerja KAI. Diantaranya, Soni Sukmawijaya yang bertugas sebagai Staff di unit Keuangan Daop 2 Bandung dan Suheni Surma yang bertugas sebagai Staff di unit Angkutan Penumpang Daop 2 Bandung.

“KAI menempatkan penyandang disabilitas menyesuaikan dengan kemampuan mereka masing-masing agar tetap dapat memberikan kontribusi yang maksimal bagi perusahaan,” ujar Joni.

Joni menambahkan, hak pegawai penyandang disabilitas setara dengan pegawai lainnya, termasuk dalam hal remunerasi atau kesempatan promosi. Contohnya Syaiful, meski tangannya tidak berfungsi sempurna, Ia sekarang menjabat sebagai Manager Produksi di Balai Yasa Yogyakarta. Selain itu ada juga Karnoto yang kini menjabat Junior Supervisor Pendapatan Daop 9 Jember.

Kehadiran dan dedikasi para pegawai penyandang disabilitas tersebut diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi seluruh pegawai KAI dan para penyandang disabilitas lainnya.

 “Semoga kehadiran pegawai disabilitas juga dapat memberikan kontribusi semaksimal mungkin untuk melayani pelanggan KAI,” tutup Joni. (Public Relations KAI)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *