PVMBG Naikkan Status Gunung Raung Menjadi Level II (Waspada)

Sharing is caring!

PVMBG Naikkan Status Gunung Raung Menjadi Level II (Waspada) 1

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menaikkan status Gunung Raung menjadi Level II (Waspada) dari sebelumnya Level I (Normal). Peningkatan status mulai berlaku efektif sejak hari ini, Jumat 17 Juli 2020 pukul 14.00 WIB.

Dalam tingkat aktivitas Level II (Waspada), Kepala PVMBG, Kasbani meminta masyarakat, pengunjung/wisatawan untuk tidak berada/beraktivitas dalam radius 2 km dari kawah puncak Gunung.

“Aktivitas vulkanik Gunung Raung baik secara data pengamatan visual dan kegempaan, mulai menunjukkan peningkatan, maka tingkat aktivitas vulkanik Gunung Raung dinaikkan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada), sejak tanggal 17 Juli 2020, pukul 14:00 WIB” ujar Kasbani kepada esdm.go.id, Jumat (17/7).

Kasbani menambahkan, potensi ancaman bahaya Gunung Raung saat ini berupa sebaran material dari hembusan abu pada 16 dan 17 Juli 2020. Konsentrasi potensi bahaya masih berada di sekitar kawah/puncak Gunung Raung, yang merupakan Kawasan Rawan Bencana III. “Namun demikian, sebaran abu dapat terbawa ke daerah yang lebih jauh tergantung arah dan kecepatan angin,” lanjut Kasbani.

Berdasarkan analisis Tim Pengamat Gunung Api PVMBG, tinggi kolom hembusan gas/abu dan warna kolom hembusan Gunung Raung mulai mengalami perubahan pada 16 Juli 2020. Warna kolom hembusan mengindikasikan adanya material abu yang terbawa ke permukaan. Jumlah Gempa Hembusan mengalami kenaikkan dan diikuti oleh kemunculan jenis gempa vulkanik lainnya (Tremor dan Letusan), sehingga mengindikasikan adanya suplai magma dari kedalaman di bawah kawah puncak Gunung Raung.

Gunung Raung merupakan salah satu gunung api aktif yang berada di Jawa Timur, dengan ketinggian puncak mencapai 3332 meter di atas permukaan laut. Gunung api ini merupakan gunung api strato berkaldera, dengan kawah utama Kaldera Raung. Kaldera Raung berbentuk ellips dengan ukuran 1750 x 2250 m, dalamnya 400-550 m dari pematang gunung. Posisi G. Raung secara administratif termasuk dalam tiga wilayah Kabupaten, yakni Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Tingkat aktivitas G. Raung adalah Level I (Normal) sejak 24 Oktober 2016. 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *