Wamendag Dorong Direktorat Metrologi Dukung Perjanjian Perdagangan

Sharing is caring!

Wamendag Dorong Direktorat Metrologi Dukung Perjanjian Perdagangan 1

Bandung, 17 Juli 2020 – Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyampaikan, pemberlakuan perjanjian perdagangan harus didukung sepenuhnya oleh seluruh institusi internal Kementerian Perdagangan. Jerry menegaskan, tugas Kemendag tidak berhenti saat perundingan, tetapi masih terus berlanjut dalam bentuk pengawalan. Hal ini disampaikan dalam kunjungan kerja ke Direktorat Metrologi di kawasan Pasteur, Bandung, Jawa Barat pada hari ini, Jumat (17/7).

“Seluruh instansi internal Kemendag harus siap mendukung pemberlakuan perjanjian  perdagangan. Nilai inti dari perjanjian perdagangan yaitu kesejahteraan rakyat. Untuk itu, Kemendag bertugas mengoptimalkan fungsi institusi-institusi internal agar sesuai dengan tujuan tersebut,” kata Jerry dalam sambutannya.

Direktorat Metrologi Kemendag merupakan badan pemerintah yang diberikan wewenang dan tugas untuk melakukan peneraan dan memberikan jaminan kepastian dalam pengukuran. Selain itu, Direktorat Metrologi juga berperan dalam memberikan kepastian mengenai barang yang kena pajak maupun proses bisnis lain yang terkait dengan pendapatan negara.

Fungsi ini penting karena dalam dunia usaha, kepastian hukum dan kepastian transaksi merupakan sesuatu yang tidak bisa ditawar. Metrologi diharapkan memiliki kesiapan sistem, sumber daya manusia, dan peralatan,ujar Jerry.

Menurut Jerry, peranan Direktorat Metrologi sangat penting dalam mendukung perdagangan, dalam konteks kepentingan negara dan kepentingan rakyat. Direktorat Metrologi memiliki tiga tugas. Pertama, melindungi kepentingan publik dalam proses transaksi yang melibatkan pengukuran. Kedua, menjamin keabsahan dan keadilan dalam transaksi. Ketiga, mendukung fungsi negara dalam penyelenggaraan pungutan, baik pajak maupun bukan pajak.

Berdasarkan hasil tinjauan, lanjut Jerry, peralatan metrologi harus lebih ditingkatkan. “Saya melihat peralatan metrologi sudah cukup baik, tetapi tentu akan lebih baik kalau bisa kita tingkatkan dan modernisasi. Hal ini karena kita harus mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih,tambahnya.

Jerry juga mengapresiasi sumber daya manusia (SDM) di Direktorat Metrologi. “Fungsi metrologi tidak hanya di pemerintah pusat, tetapi ada sebagian yang diberikan fungsinya ke pemerintah daerah. Untuk itu, SDM di daerah harus bisa setara atau paling tidak mendekati kemampuan SDM di pusat. Dengan demikian, pemerintah pusat dan daerah bisa seimbang serta saling mendukung,” jelasnya.

Kunjungan Jerry ke Bandung ini tidak lepas dari fungsi yang diembannya sebagai Wakil Menteri Perdagangan yang diberikan wewenang untuk menyelesaikan perjanjian luar negeri. Tugas mengawal hasil perundingan tidak kalah beratnya dibandingkan dengan proses perundingan. Kemendag harus siap mengawal perundingan perdagangan agar tidak ada masalah yang menghambat. Sehingga, perjanjian perdagangan dapat dimanfaatkan secara optimal. Direktorat Metrologi dalam hal ini juga memegang fungsi kunci pengawalan tersebut,tutup Jerry.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *