Festival Film dan Serial Online di GoPlay Sajikan Konten Berkualitas Sekaligus Bantu Industri Perfilman Tetap Bergerak

JAKARTA, 13 Mei 2020 – Butuh rekomendasi film dan serial keren selama #dirumahaja? GoPlay, video-on-demand dari Gojek Group, menginisiasi rangkaian Festival Film dan Serial Online di GoPlay. Inisiatif ini memiliki dua tujuan besar, mendekatkan dan memperkenalkan masyarakat Indonesia terhadap konten Indonesia yang berkualitas selama #dirumahaja sekaligus membantu pekerja film yang terdampak pandemi COVID-19.

Festival Film dan Serial Online di GoPlay mengkurasi film-film dan serial lokal terbaik yang akan ditayangkan secara eksklusif di GoPlay setiap minggunya. Pengguna bisa menonton film/serial yang telah memenangkan penghargaan nasional maupun internasional seperti 27 Steps of May, film yang mengangkat isu perempuan yang juga telah ditayangkan di berbagai festival internasional, dan Koki-koki Cilik, film drama anak Indonesia nominasi Piala Citra yang hadirkan inspirasi bagi anak-anak yang ingin menjadi chef cilik. 7/24, film drama keluarga yang diperankan Dian Sastrowardoyo serta Lukman Sardi dan Pemenang Piala Maya 2014.

Bekerja sama dengan Badan Perfilman Indonesia (BPI) dan lebih dari 50 asosiasi perfilman di bawah naungan BPI, festival ini mendapat dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia. GoPlay akan menyalurkan 20% hasil pendapatan dari penjualan akses nonton ke BPI sebagai bentuk apresiasi pekerja film. Bantuan ini kemudian akan disalurkan BPI melalui para asosiasi kepada para pekerja film di masing-masing asosiasi.  

Festival yang merupakan bagian dari kampanye #FilmIndonesiaUntukIndonesia akan berlangsung mulai dari 13 Mei sampai 30 Juni 2020 di platform GoPlay. Tiap minggu selama periode tersebut, akan hadir tema dan genre berbeda mulai dari drama, komedi romantis, horor, kisah keluarga hingga misteri.

CEO GoPlay Edy Sulistyo dalam peluncuran inisiatif ini secara virtual menyampaikan “Sejak GoPlay menghadirkan free access selama masa #dirumahaja, terlihat peningkatan apresiasi terhadap film dan serial Indonesia yang ditunjukkan oleh naiknya engagement terhadap platform GoPlay hingga 10 kali lipat. Melalui rangkaian Festival Film dan Serial Online di GoPlay ini, GoPlay ingin semakin mendekatkan dan memperkenalkan masyarakat Indonesia terhadap konten Indonesia yang berkualitas sekaligus mendukung industri film Indonesia agar lebih kuat dari sebelumnya setelah pandemi ini berakhir.”  

Lebih menariknya, GoPlay juga akan menghadirkan beberapa judul film dan serial lokal terbaru yang paling banyak diminati pengguna. Ini sesuai masukan pengguna setia GoPlay selama ini untuk menghadirkan katalog teranyar secara eksklusif. Beberapa diantaranya seperti Pretty Boys, film populer bioskop perjalanan dua sahabat komedian Indonesia Vincent & Desta, kemudian Help is One The Way, film dokumenter karya Ismail Fahmi Lubis, dan Ratu Ilmu Hitam, film horor populer bioskop di akhir 2019, ditulis oleh Joko Anwar.

Selama festival berjalan, setiap minggu penonton serta penggemar film dan serial Indonesia dapat mengakses berbagai konten lokal menarik yang sudah dikurasi berdasarkan beberapa tema mingguan. Jadwal festival, daftar film lengkap setiap minggu serta cara membeli akses GoPlay dapat dilihat di website www.goplay.co.id/ffso

Apresiasi disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia Wishnutama Kusubandio. Beliau mengatakan “Walaupun sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sangat terdampak oleh pandemi COVID-19, kami yakin sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif justru akan rebound setelah pandemi berakhir. Untuk itulah kita tetap harus mempersiapkan diri. Disini kami mengapresiasi inisiatif Festival Film dan Serial Online di GoPlay dalam menggerakkan industri perfilman agar tidak padam dan lebih kuat dari sebelumnya. Melalui #FilmIndonesiaUntukIndonesia, masyarakat dapat mengapresiasi sekaligus dapat membantu pekerja film dengan menonton film dan serial berkualitas hasil kreasi anak bangsa selama di rumah.”

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum Badan Perfilman Indonesia Dewi Umaya turut menyampaikan apresiasi atas inisiatif GoPlay bersama industri film tanah air “Festival memiliki makna mendalam bagi industri film dan seluruh pekerja di dalamnya, hal itulah kenapa kolaborasi kami bersama GoPlay di Festival Film dan Serial Online di GoPlay menjadi jauh lebih penting selama masa pandemi ini. Kami akan terus berupaya mengajak seluruh insan perfilman tanah air untuk berpartisipasi dalam kampanye #FilmIndonesiaUntukIndonesia agar masyarakat sama-sama dapat terlibat membantu pekerja film dengan menonton dan mengapresiasi film tanah air. Hadirnya Festival Film dan Serial Online di GoPlay ini harapannya akan dapat mendukung film tanah air bangkit lebih baik, dan tak kalah dengan Festival Film Indonesia.”

Festival Film dan Serial Online di GoPlay melengkapi berbagai inisiatif #dirumahaja dari GoPlay memudahkan pengguna setia yang mencari rekomendasi berbagai film dan serial lokal berkualitas. Selama bulan pertama festival berjalan, tepatnya 13 – 31 Mei 2020, pengguna setia mendapatkan potongan harga 50% untuk pembelian akses GoPlay, dimana pengguna cukup membayar Rp 45.000 untuk akses selama 1 bulan dan Rp 29.000 untuk akses selama 2 minggu.

“Inisiatif ini tidak terbangun dalam semalam, tetapi diwujudkan dalam bentuk berbagai misi GoPlay bagi industri film tanah air sejak awal. Diantaranya bekerja sama dengan sineas berbakat dan rumah produksi tanah air berbakat, termasuk juga komitmen kami memberikan konten-konten lokal terbaik kepada pengguna. Dalam menjalankan misi mengumpulkan katalog terbesar bagi film dan serial Indonesia, kedepan GoPlay akan secara regular memproduksi konten Indonesia terbaru dan eksklusif sekaligus mendukung industri film lokal melalui GoPlay Original dan inisiatif lainnya,” tutup Edy.

Tentang GoPlay

GoPlay merupakan platform video on demand dari Grup Gojek yang menyajikan konten lokal unik dan berkualitas bagi pengguna Gojek untuk menikmati film hingga serial dengan lebih mudah di mana pun dan kapan pun. Bagian dari ekosistem Gojek, GoPlay memiliki misi mengoptimalkan industri film di Indonesia dengan menyediakan akses dan wadah bagi sineas nasional untuk memperkenalkan karya-karya ke pasar yang lebih luas.

Bekerja sama dengan berbagai rumah produksi tanah air yang memiliki rekam jejak sangat baik dalam pembuatan film-film berkualitas, GoPlay menyediakan berbagai konten eksklusif dan unik  baik dari konten lokal hasil karya GoPlay Original, maupun konten eksklusif lainnya untuk pengguna Gojek dan masyarakat luas. Berdiri sejak 2018, GoPlay telah menghadirkan berbagai konten berkualitas tinggi bagi masyarakat Indonesia seperti Saiyo Sakato, Tunnel, Gossip Girl Indonesia, Bukan Keluarga Biasa Kulari ke Pantai, 27 Steps of May, Filosofi Kopi The Series dan lain sebagainya.

Aplikasi GoPlay tersedia untuk diunduh di Android dan iOS. Website: www.goplay.co.id. Twitter: @goplayindonesia | Instagram: @goplayindonesia.

Tentang Grup Gojek

Gojek merupakan perusahaan teknologi terdepan di Asia Tenggara, yang memelopori model Super App dan ekosistem terintegrasi. Gojek didirikan dengan keyakinan bahwa teknologi dapat mempermudah kehidupan sehari-hari dengan menghubungkan konsumen dengan penyedia barang dan jasa terbaik di bidangnya. Sejak awal berdiri pada 2010, Gojek mengawali perjalanannya dengan layanan kurir pengantaran barang dan transportasi roda dua. Aplikasi Gojek pertama kali diluncurkan pada Januari 2015 di Indonesia, dan kini telah berkembang menjadi Super App terdepan di Asia Tenggara, menawarkan berbagai layanan mulai dari transportasi dan pembayaran digital, pesan-antar makanan, logistik, dan berbagai layanan on-demand lainnya.

Gojek kini beroperasi di 207 kota di lima negara di Asia Tenggara. Per kuartal keempat 2019, aplikasi dan ekosistem Gojek telah diunduh hampir 170 juta kali oleh pengguna Gojek di Asia Tenggara. Melansir data dari App Annie ‘2020 State of Mobile Report’, Gojek menjadi aplikasi on-demand paling banyak digunakan masyarakat Indonesia sepanjang 2019. Sebagai Super App, Gojek berkomitmen untuk terus menawarkan cara pintar guna memecahkan masalah yang masyarakat hadapi sehari-hari, sekaligus membantu meningkatkan kualitas hidup jutaan masyarakat pengguna aplikasi Gojek di Asia Tenggara, khususnya di sektor informal dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sejalan dengan misinya untuk mempermudah kehidupan sehari-hari serta menciptakan dampak sosial positif dalam skala besar bagi pengguna, mitra pengemudi, mitra penyedia layanan, serta mitra bisnis dan UMKM di dalam ekosistemnya, pada Agustus 2019 Gojek menempati urutan ke-11 dari 52 perusahaan berskala internasional dan menjadi satu-satunya perusahaan dari Asia Tenggara yang berhasil masuk untuk kedua kalinya ke dalam daftar Perusahaan yang Mengubah Dunia versi Majalah Fortune tahun 2019 (Fortune’s “Change the World” 2019).

Aplikasi Gojek tersedia untuk diunduh melalui iOS dan Android.

Tentang Badan Perfilman Indonesia

Badan Perfilman Indonesia (BPI) adalah lembaga swasta serta bersifat mandiri yang dibentuk Undang Undang No. 33 Tahun 2009 tentang Perfilman untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam perfilman. Tugas dan fungsi utama BPI adalah menyelenggarakan festival film di dalam negeri baik di dalam maupun di luar negeri, serta pekan film di luar negeri. Dengan visi terwujudnya perfilman Indonesia yang kompetitif, berkeadilan dan bermanfaat bagi masyarakat, BPI juga bertugas untuk mempromosikan Indonesia sebagai lokasi pembuatan film asing, memberikan masukan untuk kemajuan perfilman, melakukan penelitian dan pengembangan perfilman, memberikan penghargaan hingga memfasilitasi pendanaan pembuatan film tertentu yang bermutu tinggi.

Website: www.bpi.or.id |Instagram: @badanperfilman_indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *