Warning: mysqli_query(): (HY000/1114): The table '(temporary)' is full in /home/u6998656/public_html/wp-includes/class-wpdb.php on line 2345

Hangzhou, Tiongkok, 13 Februari 2020 – Alibaba Group Holding Limited (NYSE: BABA dan HKEX: 9988, “Alibaba” atau “Alibaba Group”) hari ini mengumumkan laporan keuangan untuk kuartal yang berahir 31 Desember 2019.
“Alibaba Group mencatatkan pertumbuhan yang pesat sepanjang kuartal lalu,” ujar Daniel Zhang, Chairman dan Chief Executive Officer of Alibaba Group. “Ekonomi digital kami mencapai tingkatan yang baru, dengan kembali mencatatkan rekor baru pada 11.11 Global Shopping Festival untuk para seller dan mitra kami. Investasi yang terus kami tanamkan untuk user engagement, khususnya melalui konten social commerce, berkontribusi pada peningkatan signifikan pada jumlah konsumen aktif tahunan. Sebagai hasil dari pertumbuhan pesat ini, untuk pertama kalinya layanan-layanan komputasi awan kami menghasilan pendapatan lebih dari RMB10 miliar dalam satu kuartal. Sebagai respon kami terkait virus korona baru, kami memobilisasi kekuatan perdagangan dan teknologi di ekosistem Alibaba untuk mendukung upaya memerangi wabah ini, memastikan pasokan kebutuhan sehari-hari untuk komunitas pengguna kami dan menghadirkan upaya-upaya praktis untuk meringankan beban para seller kami. Di masa lalu, sekarang, dan masa depan, kami teguh pada misi kami dan kami akan mendukung para seller kami untuk bersama-sama mengatasi tantangan ini.”
“Pencataan saham di Bursa Efek Hong Kong pada bulan November berjalan dengan sukses dan berhasil mencatatkan kinerja yang kuat di kuartal ini, dengan pendapatan tumbuh 38% YoY (year-over-year) dan EBITDA yang disesuaikan tumbuh 37% YoY,” jelas Maggie Wu, Chief Financial Officer Alibaba Group. “Kedepannya, kami akan terus berinvestasi di infrastruktur dan layanan-layanan digital, mendukung para pelanggan dan mitra di seluruh digital ekonomi Alibaba, khususnya dalam periode yang penuh tantangan ini.”
KILAS BISNIS DI KUARTAL YANG BERAKHIR 31 DESEMBER 2019
Kilasan Kinerja Keuangan
Pendapatan sebesar RMB 161,46 miliar (USD 23,19 miliar), meningkat sebesar 38% YoY.
Penghasilan dari operasional sebesar RMB 39,56 miliar (USD 5,68 miliar), meningkat sebesar 48% YoY. EBITDA yang disesuaikan, pengukuran non-GAAP, meningkat sebesar 37% YoY menjadi RMB 55,88 miliar (USD 8,03 miliar).
EBITA yang disesuaikan untuk aktivitas usaha utama kami sebesar RMB 58,07 miliar (USD 8,34 miliar), meningkat sebesar 26% YoY. EBITA yang disesuaikan dari perdagangan utama berbasis marketplace, pengukuran non-GAAP, meningkat 22% YoY menjadi RMB 66,37 miliar (USD 9,53 miliar).
Penghasilan bersih dari kepemilikan saham biasa sebesar RMB 52,31 miliar (USD 7,51 miliar), dan penghasilan bersih sebesar RMB 50,13 miliar (USD 7,20 miliar). Penghasilan bersih non-GAAP sebesar RMB 46,49 miliar (USD 6,68 miliar), meningkat sebesar 56% YoY.
Laba terdilusi per ADS sebesar RMB 19,55 (USD 2,81) dan laba terdilusi non-GAAP per ADS adalah RMB 18,19 (USD 2,61), meningkat 49% YoY. Laba terdilusi per saham sebesar RMB 2,44 (USD 0,35) dan laba terdilusi non-GAAP per saham adalah RMB 2,27 (USD 0,33), meningkat 49% YoY.
Kas bersih dari kegiatan operasional sebesar RMB 96,50 miliar (USD 13,86 miliar) dan arus kas bebas non-GAAP adalah RMB 78,28 miliar (USD 11,24 miliar).
Pertumbuhan Jumlah Pengguna dan User Engagement
Jumlah konsumen aktif tahunan marketplace kami di Tiongkok mencapai 711 juta, meningkat sebesar 18 juta dari periode 12 bulan yang berakhir 30 September 2019.
Jumlah konsumen aktif bulanan di mobile (Mobile MAU) marketplace kami di Tiongkok mencapai 824 juta di bulan Desember 2019, meningkat sebesar 39 juta dibanding September 2019.
Bisnis Cloud Terus Memimpin Pasar
Pendapatan bisnis cloud tumbuh 62% YoY menjadi RMB10,7 miliar (USD1,5 miliar), yang didorong peningkatan kontribusi baik dari bisnis cloud publik dan hybrid.
Untuk pertama kali, menghasilkan lebih dari pendapatan RMB10 miliar dalam satu kuartal.
Pada 11.11 Global Shopping Festival tahun ini, Alibaba Cloud berhasil melangsungkan migrasi sistem into bisnis e-commerce kami ke cloud publik. Pada festival belanja tersebut, Alibaba Cloud berhasil menyediakan infrastruktur cloud publik dengan tingkat skalabilitas, keandalan, dan keamanan yang tinggi.
Pertumbuhan Kuat di Pasar Global
Lazada mengalami momentum pertumbuhan yang pesat di bisnis marketplacenya, didorong oleh kuatnya pertumbuhan volume pesanan dan kenaikan dua kali lipat jumlah seller aktif per kuartal YoY. Lazada mencatatkan kenaikan jumlah pesanan per kuartal 97% YoY yang merefleksikan kuatnya permintaan konsumen di kategori apparel dan accessories serta general merchandise. Program-program user engagement dan kampanye promosi Lazada, 11.11 Global Shopping Festival, mendorong pertumbuhan positif jumlah pengguna aktif harian mobile selama kuartal ini.
AliExpress terus mencatatkan pertumbuhan jumlah pengguna dan GMV dengan memanfaatkan teknologi perdagangan digital Alibaba dan infrastruktur logistik global milik Alibaba; 11.11 Global Shopping Festival mendorong pertumbuhan GMV AliExpress sebesar 46% YoY.
Layanan Konsumen Lokal Tumbuh Didorong Sinergi di Digital Ekonomi Alibaba
Pendapatan dari lini bisnis layanan konsumen lokal naik 47% YoY didorong oleh pertumbuhan pesat jumlah pesanan dan penetrasi ke wilayah-wilayah yang masih berkembang.
GMV di wilayah-wilayah yang masih berkembang naik hampir 40% YoY
48% dari pelanggan baru Ele.me berasal dari aplikasi Alipay
Tumbuhnya Adopsi Penjual di Cainiao Network
Pendapatan Cainiao naik 67% YoY didorong naiknya adopsi penjual di layanan cross-border: “Fulfilled by Cainiao”
Cainiao Network dan para mitra logistiknya menangani dan mengirimkan catatan rekor 1,29 miliar paket dari 11.11 Global Shopping Festival
Media dan Hiburan Digital
Jumlah pelanggan harian Youku naik 59% YoY didorong makin efektifnya penargetan pelanggan baru selama kampanye-kampanye promosi, kenaikan perpanjangan otomatis berlangganan dan kontribusi lebih besar dari keanggotaan program 88VIP di marketplace ritel kami di Tiongkok.
Pendapatan lini bisnis Media dan Hiburan Digital tumbuh 14% YoY menjadi RMB7,4 miliar (US$1,1 miliar)
Tentang Alibaba Group
Misi Alibaba Group adalah memudah cara berbisnis di manapun. Perusahaan bertujuan untuk membangun infrastruktur perdagangan untuk masa depan, dengan visi bahwa para konsumennya akan bertemu, bekerja dan hidup di Alibaba, dan perusahaan akan berkarya setidaknya 102 tahun.