Memperkenalkan Octo Mobile, CIMB Niaga Wujudkan Transformasi Menuju Digital Bank yang Lengkap

Sharing is caring!

Memperkenalkan Octo Mobile, CIMB Niaga Wujudkan Transformasi Menuju Digital Bank yang Lengkap 1

JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) hari ini mengumumkan transformasi aplikasi “Go Mobile” menjadi “OCTO Mobile”. Inisiatif tersebut menandai perubahan salah satu platform digital CIMB Niaga, dari aplikasi mobile banking menuju digital banking yang menyediakan fitur lengkap layaknya Super App, sehingga dapat melayani beragam aktivitas finansial nasabah dan memberikan customer experience yang menarik.

Sebagai pelopor perbankan digital di Indonesia, CIMB Niaga terus berinovasi menghadirkan produk dan layanan perbankan terkini. Layanan mobile banking Go Mobile pertama kali diperkenalkan pada 2012 yang diperbarui menjadi The New Go Mobile (2017) dan kini bertransformasi menjadi aplikasi digital banking OCTO Mobile (2020).
 
“Dengan OCTO Mobile, kini nasabah bisa melakukan berbagai aktivitas perbankan yang dulu hanya dapat dilakukan di kantor cabang. Nasabah sudah bisa berinvestasi membuka rekening reksa dana dan membayar berbagai transaksi dengan empat pilihan sumber dana yaitu Rekening Ponsel, tabungan, kartu kredit, dan Poin Xtra melalui smartphone di genggaman tangan yang sangat user-friendly. Hal ini semakin melengkapi fitur-fitur yang telah tersedia sebelumnya dan bisa menjadi solusi bagi nasabah untuk tetap produktif di tengah kondisi yang masih menantang terkait COVID-19, dan semuanya bisa dilakukan dari rumah,” kata Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan di Jakarta, Senin (4/5/2020).

Selain fitur-fitur tersebut, sambung Lani, nasabah juga bisa membuka rekening tabungan pertama secara online, mengajukan aplikasi kredit tanpa agunan (KTA) bagi nasabah terundang, membuka rekening deposito, hingga melayani transfer dengan limit mencapai Rp500 juta per hari. Bagi nasabah yang membutuhkan uang tunai atau sebaliknya ingin menabung, kini dengan menu Cardless bisa tarik dan setor tunai tanpa kartu di seluruh ATM/CDM CIMB Niaga. Demikian juga transaksi belanja, baik di merchant offline maupun online menjadi kian lancar dengan fitur pembayaran QR dan Virtual Card Number (VCN) dari OCTO Mobile.

Lani menjelaskan, nasabah kartu kredit kini juga bisa menggunakan OCTO Mobile untuk melakukan transaksi, mengubah transaksi menjadi cicilan 0% dengan tenor 3 bulan, dan membuka atau memblokir kartu. “Kami juga mengingatkan, sesuai regulasi Bank Indonesia transaksi Kartu Kredit mulai 1 Juli 2020 harus menggunakan Personal Identification Number (PIN). Karena itu, bagi nasabah yang belum memiliki PIN dapat membuatnya di aplikasi OCTO Mobile,” ujar Lani.

Hadirnya OCTO Mobile juga dibarengi dengan peluncuran fitur baru yang dirilis pada April 2020 yaitu transaksi pembayaran QR menggunakan Poin Xtra, menu Poin Xtra, pencairan bunga deposito untuk diinvestasikan kembali, isi ulang kartu e-money melengkapi fitur top up e-wallet yang sudah ada, dan pembayaran tagihan pajak kendaraan bermotor. “Ke depan, kami akan terus memperbarui fitur OCTO Mobile sebagai Super App, sehingga kapabilitasnya semakin sesuai yaitu mudah, cepat, aman, dan lengkap dalam memenuhi kebutuhan perbankan nasabah saat ini dan nanti,” kata Lani.  

Lani menambahkan, transformasi OCTO Mobile tidak mengubah cara nasabah untuk login. User ID dan PIN yang sama tetap bisa digunakan di aplikasi yang baru. Untuk menjaga keamanan dalam bertransaksi, nasabah harus selalu menjaga kerahasiaan User ID, Passcode, dan PIN serta tidak diperkenankan memberitahukan kepada siapa saja termasuk petugas bank.

Beragam inovasi digital pada OCTO Mobile merupakan persembahan CIMB Niaga yang akan merayakan ulang tahunnya yang ke-65 pada 26 September mendatang. Mengusung tema ‘65 Tahun Melayani Indonesia’, CIMB Niaga berkomitmen untuk terus berperan aktif melayani masyarakat Indonesia dengan terus memberikan kontribusi dan motivasi untuk melakukan yang terbaik berlandaskan nilai-nilai integritas dan profesionalisme.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 451 jaringan kantor per 31 Desember 2019, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 376, kantor kas dan payment point sebanyak 15 unit, 33 Digital Lounge, dan kas mobil sebanyak 27 unit. CIMB Niaga memiliki 13.269 karyawan (konsolidasi) per 31 Desember 2019.  

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 31 Desember 2019, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD12,5 miliar.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *