Pemkot Samarinda Bersinergi dengan Gojek, Ajak Masyarakat Belanja di Pasar Rakyat melalui Layanan GoShop

Kolaborasi Gijek dengan Pemkot Samarinda, Wakil Walikota Samarinda M Barkati S.Sos, MH, Kepala Bidang Sarana Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Samarinda Irwan Kartomo, SE  dan Arif Pamungkas Branch Manager Gojek Samarinda melakukan kunjungan ke Pasar Segiri salah satu dari 12 pasar yang bekerjasama antara Pemkot dan Gojek. (30/04).

Samarinda, 30 April 2020 – Sejalan dengan upaya Pemerintah untuk memitigasi penyebaran pandemi COVID-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda melalui Dinas Perdagangan menggandeng Gojek berkolaborasi untuk mengajak masyarakat berbelanja di pasar-pasar rakyat dengan menggunakan layanan GoShop.

GoShop merupakan layanan solusi pembelian  bahan kebutuhan harian secara online baik di pasar maupun swalayan yang memudahkan konsumen memenuhi kebutuhan harian dari rumah saja. Gojek dan Pemkot Samarinda melalui Dinas Perdagangan telah bekerjasama di 12 Pasar utama di Samarinda untuk pembelian bahan makanan melalui aplikasi GoShop, Pasar tersebut antara lain :

1. Pasar Pagi
2. Pasar Segiri
3. Pasar Ijabah
4. Pasar Baqa
5. Pasar Kedondong
6. Pasar Sungai Dama
7. Pasar Merdeka
8. Pasar Kemuning
9. Pasar Bengkuring
10. Pasar Palaran
11. Pasar Lok Bahu
12. Pasar Citra Niaga

Namun demikian, protokol terhadap penyebaran pandemi COVID-19 tetap dikedepankan dengan menerapkan jaga jarak sosial (social distancing) serta melengkapi diri dengan masker dan alat perlindungan diri lainnya bagi mitra Gojek.

Mulawarman – Head of Regional Corporate Affairs East Indonesia Gojek mengatakan, ”Kami sangat mendukung kolaborasi yang dilakukan oleh Pemkot Samarinda, dalam hal ini melalui Dinas Perdagangan Kota Samarinda yang bekerjasama dengan Gojek. Kami berharap melalui layanan GoShop kita dapat berkontribusi ikut serta mitigasi penyebaran pandemi COVID-19 melalui teknologi dan program kolaboratif, termasuk dengan Pemkot Samarinda kali ini. Disamping itu, kami terus mendukung gerakan di rumah saja untuk menjaga kontak fisik langsung sambil mengemban tanggung jawab menjaga mitra kami seoptimal mungkin agar mereka tetap produktif dan aman”.

Sebagaimana diketahui, dalam situasi yang penuh tantangan saat ini GoShop menjalankan perannya untuk meningkatkan keselamatan dengan memastikan layanan ini dapat memfasilitasi jarak aman dan tidak ada kontak fisik secara langsung.  

Beragam kanal digunakan untuk mempromosikan kebiasaan hidup sehat dengan menyebarkan informasi kesadaran dan pencegahan COVID-19, pemberitahuan dalam aplikasi dan diskusi dengan mitra. GoShop telah menempuh upaya lebih untuk menjaga produktivitas dan keberlanjutan pendapatan mitra usaha dan mitra driver agar pelanggan tetap #dirumahaja.

Hari ini juga dilakukan kunjungan ke Pasar Segiri oleh Wakil Walikota Samarinda dan Dinas Perdagangan Samarinda, dalam kesempatan tersebut pemkot dan dinas perdagangan memastikan stok dan kesiapan pasar untuk pembelian secara online melalui Goshop.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Samarinda, M Barkati S.sos, MH, menyampaikan “Sejalan dengan program Pemerintah Kota Samarinda kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas keluar rumah yang tidak terlalu penting atau diam dirumah agar bisa menanggulangi penyebaran virus covid-19, Gojek melalui GoShop menawarkan solusi untuk belanja kebutuhan bahan pokok di Pasar Rakyat bisa menggunakan layanan Goshop yang ada di aplikasi Gojek.” ini merupakan inovasi yang sangat baik agar kita semua bisa terhindar dari paparan virus tersebut”.

Kunjungan pasar tersebut juga diikuti oleh tim manajemen Gojek Samarinda dan sejumlah mitra driver. Dalam kunjungan tersebut Kepala Bidang Sarana Perdagangan Dinas Perdagangan, Irwan Kartomo, SE  Menghimbau untuk para mitra Gojek ketika memilih bahan baku, “contoh seperti memilih ayam atau ikan benar-benar dipilih yang kualitasnya baik dan fresh karena fungsi kontrol kami yang masih kurang baik dan saya yakin ini yang selalu dilakukan oleh driver Gojek, dan program ini sangat membantu para pelaku usaha mendapatkan pemasukan dari sektor lain melalui aplikasi Gojek.”

Branch Manager Samarinda, Arif Pamungkas menyampaikan “kami selalu berupaya untuk terus membantu program Pemerintah Kota Samarinda, harapannya kerjasama ini bukan hanya ada pada saat terjadi pandemi virus covid-19 tetapi bisa berkelanjutan untuk selaras dengan program-program Pemerintah Kota Samarinda”

Disamping prinsip-prinsip keamanan yang telah dijalankan untuk mendukung protokol penyebaran pandemi COVID-19 diatas, Gojek juga telah mengembangkan beberapa inisiatif lainnya seperti pengiriman tanpa kontak fisik langsung (GoFood dan GoShop) dengan menambahkan opsi pesan cepat tambahan di fitur chat antara konsumen dan mitra driver sehingga dapat membantu pelanggan dan mitra driver menjaga jarak fisik serta pembayaran tanpa uang tunai melalui GoPay dan Paylater untuk bertransaksi dengan Gofood & GoShop. Selain di pasar-pasar rakyat di kota Samarinda tersebut, kolaborasi serupa juga dilakukan di pasar rakyat di beberapa daerah di Indonesia antara lain Balikpapan, Denpasar dan Makassar.

Tentang Grup Gojek

Gojek merupakan perusahaan teknologi terdepan di Asia Tenggara, yang memelopori model Super App dan ekosistem terintegrasi. Gojek didirikan dengan keyakinan bahwa teknologi dapat mempermudah kehidupan sehari-hari dengan menghubungkan konsumen dengan penyedia barang dan jasa terbaik di bidangnya.

Sejak awal berdiri pada 2010, Gojek mengawali perjalanannya dengan layanan kurir pengantaran barang dan transportasi roda dua. Aplikasi Gojek pertama kali diluncurkan pada Januari 2015 di Indonesia, dan kini telah berkembang menjadi Super App terdepan di Asia Tenggara, menawarkan berbagai layanan mulai dari transportasi dan pembayaran digital, pesan-antar makanan, logistik, dan berbagai layanan on-demand lainnya.

Gojek kini beroperasi di 207 kota di lima negara di Asia Tenggara. Per kuartal keempat 2019, aplikasi dan ekosistem Gojek telah diunduh hampir 170 juta kali oleh pengguna Gojek di Asia Tenggara. Melansir data dari App Annie ‘2020 State of Mobile Report’, Gojek menjadi aplikasi on-demand paling banyak digunakan masyarakat Indonesia sepanjang 2019.

Sebagai Super App, Gojek berkomitmen untuk terus menawarkan cara pintar guna memecahkan masalah yang masyarakat hadapi sehari-hari, sekaligus membantu meningkatkan kualitas hidup jutaan masyarakat pengguna aplikasi Gojek di Asia Tenggara, khususnya di sektor informal dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sejalan dengan misinya untuk mempermudah kehidupan sehari-hari serta menciptakan dampak sosial positif dalam skala besar bagi pengguna, mitra pengemudi, mitra penyedia layanan, serta mitra bisnis dan UMKM di dalam ekosistemnya, pada Agustus 2019 Gojek menempati urutan ke-11 dari 52 perusahaan berskala internasional dan menjadi satu-satunya perusahaan dari Asia Tenggara yang berhasil masuk untuk kedua kalinya ke dalam daftar Perusahaan yang Mengubah Dunia versi Majalah Fortune tahun 2019 (Fortune’s “Change the World” 2019).

Aplikasi Gojek tersedia untuk diunduh melalui iOS dan Android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *