Tetap Semangat Menjalankan Ibadah Puasa Selama Bulan Ramadan #DiRumahAja

Sharing is caring!

Tetap Semangat Menjalankan Ibadah Puasa Selama Bulan Ramadan #DiRumahAja 1

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadan yang merupakan bulan penuh keberkahan, ampunan serta kasih sayang dari Allah SWT.

Selama bulan suci Ramadan, kembali umat muslim di seluruh dunia menunaikan ibadah puasa. Tahun ini, bagi banyak orang, bulan Ramadan akan terasa sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena umat muslim dianjurkan untuk menunaikan ibadah puasa di rumah masing-masing.

Salah satu tradisi yang biasanya dilakukan di bulan Ramadan adalah acara Bukber (Buka bersama), berkumpul bersama untuk berbuka puasa dengan keluarga, rekan atau sahabat. Acara Bukber ini juga sering menjadi ajang reuni bersama sahabat sekolah dan kampus ataupun rekan dari kantor lama.

Seperti yang sudah kita ketahui, seluruh dunia termasuk Indonesia, sedang dilanda pandemi virus Covid-19 sehingga kita semua dianjurkan untuk menerapkan social distancing dan tetap #DiRumahAja untuk membantu meratakan kurva penyebaran virus Corona. Restoran-restoran yang biasa menjadi tempat berkumpul untuk Bukber juga tidak diperbolehkan untuk menghidangkan makanan dan hanya boleh melayani delivery. Namun, bukan berarti semangat kita selama bulan suci Ramadan jadi berkurang. Kita tetap perlu bersyukur karena masih diberikan kesempatan untuk menunaikan ibadah puasa tahun ini, meskipun semua kegiatan ibadah dianjurkan untuk dilakukan dari rumah. Jika tahun sebelumnya kita rajin mengikuti ibadah shalat tarawih di masjid, mari tahun ini kita lakukan di rumah. Jika biasanya kita sudah mengatur jadwal Bukber di luar, untuk tahun ini mari kita syukuri waktu berharga yang bisa kita luangkan bersama suami/istri dan anak-anak di rumah. Selain itu, dengan berkurangnya kegiatan Bukber di luar rumah, kita bisa mengatur hidangan buka puasa kita dengan makanan yang lezat namun tetap bergizi tinggi.

Saat berpuasa, penting untuk tetap menjaga asupan gizi yang kita konsumsi pada saat sahur dan buka puasa agar tetap fit dan kuat dalam menjalankan ibadah puasa.

“Bagi teman-teman yang menunaikan ibadah puasa, jangan lupa untuk memenuhi asupan gizi harian agar bisa tetap fit dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Untuk membantu memenuhi asupan gizi selama bulan puasa ada beberapa tip berikut: Pertama, minumlah dua gelas susu setiap hari; segelas susu saat sahur dan segelas susu setelah berbuka puasa. Susu mengandung kalsium, protein, dan berbagai vitamin yang baik untuk tubuh kita. Kedua, coba untuk memilih camilan yang lebih sehat seperti buah-buahan, yogurt dan keju saat berbuka puasa dan sebelum tidur. Coba untuk mengganti camilan yang mengandung kadar gula atau lemak yang berlebih, dengan camilan yang lebih bernutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan.” Emilia Achmadi, MS., RDN, Ahli gizi dan Direktur MesaAcademy

Walau terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tetaplah bersemangat saat menjalankan bulan Ramadan #DiRumahAja. Ada berbagai cara untuk bisa tetap semangat seperti mendengarkan musik, istirahat dengan cukup dan mencoba hal-hal baru. Selama #DiRumahAja, salah satu hal baru yang bisa kita lakukan adalah mencoba resep-resep masakan yang sebelumnya belum pernah kita coba, seperti resep makanan yang menggunakan yogurt sebagai bahannya.

Menurut Emilia Achmadi:

Yogurt adalah produk olahan susu yang telah difermentasi sehingga laktosa diubah menjadi asam laktat (lactic acid), dan yogurt memiliki kandungan-kandungan yang bermanfaat untuk tubuh kita:

  • Bakteri baik yang masih hidup dan serat pangan yang bermanfaat untuk membantu fungsi
  • Kalsium yang membantu memperkuat tulang dan gigi
  • Vitamin B6 dan B12, riboflavin, kalium, kalsium dan magnesium yang baik untuk tubuh
  • Probiotik yang dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh

Yogurt adalah pilihan camilan yang lezat, segar, dan bergizi. Selain dinikmati sebagai camilan, yogurt juga bisa digunakan sebagai bahan masakan. Selama #DiRumahAja, saya sudah mencoba membuat berbagai hidangan menggunakan yogurt, mulai dari appetizer (hidangan pembuka), main course (hidangan utama), dessert dan snack.

Sebagai appetizer: Beef Stogranoff with Mashed Potato

Bahan-bahan:

  • Rib Eye Beef, diiris tipis 750gr
  • Jamur Cahmpignon, diiris 500g
  • Ap Flour 50gr
  • Thyme Leaf 20gr
  • Greenfields Yogurt Plain 100gr
  • Bawang bombay, potong dadu 100gr
  • Butter 50gr
  • Air 500ml
  • Lada 10gr
  • Garam 10 gr
  • Mashed potato 300gr
  • Cooking cream 200gr

Cara membuat:

– Tumis bawang bombay sampai layu

– Masukkan rib eye beef, jamur champignon, masak hingga matang

– Tambahkan tepung terigu dan thyme leaf hingga harum

– Masukkan Greenfields Yogurt Plain

– Tambahkan air lalu didihkan

– Setelah mendidih, kecilkan api lalu masukkan cooking cream dan aduk rata

– Masukkan garam, lada dan sajikan dengan mashed potato

Sebagai main course: Chicken Parmigiana

Bahan-bahan:

– Paha ayam fillet 1 kg

– Tomato Pure 250 g

– Bawang bombay, potong dadu 100 g

– Bawang putih 10 gr

– Greenfields Mozarella Cheese 300 gr

– Angel Hair Pasta 600 gr

– Mesclune 100 gr

– Telur 5 butir

– Daun basil 10 gr

Yogurt Dressing:

– Mayonaise 500 gr

– Greenfields Yogurt Plain 250 gr

– Bawang putih, cincang halus 20 gr

– Parmesan Cheese 50 gr

Tepung:

– Terigu 50 gr

– Tapioka 50 gr

Persiapan:

Tomato Pure:

– Tumis bawang bombay dengan bawang putih hingga harum

– Tambahkan tomato pure dengan daun basil

– Didihkan lalu tambah garam dan lada secukupnya

Pasta:

– Didihkan air dengan minyak dan beri sedikit garam

– Rebus pasta angel hair selama 5 menit lalu tiriskan

Tepung:

– Campurkan terigu dengan tapioka

Yogurt dressing:

– Masukkan mayonaise dan Greenfields Yogurt Plain ke dalam wadah

– Tambahkan bawang putih, parmesan bubukdan garam

Cara membuat:

– Masukkan paha ayam fillet ke dalam telur yang di kocok

– Balur dengan tepung lalu goreng hingga crispy dan warna golden brown, tiriskan

– Tambahkan tomato pure, mozarella cheese diatasnya dan masukkan ke dalam oven hingga keju meleleh

– Sajikan dengan angel hair pasta, mesclune dan yogurt dressing

Sebagai dessert: Chia Pudding

Bahan:

  1. Greenfields Yogurt Drink (varian kesukaanmu)
  2. Chia seeds
  3. Buah-buahan (pisang, stroberi, papaya, apel, dll.)
  4. Kacang almond

Cara membuat:

  • Campur semua bahan-bahan dalam satu mangkok dan aduk hingga merata
  • Potong kacang almond menjadi potongan kecil dan taburkan sebagai topping

Sebagai snack: Banana Berries Smoothies

Cara membuat:

  • Masukkan semua bahan ke dalam blender dan campurkan
  • Tuang ke gelas untuk langsung dinikmati

Bahan:

  1. Greenfields Blueberry/Strawberry/Plain Yogurt
  2. Buah pisang
  3. Buah berry (stroberi, bluberi, dll.)
  4. Susu Greenfields Full Cream

Greenfields, ahli produk susu dan produk olahan susu memiliki rangkaian produk yogurt yang lezat dan bergizi. Bagi yang gemar menikmati yogurt yang creamy, tersedia Greenfields Yogurt yang hadir dalam 8 varian rasa; dan bagi yang ingin menikmati yogurt dengan lebih praktis dan langsung diminum, tersedia Greenfields Yogurt Drink yang hadir dalam 6 varian rasa.

Semua produk yogurt Greenfields terbuat dari 100% susu sapi segar yang telah melewati proses pasteurisasi. Produk yogurt Greenfields mengandung bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk Lactobacillus bulgaricus and Streptococcus thermophiles serta mengandung kultur aktif probiotik dan prebiotik. Yuk, mari kita tetap semangat selama menjalankan bulan Ramadan #DiRumahAja! Jangan lupa untuk terus memenuhi asupan gizi agar bisa tetap fit dengan minum segelas susu saat sahur dan segelas susu setelah berbuka puasa; dan coba gunakan yogurt dalam membuat hidangan appetizer, main course, dessert dan snack untuk mendapatkan asupan gizi yang dapat membantu kita tetap fit dan sehat selama bulan suci Ramadan ini.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *