Meriahkan Hardiknas 2020, Kemendikbud Selenggarakan Lomba Opini, Poster, dan Video

Sharing is caring!

Meriahkan Hardiknas 2020, Kemendikbud Selenggarakan Lomba Opini, Poster, dan Video 1

Jakarta, 2 Mei 2020, Kemendikbud — Wabah Virus Coronavirus Disease 2019 (Covid -19) yang melanda dunia memberikan dampak yang besar kepada segala aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Namun kondisi ini tidak mematahkan semangat para mahasiswa untuk berkreasi. Untuk mewadahi kreativitas tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Prestasi Nasional (PPN) menggelar tiga lomba tingkat mahasiswa yang dimulai dari jenjang diploma 3 (D-3) sampai dengan jenjang sarjana (S-1).

Ketiga lomba tersebut antara lain kompetisi poster, penulisan opini, dan video opini. Kegiatan ini digelar selama hampir satu bulan penuh yaitu pada tanggal 3 s.d. 25 April 2020. Plt Kepala PPN, Asep Sukmayadi mengatakan, kompetisi ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2020, dan memberikan wadah kepada mahasiswa agar terus produktif, kreatif, dan inovatif dari rumah.

“Dalam rangka Hardiknas 2020, kami sebagai satker baru di Kemendikbud menggelar tiga lomba untuk mahasiswa, agar mereka tetap inovatif walaupun di rumah,” kata Asep di Jakarta, pada Sabtu (02/05/2020).

Peserta lomba yang mendaftar berjumlah 20.457 mahasiswa. Menurut Asep, ini membuktikan tingginya tingkat minat mahasiswa dalam berkreatif dirumah masing-masing. Dari 20.457 mahasiswa tersebut, diantaranya 12.906 mahasiswa mengikuti kompetisi poster, 1.163 mahasiswa mengikuti kompetisi video opini, dan 6.388 mahasiswa mengikuti kompetisi penulisan opini.  

“Kami berharap kegiatan ini mampu memacu semangat banyak mahasiswa lainnya untuk lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam melakukan hal-hal positif di tengah pandemi covid-19,” harap Asep.

Kegiatan ini dinilai dengan 2 tahapan, yaitu tahap administrasi dan tahap substansi yang dinilai oleh tim pakar dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Hasil dari proses kompetisi yang telah dilaksanakan ini berupa terpilihnya karya-karya terbaik mahasiswa Indonesia di tengah wabah covid 19.

Terbaik pertama untuk kompetisi bidang poster diraih oleh Gardas dari Universitas Bosowa, diikuti Basith Alif Wahyujati dari Institut Seni Indonesia Yogyakarta sebagai terbaik kedua dan Hijrana dari Universitas Mulawarman sebagai terbaik ketiga.

Untuk kompetisi penulisan opini, terbaik pertama diraih oleh Alvin Ivander dari Universitas Sumatera Utara, terbaik kedua diraih oleh Muh. Agung Prayoga dari STIKES Muhamadiyah Gombong dan terbaik ketiga diraih oleh Siti Zenita Rahmawati dari Unversitas Kediri.

Sedangkan untuk kompetisi video opini, terbaik pertama diraih oleh Dimas Putra Nanda Waspodo dari Institu Teknologi Sepuluh November, terbaik kedua diraih oleh Gloria Qavahntanael dari Universitas Surabaya dan terbaik ketiga dirai oleh tim polimedia 3 dari Politeknik Negeri Media Kreatif.

Tahun ini, Kemendikbud selaku panitia peringatan Hardiknas Tahun 2020 mengeluarkan Pedoman Penyelenggaraan Hardiknas Tahun 2020. Dalam pedoman tersebut, Kemendikbud mengimbau setiap satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta perwakilan Republik Indonesia di luar negeri tidak mengadakan kegiatan/aktivitas peringatan Hardiknas 2020 yang mengakibatkan berkumpulnya orang banyak pada suatu lokasi. Peringatan Hardiknas Tahun 2020 bisa dilakukan secara kreatif dengan memerhatikan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *