2.500 Petani Dapat Akses Jual Hasil Panen di Lazada

Jakarta – Lazada bekerja sama dengan Rumah Sayur Group, memperkenalkan laman khusus untuk memudahkan konsumen Lazada memperoleh beragam sayur mayur segar yang merupakan hasil panen dari 2.500 petani di daerah Jawa Barat, binaan Desa Sejahtera Astra-Institut Pertanian Bogor (IPB University). Ketersediaan sayuran segar para petani ini membuka kesempatan untuk menjangkau lebih banyak konsumen, terutama di kala pandemik COVID-19.

Sebagai platform e-commerce yang selalu menempatkan pelanggan sebagai prioritas utama, Lazada mengedepankan ketersediaan bahan pangan pokok di platformnya. Seiring dengan beralihnya pola belanja masyarakat dari yang diinginkan ‘want’ menjadi yang dibutuhkan ‘needs’ pada saat pandemi COVID-19 ini, Lazada melihat bahwa salah satu kebutuhan penting bagi pelanggan adalah produk kebutuhan pokok dan bahan-bahan makanan seperti sayuran dan daging.

Bobby Gandasaputra, EVP Commercial FMCG Category, Lazada Indonesia berkata, “Saat ini, terutama menjelang bulan Ramadan, umumnya kebutuhan sembako dan bahan pangan meningkat pesat sementara ada keterbatasan pergerakan. Oleh karena itu, Lazada meningkatkan ketersediaan sembako dan bahan pangan segar di platform kami melalui kerja sama dengan berbagai Lembaga. Selain dari kerja sama kami baru-baru ini dengan Badan Logistik Nasional (BULOG) untuk menyediakan kebutuhan bahan pokok, sekarang kami senang sekali juga berkesempatan menyediakan platform kami sebagai akses berjualan bagi Rumah Sayur Group, untuk menyediakan sayur-mayur segar bagi konsumen kami”

Menurut Rektor IPB, Arif Satria, Rumah Sayur Group adalah sebuah unit usaha penjualan sayuran segar dari program Desa Sejahtera Astra dan Pembinaan Petani Muda (Destra Agro), Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir, IPB University. Destra Agro sendiri bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di bawah naungan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia yang bertugas untuk membina dan mengembangkan 2.500 mitra tani yang tersebar di 6 kabupaten dan 53 desa di Jawa Barat. Pengembangan program ini melibatkan mahasiswa dan alumni muda IPB University dengan konsep One Village One CEO. Sebelumnya, Rumah Sayur Group sudah memiliki kios di area Jakarta Selatan. Namun, sejak penerapan PSBB bahan-bahan segar ini dipusatkan di gudang di Depok dan tetap dapat melayani pembeli setianya melalui platform Lazada. IPB mendukung program ini, sebagai bagian dari gerakan “Mari Belanja Sayur dari Rumah” yang sudah digagas IPB belum lama ini.

Bahan makanan segar yang dibeli oleh konsumen di Lazada dapat segera diantar dengan jasa pengiriman instan dan bahan makanan segar yang dibeli akan tiba di rumah pembeli dalam waktu 3 jam setelah paket dijemput oleh mitra kurir – salah satu di antaranya adalah Gojek. Selanjutnya, secara bertahap layanan pengiriman instan ini akan tersedia untuk mengakomodasi lebih banyak penjual sembako dan bahan makanan segar lainnya.

Tubagus Diahinnur Hadikusma, VP Sales & Product, Rumah Sayur Group, mengatakan, “Sebagai bagian dari Desra Agro yang mengayomi ribuan mitra petani binaan yang umumnya berjualan secara tradisional, kami senang sekali saat ini bisa bekerja sama dengan platform e-commerce terkemuka seperti Lazada. Sejak adanya pandemi Covid-19, kapasitas penjualan kami menurun dari yang biasanya 10-12 ton/ hari, menjadi 3-4 ton/hari. Sehingga tidak dipungkiri dengan adanya kerja sama ini kami tetap bisa menjangkau lebih banyak konsumen dan memastikan usaha dan juga kesejahteraan para mitra tani kami tetap dapat berjalan dengan baik walau di tengah situasi yang menantang ini.”

Selain Rumah Sayur Group, konsumen Lazada juga dapat membeli sayur-mayur segar dari laman Cari Sayur, yang merupakan koperasi pedagang Pasar Induk di bawah PasKomNas (Pasar Komoditi Nasional). Lebih dari itu, ke depannya Lazada juga sedang dalam tahap menjajaki kerja sama dengan Pasar Mitra Tani, Duta Milenial, Kostratani dan Ayomart yang berada di bawah naungan Kementerian Pertanian – hal ini tentunya agar konsumen kami dapat memperoleh rangkaian bahan pangan segar yang terbaik dari lebih banyak penjual pilihan.

Saat ini, konsumen Lazada, sudah dapat membeli barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari, seperti beras, gula, tepung dan lain sebagainya, melalui laman resmi BULOG. Lazada juga sedang menjajaki kerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara bidang pangan lain untuk bergabung dalam menyediakan sembilan bahan pokok bagi konsumen, tanpa melupakan fokus untuk membangun dan membantu penjual UKM, karena UKM adalah satu landasan perekonomian bangsa.

Sebagai pelopor teknologi Shoppertainment, Lazada memadukan livestream hariannya dengan ide-ide dan tips memasak. Khususnya di bulan Ramadan, livestream Lazada LazLive dengan tema #BerkahAdaDiRumah juga akan menampilkan sesi memasak dengan chef ternama yang akan memberikan inspirasi masakan sahur dan buka puasa.

“Membina penjual yang melek digital tentu menjadi fokus industri e-commerce. Namun Lazada bertekad untuk membawa para penjual lokal dan tradisional ke tingkatan berikutnya, tidak hanya dapat menjual produk mereka di platform online, namun juga mendapatkan sukses komersial secara nasional, hal ini tentunya sesuai dengan visi dasar kami, yaitu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Asia Tenggara pada umumnya, dan Indonesia secara khusus, melalui perdagangan dan teknologi.” tutup Bobby.

About Lazada Group

Didirikan pada tahun 2012, Lazada Group adalah pemimpin platform eCommerce di Asia Tenggara. Kami mempercepat kemajuan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam melalui perdagangan dan teknologi. Dengan jaringan logistik dan pembayaran terbesar di kawasan ini, Lazada adalah bagian dari kehidupan sehari-hari konsumen kami di kawasan ini dan kami menargetkan melayani 300 juta pembeli pada tahun 2030. Sejak 2016, Lazada adalah platform utama di Asia Tenggara dari Alibaba Group yang didukung oleh infrastruktur teknologinya yang mutakhir.

Lazada Indonesia sendiri telah meraih penghargaan Platinum Award sebagai e-Commerce terbaik pilihan konsumen Indonesia untuk kategori Business to Customer (B2C) dari idEA pada tahun 2016. Lazada juga memperoleh penghargaan Wow Brand sebagai Brand terbaik untuk e-commerce dari Marketeers pada awal tahun 2017. Lazada Indonesia juga didaulat oleh Line sebagai official account dengan kampanye terbaik. Diawal tahun 2018 Lazada berhasil memperoleh 3 penghargaan sekaligus dari Marketeers sebagai : Branding campaign of the year for Above the Line category, Branding campaign of the year for Digital category & Brand of the year 2018 for E-commerce and marketplace category.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *