Dukung Pejuang Medis, Kemendag Peduli Salurkan Bantuan Alat Kesehatan ke Rumah Sakit di Zona Merah

Sharing is caring!

Dukung Pejuang Medis, Kemendag Peduli Salurkan Bantuan Alat Kesehatan ke Rumah Sakit di Zona Merah 1
Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto menyerahkan bantuan secara simbolis kepada tiga rumah sakit di wilayah DKI Jakarta, yaitu RSUD Budhi Asih, RSUD Tebet, dan RSKD Duren Sawit yang berlangsung di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (29 Apr).

Jakarta, 30 April 2020 – Menteri Perdagangan Agus Suparmanto secara simbolis menyerahkan bantuan yang sebagian besar merupakan perangkat alat pelindung diri (APD) dan alat kesehatan kepada tiga rumah sakit di wilayah DKI Jakarta, yaitu RSUD Budhi Asih, RSUD Tebet, dan RSKD Duren Sawit, Rabu (29/4). Penyerahan bantuan bantuan tersebut dilaksanakan di Kementerian Perdagangan, Jakarta, ini, merupakan hasil penggalangan bantuan dari pegawai Kementerian Perdagangan dan masyarakat yang dikoordinasikan melalui program ‘Kemendag Peduli’.

“Dengan semangat ingin mendukung tenaga medis di garis depan penanganan COVID-19, kami ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada tenaga medis yang berada di garda depan melawan COVID19 dengan memberikan bantuan alat kesehatan. Diharapkan, bantuan ini dapat sedikit membantu perjuangan para tenaga medis dalam melawan COVID-19 di Indonesia,” ujar Mendag Agus Suparmanto.

Mendag Agus menguraikan, bantuan yang diserahkan kepada tiga rumah sakit masing-masing yaitu pakaian APD, masker medis, sarung tangan, coversepatu, hand sanitizer, suplemen, penutup wajah (face shield), termasuk donasi berupa uang, dengan jumlah yang disesuaikan dengan kebutuhan masingmasing rumah sakit. Berita acara serah terima bantuan tersebut ditandatangani Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Oke Nurwan selaku Ketua Kemendag Peduli dengan masing-masing Direktur RSUD Budhi Asih, Tri Novianti; Direktur RSUD Tebet, Nailah; dan perwakilan RSKD Duren Sawit, Yoserizal.

“Bantuan APD ini disampaikan ke rumah sakit, mengingat masih adanya keterbatasan ketersediaan APD dan alat kesehatan. Ke depannya, Kemendag Peduli juga akan menyalurkan bantuan ke berbagai pihak yang bernar-benar membutuhkan di berbagai daerah, khususnya enam provinsi yang merupakan zona merah, termasuk wilayah DKI Jakarta,” ujar Oke Nurwan.

Pada kesempatan itu, Oke melaporkan posisi terkini jumlah donasi yang terkumpul melalui Kemendag Peduli, yaitu berupa uang sebesar sekitar Rp588,6 juta, 46 ribu buah masker, 20 ribu sarung tangan, 30 buah kacamata pelindung, 6.400 baju APD, 1.000 buah coversepatu, dan 440 botol hand sanitizer. Selain itu, ada pula sejumlah obat suplemen atau vitamin, penutup wajah, dan disinfektan. Ada pula bantuan barang kebutuhan pokok yang terkumpul berupa mi instan dan beras sebanyak 2,5ton yang akan disampaikan kepada pihak-pihak yang berhak.

Proses penyerahan bantuan Kemendag Peduli hari ini juga disaksikan perwakilan sejumlah pelaku usaha dan asosiasi yang menitipkan bantuannya, antara lain Bursa Berjangka Jakarta, Asosiasi Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia, Asosiasi Lisensi Indonesia, Asosiasi Pengusaha Pemasok Pasar Modern Indonesia, Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Asosiasi Franchise Indonesia, dan Jakarta Future Exchange.

Hadir dalam acara ini juga Pejabat Eselon I Kementerian Perdagangan, yaitu Inspektur Jenderal Srie Agustina, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Suhanto, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana, Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Veri Anggrijono, Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kasan, dan Kepala Badan Pengawas Perdagangan SIARAN PERS Biro Hubungan Masyarakat Gd. I Lt. 2, Jl. M.I. Ridwan Rais No. 5, Jakarta 10110 Telp: 021-3860371/Fax: 021-3508711 www.kemendag.go.id Berjangka Komoditi Tjahya Widayanti; serta Eselon II terkait yaitu Sekretaris Ditjen PDN Syailendra, Kepala Biro Umum Sugih Rahmansyah, Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Budi Santoso, dan Kepala Biro Hubungan Masyarakat Olvy Andrianita.

Selain menyerahkan bantuan barang dan uang secara simbolis dari program Kemendag Peduli, (29/4), Mendag Agus juga menyerahkan secara simbolis bantuan alat sarana penanggulangan COVID-19 bagi pasar rakyat di DKI Jakarta dari Kementerian Perdagangan. Penandatanganan berita acara serah terima bantuan dilakukan Dirjen PDN Suhanto dengan perwakilan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Provinsi DKI Jakarta.

Kementerian Perdagangan memberikan bantuan berupa fasilitas kesehatan untuk pasar antara lain bilik disinfektan, hand sanitizer, masker, serta sarung tangan yang diprioritaskan untuk pedagang dan pembeli. Khusus untuk DKI Jakarta, bantuan akan diberikan ke 20 unit pasar rakyat termasuk pasar Kramat Jati. Bantuan sosial untuk pasar rakyat diberikan Kementerian Perdagangan kepada 157 pasar rakyat di enam provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan DIY Yogyakarta.

Sekilas Mengenai Kemendag Peduli

Kemendag Peduli merupakan satuan tugas yang dibentuk Kementerian Perdagangan atas inisiasi para pegawai sebagai upaya membantu menanggulangi pandemi COVID-19 dengan mengoordinasikan pemberian bantuan kepada tenaga medis dan masyarakat Indonesia yang membutuhkan. Melalui program ini, berbagai pihak seperti asosiasi dan institusi, juga dapat menitipkan donasinya agar dapat tersalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

Mendag Agus mengungkapkan, dalam waktu dekat, Kemendag Peduli akan melanjutkan penyaluran bantuan ke sejumlah rumah sakit atau klinik yang membutuhkan bantuan di sejumlah provinsi, seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur. Selain rumah sakit/klinik, bantuan juga akan disalurkan kepada masyarakat umum yang terdampak dan lembaga penyalur donasi yang terakreditasi.

Melalui kesempatan ini, Mendag Agus juga mengajak seluruh pegawai Kementerian Perdagangan dan masyarakat terus memberikan sumbangsihnya dalam memberantas COVID-19 di Indonesia. Kepada pihak-pihak yang ingin memanfaatkan platform Kemendag Peduli untuk menyalurkan donasi berupa barang dan uang dapat mengakses laman http://peduli.kemendag.go.id/. Melalui laman tersebut, donatur juga dapat memonitor jumlah donasi yang masuk dan yang telah tersalurkan.

“Dengan menumbuhkan semangat kebersamaan, kekeluargaan, dan kepedulian yang besar untuk rakyat, saya mengajak semua pihak, terutama pegawai Kementerian Perdagangan untuk memberikan doa dan sumbangsihnya dalam pemberantasan COVID-19. Saya yakin dengan semangat yang kuat, kita dapat melalui masa sulit ini dan segera diberkahi rahmat dan kebaikan dari Allah SWT,” tutup Mendag.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *