Mencoba Bertahan di Tengah Pandemi, Ribuan UMKM Dapat Inspirasi dari Kegiatan Gratis Ini

Sharing is caring!

UMKM binaan Pertamina bertahan di masa pandemi

Jakarta, 19 Juli 2020 – Dampak pandemi Covid-19 memang tidak bisa dipungkiri lagi, termasuk bagi para UMKM di Indonesia. Penjualan yang menurun, omzet anjlok hingga keuangan minus kerap menjadi tantangan bagi UMKM saat ini. Namun ternyata, ada lebih dari 2.300 UMKM yang mendapat inspirasi untuk bertahan di tengah pandemi ini melalui serangkaian workshop gratis yang digelar Pertamina.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan, workshop yang dimaksud digelar sejak April hingga Juli 2020 secara online melalui Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang dikelola Pertamina di beberapa lokasi. 

“Pertamina turut prihatin atas kondisi pandemi ini yang berdampak pada UMKM terutama para mitra binaan kami. Namun kami memiliki semangat untuk terus maju sehingga mengoptimalkan program-program workshop untuk memotivasi dan meningkatkan skills UMKM agar bisa tetap menjalankan usahanya,” ujarnya.

Fajriyah menuturkan, selama empat bulan terakhir ini, Pertamina telah menggelar sekitar 30 workshop yang diikuti oleh 2.393 UMKM secara gratis. Tema yang disampaikan pun bermacam-macam, seperti Tips Bertahan di Era Covid-19, Online Marketing, Branding, Business Skill dan Manajemen Keuangan.

“Pertamina saat ini mengkordinir 29 RKB, dimana setiap RKB dapat menggelar workshop gratis yang bisa diikuti oleh UMKM dari RKB lain. Dengan demikian kesempatan ilmu yang bisa didapat UMKM sangatlah luas untuk mengembangkan skillnya. Dari situ, mereka bisa mendapat motivasi dan wawasan baru dalam menjalankan usahanya di tengah pandemi ini,” tambahnya.

Kegiatan ini mendapat antusias yang luar biasa dari para peserta. Seperti yang disampaikan Yayan, seorang pengusaha sayuran di Dumai yang mengikuti workshop online gratis dari RKB Ogan Ilir. “Pelatihan ini memberikan inspirasi serta wawasan buat saya untuk menjadikan usaha sayur menjadi berkembang dengan materi yang telah diberikan. Jujur saya sudah lama menunggu ilmu seperti ini. Menjadi semangat buat saya untuk menjalankan usaha dengan lebih baik lagi,” katanya.

Antusias yang sama juga disampaikan oleh Nova Rahmayatni, yang mengikuti workshop dari RKB Berau mengenai manajemen pengelolaan usaha. “Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk, karena sistem Auto Pilot ini sangat kami butuhkan saat ini. Dengan adanya pelatihan ini, saya menjadi semakin semangat mengembangkan usaha saya. Terima Kasih RKB Pertamina, khususnya RKB Pertamina Berau sudah membimbing dan membantu saya. Alhamdulillah berkah.”  pungkasnya

Demikian juga Mega Lusiyana, pengusaha UMKM dari Situbondo yang mengikuti workshop mengenai Kolaborasi antar UMKM. “Terima kasih untuk RKB Pertamina sudah memberikan ilmu tentang gerakan kolaborasi antar UMKM. Saya jadi paham tentang bagaimana berkolaborasi dengan teman sesama UMKM dan ingin segera melakukan hal tersebut.” Ujarnya bersemangat

Untuk diketahui, Pertamina memang memiliki Program Kemitraan yang bertujuan untuk mendukung UMKM Indonesia dalam mengembangkan usahanya. Bukan hanya dalam penyaluran bantuan pinjaman dana modal usaha, namun juga disertai dengan pendampingan usaha seperti workshop, publikasi hingga promosi seperti pameran baik dalam dan luar negeri.

Program Kemitraan ini merupakan wujud komitmen perusahaan untuk terus berkembang bersama masyarakat Indonesia yang memiliki semangat untuk maju. Informasi untuk menjadi UMKM mitra Pertamina ini dapat dilihat melalui website Pertamina https://pertamina.com/id/program-kemitraan atau menghubungi Contact Pertamina 1500 000.**

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *