Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, Politeknik PU Gandeng Waskita Karya

Sharing is caring!

Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, Politeknik PU Gandeng Waskita Karya 1

Semarang, 15 Juli 2020 – Dalam rangka membangun link and match pada pengembangan kurikulum, pelaksanaan magang, penyelenggaraan beasiswa, penyediaan fasilitas, dan kegiatan lain, Politeknik Pekerjaan Umum (PU) menjalin kerjasama dengan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Penandatanganan kerjasamanya dilakukan secara virtual dari Semarang, Rabu (15/7).

Sekjen Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Anita Firmanti, dalam sambutan mewakili Menteri PUPR, melalui konferensi video dari Jakarta, mengatakan kerjasama Politeknik PU dengan Waskita Karya merupakan langkah awal dalam usaha membekali mahasiswa Politeknik PU agar menjadi lebih kompeten, sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo, yang salah satunya, adalah pembangunan sumber daya manusia.

Kementerian PUPR sendiri, melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) telah menyiapkan kebutuhan SDM konstruksi yang kompeten, berdaya saing tinggi, berintegritas, siap kerja, unik dan unggul, dengan mendirikan Politeknik PU, sebagai perguruan tinggi vokasi berbasis outcome keterampilan yang secara khusus mendidik mahasiswa untuk kompeten di bidang teknologi konstruksi jalan dan jembatan, bangunan air dan bangunan gedung, dengan kurikulum bersama hasil kolaborasi antara Politeknik PU dengan dunia industri/jasa konstruksi (dunia kerja).

Sebelumnya, dalam Forum Rektor yang dilaksanakan pada 4 Juli 2020, Presiden berpesan agar perguruan tinggi memfasilitasi mahasiswa untuk bisa belajar kepada siapa saja, sehingga mahasiswa dapat menangkap perubahan dunia yang dinamis yang dipicu disrupsi dan hyper kompetisi. Selain itu Presiden juga mengajak perguruan tinggi untuk lebih aktif bekerjasama dengan industri yang diawali dengan kurikulum bersama.

Kolaborasi antara Politeknik PU dengan Waskita Karya dalam hal ini dinilai sebagai sebuah sinergitas yang membanggakan bagi Kementerian PUPR. Diharapkan kerjasama serupa bisa diikuti oleh BUMN-BUMN Karya lainnya.

Disadari, upaya pembangunan infrastruktur yang dilakukan Kementerian PUPR tidak akan berjalan dengan optimal, tanpa dukungan dan kolaborasi dari semua pihak. Karena itu kedepan diharapkan kemitraan, sinergi, dan kolaborasi, dapat lebih ditingkatkan antara Kementerian PUPR dengan segenap pemangku kepentingan, baik dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah, baik provinsi, kabupaten/kota, swasta, dan masyarakat.

Link and match

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Destiawan Soewardjono, mengatakan kerjasama perusahaan yang dipimpinnya dengan Politeknik PU merupakan bukti nyata atas komitmennya untuk mendukung link and match yang selama ini gencar dikampanyekan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Perjanjian kerjasama tersebut merupakan dukungan terhadap program pemerintah dalam menyiapkan SDM yang kompeten dan berintegritas dari pendidikan vokasi dengan cara meningkatkan hubungan kerjasama kelembagaan serta kualitas pelaksanaan tugas.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Politeknik PU, Indratmo Soekarno, mengatakan dalam rangka membangun SDM yang kompeten dan unggul Kementerian PUPR melakukan terobosan pendidikan melalui pendirian Politeknik PU, dengan harapan kebutuhan tenaga terampil, siap kerja, unggul, dan secara spesifik berkiprah dalam bidang infrastruktur, dapat mendukung kegiatan pembangunan infrastruktur di bidang PU.

Dalam mencapai sasaran tersebut Politeknik PU sangat berkepentingan untuk bermitra dan berkolaborasi dalam rangka link and match antara dunia pendidikan dengan entitas dunia bisnis kontruksi yang telah memiliki pengalaman panjang dan reputasi unggul, Waskita Karya.Indratmo menambahkan, mahasiswa Poltieknik PU nantinya pada semester ke-VI selama setengah tahun penuh akan melaksanakan pendidikan di lapangan, berupa magang di proyek dalam rangka mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh di kampus.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *