RUPS Tahun Buku 2019, BNI Setor Dividen Rp 3,85 Triliun ke Pemegang Saham

Sharing is caring!

Jakarta, 20 Februari 2020 – PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk atau BNI telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan untuk Tahun Buku 2019 di Jakarta, Kamis (20 Februari 2020). Hasil RUPS tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Menyetujui :
    1. Laporan Tahunan Perseroan termasuk Laporan Tugas Pengawasan yang telah dilaksanakan oleh Dewan Komisaris untuk tahun buku 2019, dan mengesahkan Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan untuk tahun buku 2019.
    2. Pengesahan Laporan Keuangan Pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan untuk tahun buku 2019.
    3. Memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (volledig acquit et de charge) kepada segenap anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dijalankan selama tahun buku 2019, sejauh tindakan tersebut bukan merupakan tindak pidana dan tindakan tersebut tercermin dalam Laporan Tahunan, Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan serta Laporan Tahunan Pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan untuk tahun buku 2019.
  2. Menyetujui Penggunaan Laba Bersih Perseroan Tahun Buku 2019 sebesar Rp 15,38 triliun, yaitu untuk :
    1. Dividen sebesar 25% dari Laba Bersih atau Rp 3,85 triliun. Khusus dividen bagian Pemerintah atas kepemilikan 60% saham akan disetorkan ke rekening Kas Negara. Direksi Perseroan, dengan hak substitusi, akan menetapkan jadwal dan tata cara pembagian dividen tahun buku 2019 sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    2. Sebesar 75% dari Laba Bersih atau Rp 11,54 triliun akan digunakan sebagai Saldo Laba Ditahan.
  3. Penetapan remunerasi (gaji/honorarium, fasilitas, dan tunjangan) Tahun Buku 2020 serta tantiem Tahun Buku 2019 bagi Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan :
    1. Memberikan wewenang dan kuasa kepada Pemegang Saham Seri A Dwiwarna untuk menetapkan besarnya tantiem untuk tahun buku 2019, serta menetapkan gaji/honorarium, tunjangan, fasilitas dan insentif lainnya bagi anggota Dewan Komisaris untuk tahun 2020.
    2. Memberikan wewenang dan kuasa kepada Dewan Komisaris dengan terlebih dahulu mendapatkan persetujuan tertulis dari Pemegang Saham Seri A Dwiwarna untuk menetapkan besarnya tantiem untuk tahun buku 2019, serta menetapkan gaji/honorarium, tunjangan, fasilitas dan insentif lainnya bagi anggota Direksi untuk tahun 2020.
  4. Penetapan Kantor Akuntan Publik untuk mengaudit Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan dan Laporan Keuangan Pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan untuk Tahun Buku 2020.
  5. Menyetujui Pengkinian Rencana Aksi (Recovery Plan) Perseroan dalam rangka memenuhi ketentuan Peraturan OJK No. 14/POJK.03/2017 tentang Rencana Aksi (Recovery Plan) bagi Bank Sistemik.
  6. Menyetujui Perubahan Nomenklatur Direksi dan Perubahan Susunan Pengurus Perseroan menjadi sebagai berikut :Memberhentikan dengan hormat :1.Saudara Ari Kuncoro dari Komisaris Utama Perseroan.2.Saudara Hambra dari Wakil Komisaris Utama Perseroan.3.Saudara Revrisond Baswir.4.Saudara Pataniari Siahaan.5.Saudara Ahmad Fikri Assegaf.dari Dewan Komisaris Perseroan terhitung sejak ditutupnya RUPS hari ini.
    Menyetujui dan mengangkat :1.Saudara Agus DW Martowardojo     Komisaris Utama/Komisaris Independen2.Saudara Pradjoto     Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen3.Saudara Susyanto     Komisaris4.Saudara Asmawi Syam     Komisaris Independen5.Saudara Septian Hario Seto     Komisaris Independen6.Saudara Imam Sugema     Komisaris Independen7.Saudara Ratih Nurdiati     Komisaris8.Saudara Joni Swastanto     Komisaris9.Saudara Askolani     Komisaris10.Saudara Sigit Widyawan     Komisaris Independen
    Memberhentikan dengan hormat :1.Saudara Achmad Baiquni     Direktur Utama2.Saudara Rico Rizal Budidarmo     Direktur Manajemen Risiko3.Saudara Dadang Setiabudi     Direktur TI dan Operasi4.Saudara Aryo Bimo     Direktur Keuangan5.Saudara Endang Hidayatullah     Direktur Human Capital dan Kepatuhan
    Menyetujui dan Mengangkat :1.Saudara Herry Sidharta     Direktur Utama2.Saudara Anggoro Eko Cahyo     Wakil Direktur Utama3.Saudara Benny Yoslim     Direktur Bisnis Korporasi4.Saudara Corina Leyla Karnalies     Direktur Bisnis Konsumer5.Saudara Tambok P Setyawati     Direktur Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)6.Saudara Putrama Wahju Setyawan     Direktur Tresuri dan Internasional7.Saudara Sigit Prastowo     Direktur Keuangan8.Saudara Osbal Saragi Rumahorbo     Direktur Manajemen Risiko9.Saudara Y.B. Hariantono     Direktur Teknologi Informasi dan Operasi10.Saudara Bob Tyasika Ananta     Direktur Human Capital dan Kepatuhan11.Saudara Sis Apik Wijayanto     Direktur Hubungan Kelembagaan12.Saudara Adi Sulistyowati     Direktur Layanan dan Jaringan
    Dengan demikian susunan anggota Pengurus Perseroan menjadi sebagai berikut :Dewan KomisarisDireksi1.Agus DW MartowardojoKomisaris Utama/Komisaris Independen1.Herry SidhartaDirektur Utama2.PradjotoWakil Komisaris Utama/Komisaris Independen2.Anggoro Eko CahyoWakil Direktur Utama3.SusyantoKomisaris3.Benny YoslimDirektur Bisnis Korporasi4.Asmawi SyamKomisaris Independen4.Corina Leyla KarnaliesDirektur Bisnis Konsumer5.Septian Hario SetoKomisaris Independen5.Tambok P SetyawatiDirektur Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)6.Imam SugemaKomisaris Independen6.Putrama Wahju SetyawanDirektur Tresuri dan Internasional7Sigit WidyawanKomisaris Independen7.Sigit PrastowoDirektur Keuangan8Joni SwastantoKomisaris8.Osbal Saragi RumahorboDirektur Manajemen Risiko9AskolaniKomisaris9.Y.B. HariantonoDirektur Teknologi Informasi dan Operasi10Ratih NurdiatiKomisaris10.Bob Tyasika AnantaDirektur Human Capital dan Kepatuhan   11.Sis Apik WijayantoDirektur Hubungan Kelembagaan   12.Adi SulistyowatiDirektur Layanan dan Jaringan

Dengan adanya perubahan susunan pengurus, diharapkan kinerja BNI akan terus tumbuh dengan baik dan berkelanjutan di masa mendatang.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *