Warning: mysqli_query(): (HY000/1114): The table '(temporary)' is full in /home/u6998656/public_html/wp-includes/class-wpdb.php on line 2345

Jakarta, 30 Maret 2020 – “Hal yang bikin saya tetap semangat karena setiap orang pasti memiliki kebutuhan dan kalau bukan saya atau teman-teman dari BES yang mengantarkannya, siapa lagi,” kata Sardian, kurir Blibli.
Tidak semua pekerja bisa berdinas dari rumah di tengah pandemi COVID-19 di Indonesia. Banyak yang tetap harus turun ke lapangan untuk berkarya, dengan demikian menyingkap profesi-profesi mana saja yang sesunguhnya menopang kehidupan masyarakat. Tentu, tenaga medis memainkan peran esensial. Namun, selain mereka, para kurir juga memperlihatkan andil besar mereka dengan konsisten mengantarkan paket penting, termasuk makanan segar, yang dibutuhkan pelanggan yang berdiam di rumah.
Sardian, seorang kurir yang sudah bekerja selama dua tahun untuk Blibli Express Service (BES) hub Narogong, adalah salah satu dari ratusan kurir yang mengemban tugas penting di tengah COVID-19. Setiap hari ia bekerja mengantarkan berbagai paket ke pelanggan Blibli yang berbelanja online untuk memenuhi kebutuhan sesama.
Bekerja sebagai kurir BES di tengah pandemi mengharuskan Sardian untuk memberi pelayanan lebih jauh bagi para pelanggan. Tidak hanya sekadar mengambil paket dari gudang untuk kemudian diantarkan ke rumah pelanggan, kini ia turut memastikan bahwa kebersihan paket tetap terjaga dan proses pengiriman memperhatikan kaidah-kaidah preventif, termasuk pemakaian alat pelindung diri (APD) saat mengantarkan paket serta penerapan physical distancing dengan menjaga jarak antara pelanggan ketika tiba di tujuan.
Sardian mengungkapkan bahwa langkah-langkah yang diambilnya demi keamanan dirinya dan para pelanggan. “Perasaan cemas sih ada, apalagi wilayah kita juga terkena dampak COVID-19. Namun dengan penyesuaian SOP (standard operating procedure) yang telah ditetapkan oleh Blibli dan BES, saya tidak merasa khawatir. Hal yang bikin saya tetap semangat karena setiap orang pasti memiliki kebutuhan dan kalau bukan saya atau teman-teman dari BES yang mengantarkannya, siapa lagi?” kata Sardian.
Pada Kamis, 19 Maret lalu, Sardian mengantar salah satu paket ke rumah pelanggan bernama Sienny Sentosa. Ketika sampai di rumah tujuan, pemilik rumah seperti biasa menghampiri Sardian untuk mengambil sendiri paketnya. Namun sesuai dengan arahan Blibli untuk menerapkan contacless shipping, yaitu pengiriman tanpa kontak guna mengurangi interaksi langsung antara kurir dan konsumen, Sardian sigap meminta pelanggan untuk menjaga jarak aman. Kemudian, ia meletakkan paket di teras dengan jarak kira-kira satu meter dari tempat di mana pelanggan menunggu.
Lalu, Sardian mengambil foto paket dan mewakilkan tanda tangan pelanggan sebagai bukti bahwa paket sudah diterima. “Terima kasih untuk selalu tetap di rumah. Jaga kesehatan dan konsumsi makanan yang sehat, salam dari saya, BES Boy,” kata Sardian sebelum meninggalkan rumah pelanggan.
Sienny Sentosa, pelanggan Blibli, mengungkapkan, “Saya sangat tersentuh atas kata-kata kurir BES yang mengantarkan barang ke rumah Kamis lalu. Apalagi saat ia mengatakan terima kasih untuk sudah tinggal di rumah. Kalimat itu membuat saya terenyuh karena membuktikan dia mempertaruhkan keselamatannya untuk mengantar pesanan-pesanan ke pelanggan, termasuk saya.”
Sienny menambahkan bahwa pengiriman tanpa kontak sangat baik untuk diterapkan. Terlebih lagi, kurir BES langsung menghubungi pelanggan melalui Whatsapp untuk mengatur pengantaran paket. “Kita mengecek Whatsapp dan pasti akan dibalas. Pada situasi seperti saat ini, saya pun yakin bahwa tidak semua pelanggan ingin melakukan interaksi langsung dengan kurir. Jadi saya salut dengan inisiatif Blibli yang menerapkan pengiriman tanpa kontak khususnya di masa-masa sulit seperti ini,” tutup Sienny.
Sejak Januari lalu, Blibli telah menerapkan serangkaian langkah-langkah pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan kerja untuk kebaikan karyawan Blibli serta para pelanggan. Blibli meningkatkan prosedur sanitasi, melalui pengiriman tanpa kontak hingga proses sanitasi seluruh fasilitas kantor dan gudang. Selain itu, Blibli memantau kesehatan dan mengeluarkan kebijakan work from home yang sudah diterapkan sejak pertengahan Maret bagi karyawan.
Berbagai inisiatif yang dilakukan oleh Blibli ini tentunya sesuai dengan komitmen Blibli untuk mengedepankan kepuasan pelanggan di Indonesia dengan terus memenuhi kebutuhan dan melindungi kesehatan mereka selama beraktivitas dari rumah. #KarenaSehatNo1, Blibli juga mendorong para pelanggan untuk tetap #dirumahaja dan mempercayakan Blibli untuk segala urusan belanja. BES siap memenuhi dan mengantar kebutuhan pelanggan melalui pengiriman cepat serta layanan yang mumpuni.
*Untuk dokumentasi video silakan kunjungi tautan berikut ini: http://blib.li/karenasehatno1
Tentang Blibli.com
Blibli.com, berdiri tahun 2011, merupakan e-commerce buatan Indonesia dengan model bisnis yang fokus pada B2B, B2C, dan B2B2C (Business to Business to Consumer). Sebagai mal online terbesar dan terpercaya, Blibli.com menawarkan berbagai pilihan produk berkualitas yang disediakan oleh lebih dari 75.000 mitra usaha, mulai dari kebutuhan primer, produk elektronik & gadget, kebutuhan sehari-hari hingga produk untuk keperluan gaya hidup. Kecepatan pengiriman barang di Blibli.com didukung oleh armada Blibli Express Service (BES) dan 15 mitra logistik, serta memiliki 20 gudang barang dan 32 hubyang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Dengan visi menjadi e-commerce nomor satu yang memiliki jumlah pelanggan setia terbanyak di Indonesia, Blibli.com berkomitmen untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan belanja melalui 24/7 layanan customer care, kepastian 15 hari pengembalian barang serta pilihan pembayaran yang lengkap dan aman kepada pelanggan.
Kunjungi laman kami di www.blibli.com atau unduh aplikasi Blibli.com di Android, dan iOS.