Pengoperasian Kembali Penerbangan Berjadwal AirAsia Indonesia

Sharing is caring!

Dok. aviatren

JAKARTA, 10 Mei 2020 – AirAsia Indonesia (kode penerbangan QZ) akan mengoperasikan penerbangan berjadwal terbatas pada rute Kuala Lumpur-Surabaya dan Johor Bahru-Surabaya mulai tanggal 18 Mei 2020. Penerbangan reguler rute internasional dan domestik lainnya akan beroperasi kembali secara bertahap mulai 1 Juni 2020. 

Untuk informasi jadwal penerbangan, silakan kunjungi airasia.com atau aplikasi AirAsia.

AirAsia Indonesia mengimbau seluruh tamu yang akan melakukan penerbangan untuk selalu memperhatikan dan memenuhi persyaratan kesehatan, imigrasi serta pembatasan perjalanan yang ditetapkan oleh otoritas wilayah atau pemerintah di negara asal maupun tujuan.

Sebagai informasi, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Malaysia memberlakukan pembatasan masuk untuk warga negara asing. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai informasi dan persyaratan keimigrasian Indonesia kunjungi www.imigrasi.go.id, atau untuk Malaysia kunjungi www.imi.gov.my.

Semua tamu AirAsia, termasuk Warga Negara Indonesia yang bepergian ke Indonesia, diharuskan membawa sertifikat kesehatandalam Bahasa Inggris yang membuktikan hasil PCR negatif Covid-19 dan berlaku maksimal 7 hari sejak diterbitkan oleh fasilitas kesehatan dari negara asal.

Semua tamu, termasuk Warga Negara Indonesia yang bepergian ke Indonesia, diharuskan mengisi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (e-HAC) sebelum berangkat. Silakan akses melalui aplikasi e-HAC Indonesia (Android) atau http://sinkarkes.kemkes.go.id/ehac.

Sehubungan dengan penerapan PSBB di beberapa wilayah, semua tamu, termasuk Warga Negara Indonesia yang bepergian ke Indonesia, diharuskan untuk mempersiapkan terlebih dahulu transportasi lanjutan dari bandara kedatangan hingga tujuan akhir, serta membawa dokumen Surat Keterangan dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BPPMI), atau Surat Keterangan dari Kedutaan Besar Indonesia di Malaysia, atauSurat Keterangan dari universitas atau sekolah untuk mahasiswa/ pelajar.

AirAsia mewajibkan seluruh tamu untuk menggunakan masker dari mulai proses check-in, masuk ke pesawat, selama penerbangan hingga pengambilan bagasi saat tiba di bandara tujuan. Tamu diharapkan membawa masker cadangan, cairan pembersih tangan, serta menghindari membawa bagasi terlalu berat. Tamu diharapkan tiba 3 jam sebelum jadwal keberangkatan untuk menghindari kepadatan antrian sehubungan dengan pemeriksaan kesehatan di beberapa titik sebelum keberangkatan. Silakan baca panduan “Terbang Aman Bersama AirAsia” untuk informasi lebih lanjut.

Tamu diharapkan memastikan kembali terminal keberangkatannya sebelum menuju ke bandara. Beberapa bandara telah melakukan relokasi terminal selama masa pandemi COVID-19 untuk penerbangan domestik maupun internasional. 

AirAsia Indonesia akan terus memantau perkembangan situasi dan akan melakukan langkah antisipasi yang diperlukan untuk memulai kembali layanan penerbangan nantinya.

** Pernyataan di atas dapat diatribukasikan kepada AirAsia Indonesia.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *