Tingkat Literasi Diabetes di Indonesia Masih Rendah, Sun Life Indonesia Serukan #TeamUpAgainstDiabetes melalui Virtual Run

Sharing is caring!

Jakarta, 14 November 2019 – Di momen Hari Diabetes Dunia, PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life Indonesia”) kembali mempertegas komitmennya dalam upaya melawan diabetes di tanah air. Menjadi bagian dari kampanye ‘Live Healthier Lives’, salah satu upaya Sun Life Indonesia dalam membantu meningkatkan pemahaman dan kepedulian terkait diabetes, diwujudkan melalui aktivitas ‘Sun Life Virtual Charity Run’ yang hari ini secara resmi diluncurkan. Ambil bagian dalam seruan #TeamUpAgainstDiabetes, duta kampanye ‘Live Healthier Lives’: Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

International Diabetes Federation (IDF) Atlas 2017 melaporkan bahwa epidemi diabetes di Indonesia masih menunjukkan kecenderungan meningkat, khususnya diabetes tipe 2. Indonesia menjadi negara peringkat ke-enam dengan jumlah penyandang diabetes terbesar di dunia, setelah Tiongkok, India, Amerika Serikat, Brazil dan Meksiko. Sekitar 10,3 juta masyarakat Indonesia mengidap diabetes pada rentang usia 20-79 tahun . Namun, hanya separuh dari mereka yang menyadari kondisinya. Angka ini bukanlah angka yang sedikit. Jika tidak segera ditanggulangi, diperkirakan ketika puncak demografi terjadi pada 2030, 21,3 juta jiwa mengidap diabetes tipe 2 . Bukan hanya mengancam kualitas generasi penerus bangsa, tingginya prevalensi penyakit kronis ini juga berdampak pada perekonomian nasional. Pada 2018, BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan telah menggelontorkan dana Rp6,1 triliun untuk pengobatan penyakit diabetes.

Elin Waty, Presiden Direktur PT Sun Life Financial Indonesia menyatakan “Penyakit diabetes tengah menjadi ancaman kesehatan global, yang jika tidak segera ditangani secara serius, akan mengakibatkan pada rendahnya kualitas generasi bangsa, serta kerugian ekonomi yang signifikan. Inilah mengapa, secara global, Sun Life menunjukkan komitmennya dalam upaya bersama melawan diabetes. Salah satu langkah penting yang diambil Sun Life Financial Asia ialah dengan merilis laporan terkait dibetes di Asia, berjudul Diabetes in Asia: Empowering communities to lead healthier live pada awal tahun ini, yang berfokus di Negara Hong Kong, Filipina, Indonesia, Vietnam dan Malaysia. Di Indonesia, fakta masih rendahnya literasi dibetes di tengah masyarakat ditegaskan dengan data 68% penduduk Indonesia yang menilai bahwa diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh faktor keturunan saja. Padahal, gaya hidup yang tidak sehat menjadi faktor utama seseorang menderita diabetes, khususnya tipe 2. Guna menekan angka gelombang penderita diabetes di Indonesia, laporan ini juga memberikan rekomendasi berupa peningkatan literasi diabetes dan pendekatan terkordinasi berbasis komunitas, sebagai upaya yang perlu dilakukan bersama”.

Masih rendahnya literasi diabetes di tengah masyarakat Indonesia juga dipertegas oleh dr. Dante S. Harbuwono Sp.PD-KEMD, PhD, Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM. ”Hasil Survey FKUI RSCM-Divisi metabolik endokrin menemukan 1 dari 8 orang di Jakarta terkena diabetes, dan 2 dari 3 orang yang terkena diabetes tidak mengetahui kalau dirinya terkena diabetes. Angka ini belum termasuk jumlah penderita pra diabetes, yang diperkirakan jumlahnya 6x lebih banyak dari penderita diabetes. Peningkatan pemahaman dan upaya pencegahan terhadap pra diabetes dan diabetes menjadi sebuah keharusan. Jika seseorang sudah terkena diabetes, terdapat tiga gejala klasik yang dikenal dengan istilah 3P yaitu; poliuri atau sering buang air kecil, polifagi atau sering merasa lapar, dan polidpsi atau sering merasa haus. Penurunan berat badan tanpa disertai dengan sebab yang jelas, juga menjadi ciri yang perlu diperhatikan. Sayangnya, masyarakat masih kerap abai terhadap gejala ini. Faktanya, hanya 30% penderita diabetes di Indonesia yang memahami tentang diabetes dan cara penanganannya”. Ditambahkan dr. Dante, upaya efektif untuk mencegah dan mengendalikan diabetes harus dilakukan, dimulai dari menerapkan gaya hidup yang lebih sehat dengan cara: menjaga pola makan sehat dan berimbang serta aktif bergerak; menghindari diri dari rokok dan alkohol; serta membangun komunitas pendukung yang solid.

Mendukung masyarakat Indonesia menjalani hidup yang lebih sehat, sejak 2018, Sun Life Indonesia menggaungkan kampanye kesehatan bertajuk ‘Live Healthier Lives’. “Sejalan dengan rekomendasi dari laporan Diabetes in Asia: Empowering communities to lead healthier lives, salah satu upaya Sun Life Indonesia dalam membantu meningkatkan pemahaman dan kepedulian terkait diabetes, diwujudkan melalui aktivitas Sun Life Virtual Charity Run. Melibatkan duta kampanye ‘Live Healthier Lives’: Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono, serta memanfaatkan jangkauan digitalisasi yang luas dan peran penting komunitas, kami mengajak lebih banyak masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam gerakan kolektif melawan diabetes, #TeamUpAgainstDiabetes. Sebelumnya, upaya edukasi terkait diabetes dan pentingnya penerapan pola hidup sehat, juga telah dilakukan Sun Life Indonesia dengan menggelar sejumlah aktivitas bersama komunitas ibu dan pelajar usia sekolah dasar di wilayah Jakarta, Bekasi, Tangerang Selatan, dan Depok”, jelas Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Indonesia.

“Kami berharap berbagai inisiatif dan aktivitas yang kami lakukan dapat membantu meningkatkan literasi diabetes, sekaligus memicu masyarakat untuk mulai menerapkan hidup yang lebih sehat sejak dini. Pencegahan menjadi langkah krusial yang perlu diambil, guna menekan laju angka penderita diabetes di tanah air, demi menyelamatkan masa depan kualitas generasi dan ekonomi bangsa,” tutup Elin.

— 00 —

Tentang Sun Life Financial Indonesia

Sun Life Financial Indonesia merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Sun Life Financial. Kami menawarkan berbagai perlindungan dan pengelolaan produk yang variatif, dari asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, dan rencana pensiun. Sun Life bermitra institusi keuangan terkemuka, baik nasional maupun internasional, untuk melayani strategi multi-distribution channels dan menyediakan akses yang lebih luas untuk solusi asuransi kami.
Sun Life Financial Indonesia telah memenangkan beberapa penghargaan bergengsi pada tahun 2018-2019 di antaranya:
1. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan Contact Center Service Excellence Award 2018 – Call Center untuk kategori Life & Health Insurance yang diselenggarakan oleh Carre Center for Customer Satisfaction and Loyalty (“Carre CCSL”) dan Majalah Service Excellence
2. PT Sun Life Financial Indonesia menerima penghargaan Contact Center Service Excellence Award 2018 – Customer Service Email Centers untuk kategori Insurance yang diselenggarakan oleh Carre Center for Customer Satisfaction and Loyalty (“Carre CCSL”) dan Majalah Service Excellence
3. PT Sun Life Financial Indonesia menempati posisi ke tiga Digital Brand Award untuk kategori Life Insurance dari Majalah Infobank
4. PT Sun Life Financial Indonesia dianugerahi penghargaan Indonesia Most Admired Companies Award 2018 dalam kategori Special Mention Excellent Corporate Image in Insurance Sector yang diselenggarakan oleh Majalah Warta Ekonomi
5. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan HR Asia Best Company to Work For in Asia 2018 Awards dari HR Asia Media International.
6. PT Sun Life Financial Indonesia menjadi 1st Rank The Best Sharia Unit Islamic Life Insurance pada kategori Asset < Rp 500 Billion yang diselenggarakan oleh Karim Consulting
7. PT Sun Life Financial Indonesia menempati 1st Rank The Best in Contribution Growth Islamic Life Insurance untuk kategori Asset < Rp 500 Billion yang diselenggarakan oleh Karim Consulting
8. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan The Fastest Growing Insurance Companies 2018 dari Majalah Infobank
9. PT Sun Life Financial Indonesia menerima penghargaan Insurance Top Leader for Excellence Family Product Development pada kategori Asset Between Rp10 Trillion – Rp25 Trillion dari Majalah Warta Ekonomi
10. PT Sun Life Financial Indonesia dianugerahi The Best Unit Link 2019 – Salam Balanced Fund untuk kategori Mixed Fund for 7 Years Period dari Majalah Investor
11. Presiden Direktur PT Sun Life Financial Indonesia, Elin Waty, terpilih sebagai Most Inspiring Women dari Majalah Globe Asia
12. Aplikasi My Sun Life Indonesia meraih penghargaan Top 3 Most User Friendly & Satisfying Application dari Majalah Gatra
13. PT Sun Life Financial Indonesia meraih penghargaan Contact Center Service Excellence Award 2019 – Call Center untuk kategori Life & Health Insurance yang diselenggarakan oleh Carre Center for Customer Satisfaction and Loyalty (“Carre CCSL”) dan Majalah Service Excellence.
14. PT Sun Life Financial Indonesia menerima penghargaan Contact Center Service Excellence Award 2019 – Customer Service Email Centers untuk kategori Insurance yang diselenggarakan oleh Carre Center for Customer Satisfaction and Loyalty (“Carre CCSL”) dan Majalah Service Excellence
15. PT Sun Life Financial Indonesia meraih Five Star (Sangat Bagus) Rating untuk SLFI Xtra Progressive Fund for 1 Year Period dari Majalah Infobank
16. PT Sun Life Financial Indonesia mendapat Five Star (Sangat Bagus) Rating untuk SLFI Xtra Progressive Fund for 3 Years Period dari Majalah Infobank
17. PT Sun Life Financial Indonesia meraih Five Star (Sangat Bagus) Rating untuk SLFI Xtra Progressive Fund for 10 Years Period dari Majalah Infobank
18. PT Sun Life Financial Indonesia dianugerahi First Rank Infobank Digital Brand Awards 2019 untuk kategori Conventional Life Insurance Gross Premium Rp2.5 Trillion – under Rp5 Trillion dari Majalah Infobank

Tentang Sun Life
SLF Inc. merupakan perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan beragam produk asuransi, serta solusi pengelolaan kekayaan dan aset, baik untuk individu maupun korporasi. Sun Life telah beroperasi di sejumlah pasar utama di seluruh dunia, yaitu Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Hong Kong, Filipina, Jepang, Indonesia, India, Cina, Australia, Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Bermuda. Per 30 September 2019, Sun Life memiliki total aset kelolaan sebesar AUM 1.063 miliar. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.sunlife.com

Sun Life Financial Inc. diperdagangkan di bursa saham Toronto (TSX), New York (NYSE), dan Filipina (PSE), dengan kode saham SLF.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *