Jokowi Minta Pemda Konsultasi sebelum Tentukan Kebijakan soal Covid-19

Sharing is caring!

Jakarta, 16 Maret 2020 – Presiden Joko Widodo memberikan arahan terkait penanganan Covid-19 di Istana Presiden, di Bogor, Senin (16/3). Ia meminta kepada Pemerintah Daerah dalam menentukan kebijakan soal Covid-19 di daerahnya untuk dikonsultasikan kepada Pemerintah Pusat.
”Semua kebijakan besar di tingkat derah terkait Covid-19 harus dibahas terlebih dahulu dengan Pemerintah Pusat terkait dan Satgas Covid-19,” katanya.

Pemerintah Daerah juga dapat memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat terkait Covid-19. Namun, Jokowi menegaskan, khusus untuk kebijakan besar tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada Pemerintah Pusat.

”Untuk hal kebijakan besar agar berkomunikasi dengan Satgas Covid-19 atau menteri terkait,” ujar Jokowi.

Jokowi sendiri telah mengimbau masyarakat untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah di rumah. Hal tersebut untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Namun demikian, Jokowi meminta layanan kepada masyarakat baik urusan kebutuhan pokok, layanan kesehatan, dan layan publik lainnya harus tetap dijaga.

Transportasi publik misalnya, Jokowi minta harus tetap disediakan dengan catatan meningkatkan kebersihan kendaraan.

”Yang penting bisa mengurangi tingkat kerumunan, mengurangi antrean, dan mengurangi tingkat kepadatan orang pada transportasi tersebut,” ujar Jokowi.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *