Transisi Normal Baru, Traveloka Hadirkan Solusi Inovatif untuk Bantu Mitra dalam Proses Pemulihan Covid-19

Sharing is caring!

Transisi Normal Baru, Traveloka Hadirkan Solusi Inovatif untuk Bantu Mitra dalam Proses Pemulihan Covid-19 1

Jakarta, 19 Juni 2020 – Sebagai perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan dan gaya hidup berbasis digital terkemuka di Asia Tenggara, Traveloka kembali menghadirkan solusi atas tantangan yang dihadapi oleh mitra dan konsumen di masa transisi menuju normal baru melalui pemanfaatan teknologi. Sejalan dengan semangat #JalanBersama yang diinisiasi oleh Traveloka guna berkontribusi aktif untuk membantu mitra maupun pengguna dalam menanggulangi situasi pandemi COVID-19, Traveloka menawarkan inovasi terkini melalui strategi promosi Traveloka LIVEstyle Hotel Flash Sale serta dua inisiatif terbaru yang menawarkan fleksibilitas periode penggunaan melalui program Buy Now Stay Later dari Traveloka Accommodation dan Mesin Waktu dari Traveloka Xperience. Inovasi-inovasi tersebut bertujuan untuk membantu para mitra di industri pariwisata untuk memperoleh pemasukan yang saat ini sangat dibutuhkan, mengingat minimnya transaksi atau penjualan dalam beberapa bulan ke belakang sebagai dampak dari disrupsi yang disebabkan oleh pandemi COVID-19. 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyebutkan hingga pekan kedua April 2020, sebanyak 180 destinasi dan 232 desa wisata ditutup. Kemenparekraf juga mencatat terdapat lebih dari 13 juta pekerja di sektor pariwisata terdampak langsung dari pandemi ini, sementara sekitar 32,5 juta pekerja di sektor pendukung juga mengalami efek yang sama. Dari sisi perhotelan, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) juga memaparkan informasi senada, yang menyebutkan bahwa rata-rata okupansi hotel di Indonesia kini turun drastis hingga di bawah 10%. Hal ini kemudian menyebabkan 1.642 hotel yang menjadi anggota PHRI memilih untuk menutup hotel di bulan April.

“Setelah lebih dari dua bulan industri pariwisata dan perjalanan terdampak atas pandemi COVID-19 ini, kami menyadari bahwa saat ini situasi sudah semakin kritis bagi para pelaku industri, khususnya sektor perhotelan. Oleh karena itu, mengusung semangat #JalanBersama, kami ingin berkontribusi untuk mendorong pemulihan kembali industri pariwisata tanah air melalui pemanfaatan teknologi. Memanfaatkan momentum transisi normal baru, kami berupaya menghadirkan inovasi, salah satunya melalui Traveloka LIVEstyle Flash Sale, yang tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh pengguna, namun juga dapat menjawab tantangan yang kini dihadapi oleh para mitra,” ungkap Shirley Lesmana, Head of Marketing, Accommodation Traveloka.

Inovasi Strategi Promosi Melalui Traveloka LIVEstyle Flash Sale

Sejak akhir bulan Mei lalu, Traveloka telah meluncurkan inisiatif terbarunya, program Traveloka LIVEstyle Flash Sale, yang merupakan inovasi strategi promosi pertama di Indonesia yang menggabungkan konsep Flash Sale dengan menggunakan kanal marketing siaran langsung (live stream) yang saat ini sedang populer. Live stream dikemas dengan format bincang santai serta berbagai konten menarik seperti live tur virtual dan live auction untuk produk hotel yang dipublikasikan di berbagai kanal media sosial, seperti Instagram, YouTube, Twitter, dan Facebook.  Program ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi para mitra untuk menstimulasi dan menciptakan permintaan dari konsumen di tengah masa pandemi COVID-19, sehingga dapat membantu mitra dalam mempertahankan operasional bisnisnya.  

Transisi Normal Baru, Traveloka Hadirkan Solusi Inovatif untuk Bantu Mitra dalam Proses Pemulihan Covid-19 2

Dampak positif juga dirasakan dari pihak mitra hotel yang turut berpartisipasi pada program Traveloka LIVEstyle Flash Sale ini. Berri Naurika, General Manager, The Alana Hotel & Conference Center Malioboro Yogyakarta by ASTON menyebutkan, “Kami sangat senang dapat turut berpartisipasi dalam program Traveloka LIVEStyle Flash Sale. Tingkat pemesanan kamar hotel yang kami terima setelah berpartisipasi dalam program Traveloka ini meningkat hingga lebih dari 1,100%. Inisiatif ini benar-benar menjadi salah satu terobosan yang membantu kami dalam meningkatkan okupansi hotel, yang mana hal ini sangat kami butuhkan untuk bertahan dan bangkit dari dampak situasi pandemi COVID-19.”

“Sambutan positif dari masyarakat terlihat dari jumlah audiens live stream program Traveloka LIVEstyle Flash Sale di seluruh platform media sosial Traveloka yang totalnya mencapai puluhan ribu audiens, melebihi ekspektasi awal kami. Antusiasme masyarakat dan juga kontribusi dari hasil program ini terhadap mitra hotel kemudian menjadi alasan kuat bagi kami melanjutkan program ini serta menambah jumlah mitra yang terlibat. Pada edisi live stream 12 Juni lalu, untuk pertama kalinya kami melibatkan mitra restoran yang juga terdampak pandemi ini untuk ikut berpartisipasi dalam gelaran Traveloka LIVEstyle Flash Sale,” tambah Shirley.

Hingga kini, terdapat ratusan mitra hotel dan restoran yang berpartisipasi dalam inisiatif Traveloka LIVEStyle Flash Sale yang memberikan penawaran spesial hingga diskon sampai dengan 50%. Program ini akan secara reguler berlangsung setiap hari Jumat dengan mengundang narasumber yang menarik, serta akan disiarkan langsung melalui media sosial Traveloka seperti YouTube, Twitter, Facebook, dan Instagram.

Ciptakan Program dengan Fitur Fleksibel untuk Pengguna

Menurut Google Consumer Surveys, pada bulan April dan Mei lalu terdapat perubahan perilaku dan harapan konsumen yang memengaruhi mereka dalam merencanakan perjalanan mendatang, seperti fleksibilitas dalam pemesanan. Sejalan dengan komitmen Traveloka dalam menghadirkan pengalaman perjalanan dan gaya hidup yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, Traveloka menghadirkan program Buy Now Stay Later dari Traveloka Accommodation dan program Mesin Waktu dari Traveloka Xperience. Peluncuran kedua program ini juga merupakan upaya perusahaan agar tetap relevan bagi pengguna selama masa transisi normal baru.

Melalui program Buy Now Stay Later, pengguna dapat melakukan pemesanan hotel dengan periode inap yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan hingga 31 Juni 2021. Terdapat lebih dari 45 pilihan hotel dengan rentang harga, bintang, dan lokasi yang beragam. Pengguna yang sudah membeli voucher hotel ini dapat menentukan tanggal menginap kapan saja sebelum periode voucher berakhir dengan ketentuan reservasi telah dikonfirmasi oleh mitra hotel 7 hari sebelum kedatangan atau sesuai dengan ketetapan masing-masing mitra hotel. Selain itu, pengguna juga dapat memperoleh tambahan diskon sebesar 10% jika bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit Citibank. Selain memberikan fleksibilitas dalam hal pemesanan, Traveloka juga menyediakan metode pembayaran yang fleksibel bagi para pengguna seperti Pay Upon Check-In (PUCI) yang dapat digunakan di ribuan mitra hotel Traveloka. Dengan menggunakan fitur PUCI, pengguna dapat melakukan pemesanan melalui platform Traveloka dengan proses pembayaran dapat dilakukan langsung saat check-in di mitra akomodasi yang dipilih.

Selain produk akomodasi, fleksibilitas waktu juga ditawarkan oleh produk Traveloka Xperience melalui program Mesin Waktu. Program Mesin Waktu memungkinkan para pengguna untuk merencanakan beragam aktivitas seru dengan tiket yang dapat dipesan saat ini dan digunakan nanti setelah situasi sudah kondusif. Selain memberikan fleksibilitas bagi pengguna, program ini juga memungkinkan para mitra untuk tetap menjaga volume pemesanan harian sehingga dapat menjadi salah satu solusi untuk membantu biaya  operasional di tengah situasi pandemi COVID-19. Program ini menawarkan potongan harga minimal 30% yang dapat digunakan di 168 mitra yang tersebar di lebih dari 80 kota dan kabupaten dengan periode pemesanan sampai 30 Juni 2020. Voucher yang telah dibeli dapat digunakan kapan saja hingga 31 Maret 2021, sesuai dengan kenyamanan dan ketersediaan waktu dari pengguna.

“Program Mesin Waktu kami rancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna untuk mendapatkan hiburan, rekreasi, maupun relaksasi di masa mendatang. Tidak hanya pengalaman seru yang menghabiskan waktu panjang, program ini juga memungkinkan pengguna untuk memesan kegiatan hiburan lainnya seperti karaoke, memanjakan diri di salon, hingga menonton film di bioskop. Tentunya pengguna juga dapat menikmati program ini dan menghabiskan quality time dengan diri sendiri, pasangan, teman, hingga keluarga,” ujar Terry Santoso, Head of Marketing Traveloka Xperience.

Nurika Effendi, Owner Gorjes Salon, turut menyampaikan antusiasmenya terhadap program Mesin Waktu. “Inisiatif yang dilakukan oleh Traveloka menjadi angin segar bagi kami untuk terus bertahan selama masa pandemi ini dan juga dalam menyambut New Normal. Kami sangat menyadari bahwa banyak konsumen yang masih berhati-hati dalam berkunjung ke pusat perbelanjaan, termasuk melakukan perawatan di salon. Oleh karena itu, kami melihat fleksibilitas penggunaan voucher yang panjang dan juga tambahan diskon dapat menjadi pilihan yang tepat. Di saat yang bersamaan, kami juga terus memastikan bahwa seluruh karyawan kami menjalankan protokol kebersihan dan kesehatan yang sesuai dengan anjuran pemerintah agar pengunjung dapat merasa aman, tenang, dan nyaman selama perawatan,” sebutnya.

Adapun mitra lain yang turut berpartisipasi dalam program ini antara lain Miracle Clinics, Irwan Team, Meiso, NAV, Cinepolis, hingga Amazone.

Tentang Traveloka

Traveloka adalah perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan dan gaya hidup berbasis digital terkemuka di Asia Tenggara yang memungkinkan pengguna untuk menemukan dan memesan beragam produk transportasi, akomodasi, dan gaya hidup. Portofolio komprehensif yang dimiliki oleh Traveloka termasuk tiket untuk transportasi, seperti tiket pesawat, bus, kereta api, airport transfer, dan juga memiliki inventaris akomodasi terbesar di Asia Tenggara, termasuk hotel, apartemen, guest house, homestay, resort, dan villa, menjadikan Traveloka sebagai platform dengan pilihan akomodasi dan paket terbanyak.

Traveloka juga merupakan pelaku industri utama di sektor gaya hidup yang memungkinkan pengguna untuk melakukan reservasi untuk berbagai tempat rekreasi dan kegiatan, konektivitas, serta direktori kuliner. Traveloka menawarkan lebih dari 40 opsi pembayaran lokal yang berbeda untuk konsumen di Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura dan Filipina, serta layanan customer service yang bisa dihubungi 24/7 dalam bahasa lokal. Aplikasi Traveloka telah diunduh lebih dari 40 juta kali, menjadikannya aplikasi pemesanan perjalanan yang paling populer di kawasan Asia Tenggara.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *