Fornas di Samarinda, Tenaga Kesehatan Disiagakan

Sharing is caring!

Jakarta, 14 November 2019 – Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) bekerjasama dengan Kemenkes RI akan menggelar Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) V pada 15-17 November 2019 di Samarinda, Kalimantan Timur. Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur menyiagakan tenaga kesehatan untuk kelancaran acara tersebut.

Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kartini Rustandi mengatakan tim tenaga kesehatan ini harus siap dengan pegiat olahraga dari berbagai umur dan berbagai risiko. Tenaga kesehatan telah disiagakan di 4 titik, antara lain Gor Sempaja, Gor Segiri, Kawasan Folder Air Hitam, dan Bigmall.

”Kalau soal pelayanan kesehatan prinsipnya sama, promotif, preventif, dan kuratif. Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan harus dilakukan, misal senam, peserta ada di usia tua sampai muda, kalau usia tua mungkin dia harus ngecek dulu seperti tensi, nanti ada tim Nakes yang mengecek apakah boleh ikut (olahraga) atau tidak,” katanya pada Temu Media sosialisasi Fornas di gedung Kemenkes, Jakarta, Kamis (14/5).

Bagaimanapun, menurutnya, keselamatan peserta harus didahulukan. Peserta yang akan hadir dari berbagai kalangan usia dengan faktor risiko berbeda. Artinya tenaga kesehatan harus cermat melihat kondisi peserta.

”Tim kesehatan kita perlu cermat, ia harus melihat kondisinya peserta, dan untuk olahraga yang berisiko tinggi seperti BMX itu pasti ada tim ahli untuk emergency karena risikonya tinggi,” ucap Kartini.

Selain itu, Kemenkes akan mengadakan pameran untuk menginformasikan Germas, seperti di antaranya aktivitas fisik yang baik, makan buah, dan senam peregangan. Di acara itu juga masyarakat akan diajarkan cara mengukur kebugaran tubuh.

Ke depan, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat akan bekerjasama dengan FORMI melalui penandatanganan MoU terkait membudayakan olahraga bagi masyarakat.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *