Memaksimalkan Komunikasi dengan Layanan Video Conference

Sharing is caring!

Memaksimalkan Komunikasi dengan Layanan Video Conference 1
Dok.impact

Di saat pandemi Covid-19 di Indonesia masih meluas dan menyebabkan orang yang terpapar positf semakin banyak, bisnis dan perkantoran pemerintah atau swasta dituntut tetap beroperasi meski sebagian dilakukan dari rumah (Work From Home / WFH ). Untuk itu perlu sebuah alat untuk berkomunikasi bagi sesama pegawai kantor selama masa #dirumahaja.

Sebagai alat komunikasi di masa krisis seperti ini, layanan video conference menjadi salah satu pilihan rasional. Layanan Zoom Meetings mendadak menjadi terkenal dan banyak digunakan oleh hampir sebagian besar pengguna internet. Sayangnya, aplikasi ini rentan dengan ditemukannya isu keamanan terkait data pengguna. Bahkan lebih dari 500 ribu akun Zoom, termasuk yang berbayar telah diperjualbelikan di Dark Web, diantaranya akun Zoom yang dimiliki oleh pemerintahan dan korporasi besar. 

Pemerintah Indonesia melalui Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) atau Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) perlu memilikirkan alternatif. Langkah ke depan, perlu aplikasi konferensi video (video conference) lokal dan resmi untuk negara dan aman dari isu keamanan.

Sebenarnya banyak pilihan yang ada selain Zoom. Bahkan perusahaan multinasional di Indonesia telah terbiasa menadakan conference call dengan aplikasi yang lebih kredibel seperti Skype, Google Meet, atau Cisco Webex. Berikut beberapa pilihan layanan video conference yang dikumpulkan AllRelease.ID yang bisa dijadikan alternatif komunikasi agar #TetapProduktifdiRumah:

1. BlueJeans
Memaksimalkan Komunikasi dengan Layanan Video Conference 2

Tool video conferencing ini tersedia gratis selama 30 hari selanjutnya berbayar. BlueJeans didirikan pada 2009 di California yang mengedepankan paltform video conferencing berbasis cloud. Ketika berbayar maka biaya yang harus ditanggung per pelanggan adalah US$14.99/bulan untuk paket Me. Video conference call dapat diakses hingga 50 peserta dari komputer, perangkat iOS atau Android. Sementara untuk paket ‘My Team’ biayanya US$19.99  per bulan untuk pemakaian per meeting hingga 10 jam dengan jumlah peserta 75 orang. Paket lebih komplet, ‘My Company’ hingga 150 orang yang bisa diakses dari 40 negara.

2. Cisco Webex Meetings

Memaksimalkan Komunikasi dengan Layanan Video Conference 3

Layanan video conferencing premium ini memberikan 1GB cloud storage dan bisa digunakan hingga 100 orang dan tersedia fitur Screen sharing. Mengusung nama besar Cisco menjadi jaminan kualitas dari aplikasi WebEx Meetings ini. Namjun perlu dicatat, aplikasi ini cukup berat dijalankan bagi pengguna yang akses internetnya pas-pasan. Fiturnya cukup komplet dengan durasi pemakaian tak terbatas dan enkripsi keamanannya oke.

3. Cyberlink U Meeting
Memaksimalkan Komunikasi dengan Layanan Video Conference 4

Layanan Cyberlink U Meeting untuk bisnis ini dilengkapi dengan beberapa fitur sosial yang menawarkan paket gratis dan langganan. Tanpa membayar sepeser pun, Anda dapat melakukan group call hingga 25 orang selama 30 menit, memanfaatkan 2 GB ruang penyimpanan cloud, merekam panggilan video, berbagi layar dan jendela browser, dan mendapatkan perlindungan end-to-end encryption. Aplikasi ini bisa digunakan di iOS / Android dan smartphone / desktop.

Ketika dicoba, aplikasi ini bekerja cukup baik sehingga bisa menjadi pertimbangan serius sebagai solusi video conference jangka panjang, tanpa perlu upgrade ke layanan berbayar. Namun jika ingin memiih paket berbayar Pro 50 seharga US$29.99 per bulan dengan peserta 50 orang dan paket ‘Pro 100’ mulai US$49.99 / bulan dengan peserta maksimal 100 orang.

4. FaceTime

Memaksimalkan Komunikasi dengan Layanan Video Conference 5

Aplikasi video call ini agak eksklusif karena menuntut semua penggunanya menggunakan peranti mobile buatan Apple. Namun juga tidak semua untuk pengguna iPhone, iPod Touch, dan iPad bisa menggunakan Facetime. Aplikasi ini menuntut di sistem operasi terbaru iOS 12 atau iPadOS terbaru agar bisa dipakai untuk video call. FaceTime dapat dipakai untuk melakukan video call meeting WFH hingga 32 orang.

5. FreeConference

Memaksimalkan Komunikasi dengan Layanan Video Conference 6

FreeConference juga memberikan untuk melakukan video conference dengan mudah tanpa perlu melakukan registrasi. Tapi di sini kalian tanpa perlu daftar. Selain tanpa daftar, di sini, kalian juga bisa ,menjadwalkan kapan kalian akan melakukan video confeerence.

Dengan aplikasi ini, video conference bisa diikuti hingga 400 orang sekaligus. FreeConference juga menyediakan pilihan untuk melakukan sambungan kepada mereka yang ada di luar negeri.

6. FreeConferenceCall

Memaksimalkan Komunikasi dengan Layanan Video Conference 7

Namanya memang mirip dengan aplikasi di atas, namun aplikasinya berbeda. Salah satu perbedaannya adalah aplikasi ini bisa melakukan video conference hingga 1000 orang sekaligus. Layanan ini tidak mengenakan biaya pada penggunanya. Jadi cocok banget buat para mahasiswa dan pelajar.

FreeConferenceCall.com terus dikembangkan untuk memenuhi tren dan kebutuhan video conferencing dari multiperanti dan dalam skala global. Adanya fitur picture-in-picture video memudahkan aktivitas konferensi hingga 1.000 orang. Layanan ini menyediakan kualitas audio HD yang cukup jernih dan gambar yang jelas selama koneksi internet stabil.

7. GoToMeeting

Memaksimalkan Komunikasi dengan Layanan Video Conference 8

GoToMeetings adalah layanan webconferencing yang disediakan oleh LogMeIn. Layanan ini menyediakan audio dan video conferencing yang dilengkapi fitur berbagi layar. Yang menarik, GoToMeeting dapat dijalankan dari smartphone berbasis Android dan iOS dengan mudah. Harga berlangganan layanan ini US$14 per bulan atau U$12 per bulan jika dibayar setahun sekaligus. Jumlah partisipan terbatas 150 orang dan jika ingin lebih bisa memilih paket Business dengan biaya US$19 / bulan, sedangkan untuk Enterprise bisa mencakup 3.000 orang.

8. Google Duo

Memaksimalkan Komunikasi dengan Layanan Video Conference 9

Aplikasi buatan Google ini mirip dengan Hangouts untuk berkomunikasi dengan rekan di kantor, Jika dibandingkan dengan Hangouts, aplikasi ini terbilang lebih ringan dalam segi memori dan pemakaian RAM. Dengan menggunakan Duo, aktivitas online meeting bisa menjangkau 12 orang sekaligus.

Aplikasinya yang lebih fleksibel dan bisa di-install di smartphone berbasis Android dan iOS memudahkan pengguna ketika video conference dari sembarang tempat.

9. Google Hangouts
Memaksimalkan Komunikasi dengan Layanan Video Conference 10

Ideal untuk meeting dalam skala kecil yang dapat diakses dari desktop atau mobile. Aplikasi ini hanya terbatas untuk 10 pengguna saja. Layanan messaging Google ini terbagi atas dua varian, Meet dan Chat. Google Hangouts Meet dikhususkan hanya untuk pelanggan G Suite sehingga pasti berbayar. Layanan ini berbeda dengan versi Google Hangouts reguler yang gratis dan nantinya akan menjadi Google Hangouts Chat.

Hangouts menjadi tool yang sangat simpel dan mendukung hingga 150 orang, namun untuk video call hanya terbatas 10 orang. Hangouts dapat diakses dari web browser dan aplikasi Chrome OS, iOS serta Android. Di masa tanggap darurat Covid-19, Google mempermudah penggunaan Hangouts Meet untuk G Suite dan G Suite for Education bagi pengguna secara gratis. Hingga 1 Juli 2020, fitur Enterprise seperti meeting hingga 250 people, merekam meeting ke Google Drive dan kini bisa terhubung ke Gmail lainnya juga akan digratiskan.

10. Houseparty

Memaksimalkan Komunikasi dengan Layanan Video Conference 11

Houseparty ini lebih mirip aplikasi media sosial daripada video conferencing, mirip WhatsApp. Tersedia untuk platform Android, iOS, Mac dan Chrome, yang dapat digunakan hingga delapan orang untuk video chat dalam satu ruang online. Tampilan antarmukanya relatif mudah dan cukup nyaman. Bahkan menyediakan fitur untuk bermain game berbarengan.

11. Jitsi Meet

Memaksimalkan Komunikasi dengan Layanan Video Conference 12

Jitsi Meet adalah layanan video conference gratis namun aman karena sepenuhnya terenkripsi. Artinya semua pembicaraan Anda di dalam Jitsi Meet bersifat rahasia dan tidak bisa dilihat orang yang tidak berkepentingan.  Fitur conference Jitsi Meet juga cukup lengkap. Contohnya share screen untuk berbagi isi layar kepada peserta rapat atau call recording untuk merekam pembicaraan saat rapat.

Untuk menggunakan layanan ini, Anda juga tidak perlu login. Cukup klik New Meeting untuk memperoleh virtual room sebagai ruang untuk video conference. Setelah itu, Anda bisa membagikan link virtual room ke orang yang ingin Anda undang rapat tanpa perlu login.

12. Roundee

Memaksimalkan Komunikasi dengan Layanan Video Conference 13

Aplikasi video conference Roundee menawarkan fitur yang cukup komplet yang dapat menjangkau peserta hingga 14 orang dan timestamp untuk mencatat hal penting selama conference berlangsung. Pengguna Roundee perlu melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum mulai menggunakannya untuk video conference. Yang minus dari aplikasi ini adalah link ruang meeting dibikin statis, sehingga setiap orang yang pernah mengikuti sesi video conference akan bisa masuk lagi meski tidak diundang. Namun kelemahan ini dapat diatasi dengan fitur pengunci ruang sehingga hanya peserta yang terundang saja yang bisa masuk ke meeting room.

13. Skype

Memaksimalkan Komunikasi dengan Layanan Video Conference 14

Aplikasi buatan Microsoft ini merupakan salah satu pelopor fitur video call dan seringkali menjadi pilihan bagi perusahaan-perusahaan besar karena keamanan dan keandalannya. Selain mudah dipasang di semua jenis komputer, Skype tergolong ringan untuk di-install di smartphone.

Untuk mendukung WFH, Skype juga berbenah dengan menambahkan fitur Meet Now. Fitur ini diklaim aman karena karena pengguna tak perlu repot log-in alias mendaftar akun, mengunduh ataupun menginstal aplikasi apapun sehingga pengguna pun tak perlu mengisi data pribadi.

Skype mendukung grup video calling hingga 50 orang sekaligus dari berbagai peranti dan platform. Jika berlangganan Skype for Business versi termurah, pengguna bisa mengundang hingga 250 orang.

14. UberConference

Memaksimalkan Komunikasi dengan Layanan Video Conference 15

UberConference memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan video conference dengan mudah tanpa perlu PIN. Dilengkapi dengan HD video dan audio, pengguna dan peserta akan melihat dengan cepat partisipan meeting dan orang yang sedang berbicara. Di dalamnya terdapat sejumlah fitur untuk mematikan dan merekam suara, menangkap tampilan layar dan membuat catatan rapat.

UberConference tersedia dalam dua versi gratis dan berbayar. Untuk versi Business harga langganan mulai US$15/bulan. Jumlah peserta meeting untuk akun gratis hanya tersedia 10 orang, sementara UberConference Business bisa digunakan hingga 100 orang.

15. WhatsApp

Memaksimalkan Komunikasi dengan Layanan Video Conference 16

Aplikasi ini pasti cukup populer dan ter-install di hampir semua pengguna smartphone. Selain untuk chating, WA juga dapat dioptimalkan untuk video conference atau group call. Akan tetapi, WhatsApp hanya bisa digunakan untuk video call empat pengguna saja.

WhatsApp kini sedang berupaya mengembangkan update fitur video call (WhatsApp v2.20.128 beta for Android update) agar mampu menampung lebih banyak peserta selama social distancing. Ketika Anda mengerjakan freelance project dengan jumlah teman sedikit, sekiranya WhatsApp masih bisa digunakan, namun jelas tidak cocok untuk conference satu kantor besar.

16. Whereby

Memaksimalkan Komunikasi dengan Layanan Video Conference 17

Aplikasi ini sebelumnya bernama Appear.in dan hanya web base atau hanya berjalan di website. Layanan video conference ini hanya dapat melayani meeting dalam skala kecil. Untuk menggunakannya, silakan melakukan registrasi melalui akun Google. Ruang conference dapat dikunci sehingga hanya bisa diakses oleh orang yang kita undang. Selain itu, ada ‘knock’ untuk meminta izin masuk ke ‘room’ conference.

Ada tiga pilihan paket yang tersedia: Free, Pro, dan Business. Free untuk satu pengguna dan satu ruang meeting. Paket Pro untuk pengguna profesional dengan fasilitas tiga ruang meeting seharga US$9.99/bulan, dan paket Business bisa dilanggani dengan biaya US$59.99/bulan untuk muti pengguna hingga 10 ruang meeting.

Buatan Lokal

1. G-Net MeetNow 

Memaksimalkan Komunikasi dengan Layanan Video Conference 18

Aplikasi instant meeting untuk perusahaan-perusahaan di Indonesia. Rapat online instan merupakan gabungan antara audio dan video conference. Aplikasi G-Net Meetnow dapat menggabungkan peserta-peserta yang ingin rapat/berkumpul namun berjauhan, memakai perangkat yang berbeda, dan perlu berbicara atau berdiskusi secara interaktif.

Download gratis aplikasi G-Net Meetnow ini adalah solusinya, rapat dapat dilakukan Kapan Saja Di mana Saja – internet stabil maupun tanpa jaringan internet, video call dengan peserta meeting dapat tetap berlangsung dan peserta dapat bergabung di dalam ruangan diskusi online atau virtual meeting room melalui audio dan video konferensi atau video call (audio dan video conferencing).

2. dirumahaja.live

Memaksimalkan Komunikasi dengan Layanan Video Conference 19

Dikembangkan oleh Wahyu Putra selaku developer asal Indonesia, aplikasi web video conference yang bernama DirumahAja.Live ini mengizinkan penggunanya untuk melakukan tatap muka atau meeting secara online tanpa perlu registrasi atau memiliki akun. Karena berbasis website, DirumahAja.Live dapat diakses oleh penggunanya dengan cepat tanpa harus install aplikasi terlebih dahulu di berbagai perangkat seperti laptop, PC, tablet, atau smartphone.

Bahkan tampilan antarmuka produk ini akan menyesuaikan perangkat yang digunakan oleh penggunanya sehingga nyaman digunakan. Sayangnya, aplikasi ini masih memerlukan penyempurnaan lebih lanjut. Ketika dicoba, Live Meeting ini masih sering putus-nyambung.

3. V-CUBE Meeting

Memaksimalkan Komunikasi dengan Layanan Video Conference 20

Web conferencing “V-CUBE Meeting” adalah layanan tipe cloud berkualitas tinggi dengan video definisi tinggi dan konektivitas tinggi yang dapat digunakan di berbagai lingkungan seperti PC dan perangkat seluler.

Tentu saja, V-CUBE Meeting memiliki kualitas yang diperlukan untuk video conference call dan aman karena disertifiASP / SaaS dengan tingkat keamanan tinggi.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *