Amartha Salurkan Donasi AFPI Bantu Desa Lawan Corona

Sharing is caring!

Amartha Salurkan Donasi AFPI Bantu Desa Lawan Corona 1

Jakarta, 28 April 2020 – PT Amartha Mikro Fintek atau Amartha, pionir fintech peer to peer lending yang berfokus pada pemberdayaan perempuan pengusaha mikro di desa, akan menyalurkan donasi dari AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia) melalui program #DesaLawanCorona yang bertujuan untuk mencegah dan menanggulangi penyebaran virus corona atau Covid-19 di wilayah pedesaan di Indonesia.

Kuseryansyah selaku Ketua Harian AFPI mengatakan inisiatif ini merupakan komitmen berkelanjutan AFPI dan para anggota penyelenggara Fintech P2P Lending melakukan perlawanan bersama terhadap pandemi ini. Donasi ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat khususnya para tenaga medis untuk pemulihan kesehatan para pasien Covid-19

“AFPI mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama seluruh pihak yang ikut berkontribusi dalam bantuan ini. Sebagai asosiasi dari industri fintech P2P lending yang terus menghadirkan solusi bagi kebutuhan finansial masyarakat, AFPI dan para anggota terpanggil untuk mendampingi perjuangan tenaga medis dan pasien Covid-19 dalam melakukan perlawanan wabah corona ini,” ujar Kuseryansyah

AFPI menyalurkan donasi berupa uang tunai, yang akan Amartha gunakan untuk membeli perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) dan didistribusikan ke 20 puskesmas di wilayah pedesaan Jawa Barat dan Jawa Timur yang berada di zona merah Covid-19. Adapun paket APD berisikan sarung tangan medis, baju medis, masker medis, masker N95, hand sanitizer dan sepatu boots.

Andi Taufan Garuda Putra, Founder and CEO Amartha menyatakan, “Terimakasih saya ucapkan kepada AFPI atas donasi yang diberikan untuk mencegah penyebaran virus corona di desa. Dalam krisis saat ini, desa memiliki peranan penting sebagai pertahanan terakhir sektor ekonomi dan pangan Indonesia. Sehingga Amartha berupaya mengambil peran melalui program #DesaLawanCorona dengan bekerjasama dengan banyak pihak, salah satunya AFPI. Saya juga mengucapkan apresiasi atas kepercayaan AFPI kepada Amartha sebagai penyalur donasi yang dikhususkan kepada masyarakat dan unit pelayanan kesehatan di desa”.

#DesaLawanCorona memiliki beberapa program, yaitu: (1) Pemenuhan kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) di Puskesmas Desa, (2) Penyemprotan disinfektan di fasilitas umum dan rumah masyarakat, (3) Pemenuhan kebutuhan masker, sabun cuci tangan, hand sanitizer, vitamin bagi masyarakat dan (4) Edukasi Masyarakat mengenai tahapan gejala, cara penularan dan pencegahan Covid-19, serta penerapan dari pola hidup sehat dan bersih, hingga penerapan physical distancing.

Gerakan kemanusiaan melalui program #DesaLawanCorona telah bekerja sama dengan KitaBisa.com, pada tahap 1 telah disalurkan paket APD ke 30 puskesmas di Jawa. Dalam menyalurkan donasi #DesaLawanCorona (https://kitabisa.com/campaign/indonesialawancorona), Amartha menggerakan 3,000 relawan yang merupakan petugas lapangan Amartha yang berada di 12,300 desa di Jawa, sebagian Sumatera dan Sulawesi.

Tentang Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI)

Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) merupakan organisasi yang mewadahi pelaku usaha Fintech Peer to Peer (P2P) Lending atau Fintech Pendanaan Online di Indonesia. AFPI ditunjuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai asosiasi resmi penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi di Indonesia, berdasarkan surat No. S-5/D.05/2019.
AFPI tidak hanya berperan sebagai sarana untuk memperdalam pasar keuangan di Indonesia, keberadaan Fintech P2P Lending juga memberikan manfaat sosial yang lebih luas kepada masyarakat. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat per Februari 2020, OJK mencatat penyaluran pinjaman Fintech P2P Lending senilai Rp 95,39 triliun atau meningkat 225,58% dari tahun lalu (YoY). Dari sisi lender, sudah ada 630.003 entitas atau naik 156,83% YoY, dan jumlah borrower 22.327.795 entitas, naik 267,17% YoY.

Tentang Amartha

PT Amartha Mikro Fintek atau Amartha didirikan pada 2010 sebagai Lembaga Keuangan Mikro. Pada tahun 2016 Amartha bertransformasi menjadi perusahaan teknologi finansial terpercaya yang kini telah memiliki izin usaha dan di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan.

Amartha memiliki visi untuk mewujudkan kesejahteraan merata bagi kita, Indonesia. Dimulai dengan layanan peer to peer lending, Amartha menghubungkan pendana di kota dengan para perempuan pelaku usaha mikro di desa melalui teknologi.

Amartha memberikan akses, layanan dan edukasi keuangan kepada perempuan perempuan tangguh pengusaha mikro yang merupakan penggerak ekonomi bangsa. Lebih dari Rp 2,2 Triliun modal usaha dari pendana telah Amartha salurkan kepada lebih dari 470 ribu mitra usaha perempuan di Indonesia.

Pendana Amartha pun mendapatkan keamanan dengan implementasi upaya sistem tanggung renteng, meraih imbal hasil hingga 15% per tahun, dan menciptakan dampak sosial yang nyata di masyarakat.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *