Teknologi dan Inovasi Indonesia Hadapi Covid-19

Sharing is caring!

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah membentuk Gugus Tugas Pelaksana Riset dan Inovasi Percepatan Penanganan COVID-19 untuk optimalisasi sumber daya dan fasilitas penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan riset dan inovasi untuk percepatan penanganan COVID-19. Beberapa kegiatan yang dilakkan diantaranya seperti penelitian obat herbal, alat pendeteksi virus, dan alat pelindung diri harapan industri dapat memproduksinya. Untuk membangun jejaring kerja sama dengan industri dan masyarakat, LIPI menyelenggarakan webinar “Tech Talks: Teknologi dan Inovasi Indonesia Hadapi Covid-19” pada Selasa, 19 Mei 2020 melalui live streaming di saluran YouTube LIPI.
Teknologi dan Inovasi Indonesia Hadapi Covid-19 1

Cibinong, 19 Mei 2020. Adanya kebijakan pemerintah untuk memberikan insentif melalui supertax deduction bagi para pelaku usaha yang menginvestasikan dananya pada penelitian dan pengembangan bisa menjadi stimulus bagi industri. “Hal ini diharapkan mengurangi ketergantungan akan teknologi dari luar negeri,” ungkap Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko. Menurut Handoko, selain dukungan pemasaran dan permodalan, aspek teknologi juga menjadi kebutuhan untuk industri terutama industri kecil.
 
Untuk menjembatani kebutuhan tersebut, LIPI berupaya mendekatkan diri dengan para pelaku industri dan masyarakat sehingga hasil-hasil penelitian dapat dimanfaatkan dan sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini. “Selain itu LIPI berharap menjadi salah satu bagian dari kegiatan penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh industri sehingga dapat saling bersinergi satu sama lain,” ujar Handoko.
 
LIPI melalui Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK (PPII) melaksanakan fungsi intermediasi dan fasilitasi alih teknologi untuk mendukung pertumbuhan industri dan melahirkan industri baru berbasis teknologi. “Sehingga hasil-hasil penelitian dapat dimanfaatkan oleh industri terutama untuk meningkatkan daya saing baik tingkat nasional maupun internasional dengan membuka peluang kerjasama seluas-luasnya,” terang Handoko.
 
Webinar Tech Talks: Teknologi dan Inovasi Indonesia Hadapi Covid-19 akan menghadirkan narasumber Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko; Staf Khusus Menteri Keuangan RI, Yustinus Prastowo; Presiden Direktur PT. Astra Mitra Ventura, Jefri Rudyanto Sirait; dan Ketua Umum Indonesia-Japan Business Network (IJBNet) Suyoto Rais.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *