BNI Syariah Tandatangani Nota Kesepahaman dengan Telkomsel Terkait Pembiayaan Umroh

Sharing is caring!

Direktur Sales Telkomsel Ririn Widaryani (kedua kiri), VP Sales & Care Strategy Telkomsel Andri Wibawanto (tengah), VP Interconnect & Roaming Group Telkomsel Bernadus Wahyu Wijayanto (paling kiri), GM Haji & Umroh Division BNI Syariah Ida Triana Widowati (kedua kanan) dan Direktur Bisnis SME & Komersial BNI Syariah Dhias Widhiyati (paling kanan) saat penandatanganan MoU Telkomsel dengan BNI Syariah di Jakarta, (30/10)

Jakarta, 30 Oktober 2019. BNI Syariah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) terkait penyelenggaraan paket ibadah umroh. Paket ini merupakan bundling perjalanan ibadah umroh dengan layanan telekomunikasi roaming telepon dan internet Telkomsel.

Acara penandatanganan kerjasama ini dilakukan di Vertikal Garden, Telkom Landmark Tower, Jakarta, Rabu, (29/10) dan Kamis, (30/10). Kerjasama ini dihadiri oleh Direktur Bisnis SME & Komersial BNI Syariah, Dhias Widhiyati; dan Pemimpin Divisi Haji dan Umrah BNI Syariah, Ida Triana Widowati. Selain itu hadir juga Direktur Sales Telkomsel, Ririn Widaryani; VP Sales & Care Strategy Telkomsel, Andri Wibawanto; dan VP Interconnect & Roaming Group Telkomsel, Bernadus Wahyu Wijayanto.

Dhias Widhiyati mengatakan sebagai Hasanah Banking Partner, BNI Syariah berkomitmen memberikan solusi keuangan yang hasanah bagi segenap masyarakat Indonesia dalam melakukan transaksi keuangan sesuai prinsip syariah. Melalui kolaborasi dengan Telkomsel dan perusahaan travel, BNI Syariah siap menyediakan layanan umroh yang terbaik sesuai prinsip 5 pasti umroh. Prinsip 5 pasti umroh ini adalah pasti jadwal keberangkatan, pasti izin PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh), pasti pesawat, pasti hotel, dan pasti visa.

“Dengan kolaborasi bersama antara BNI Syariah, Telkomsel dan perusahaan travel biro perjalanan haji dan umroh diharapkan bisa memberi kemudahan, kelancaran dan ketenangan kepada jamaah dalam menjalankan ibadah umroh terutama dalam kaitannya menjalin komunikasi dengan keluarga di tanah air,” kata Dhias.

Kolaborasi Telkomsel dengan BNI Syariah menghadirkan bundling paket perjalanan ibadah umrah meliputi paket spesial pembiayaan perjalanan umrah dan paket roaming Telkomsel. Sementara layanan keuangan yang disediakan BNI Syariah meliputi Tabungan Haji & Umroh BNI Baitullah iB Hasanah dan pembiayaan umroh, BNI Fleksi Umrah iB Hasanah dan BNI iB Hasanah Card.

Diluar layanan keuangan diatas, BNI Syariah menyediakan solusi layanan keuangan untuk perusahaan travel diantaranya adalah Cash Management; Layanan SISKOPATUH (Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus); Garansi Bank; Transaksi Luar Negeri; Bank Notes; Pembiayaan Modal Kerja; Pembiayaan Investasi; dan Talangan Haji Khusus untuk Travel.

Dalam acara Travel Fair Telkomsel yang diadakan 29 Oktober 2019 dan 30 Oktober 2019 ini terdapat promo special Restaurant Grapari Mekkah dan Madinah, khusus bagi tour and travel peserta. Promo ini yaitu 10 free 1, order catering buffet; gratis area manasik/ kajian di Grapari Madinah 1; Voucher diskon 50% makan di resaturant grapari bagi jama’ah yg mendaftar umroh saat travel fair.

Sebagai info ada sebanyak 12 perusahaan travel yang akan hadir dalam kerjasama ini diantaranya adalah Maktour, Patuna, NRA, Kanomas, Arrayyan, Tazkia, Resi, Sahid, Tursina, Sindo, Al Bilad dan Anata Tour.

Sebagai tambahan informasi disampaikan bahwa, sejak awal tahun hingga September 2019, BNI Syariah telah memberangkatkan 1.909 jamaah umrah dengan pertumbuhan 240% (YoY) dari 563 jamaah ditahun sebelumnya. Untuk tabungan haji dan umrah, per September 2019 sebesar Rp 1,9 Triliyun, tumbuh 24,50% (YoY) dari Rp 1,5 Triliyun ditahun sebelumnya. Jumlah rekening atau NoA Tabungan Haji dan Umrah per September 2019 sebanyak 706 ribu rekening dengan pertumbuhan 23,03%(YoY) dari 574 ribu rekening di tahun sebelumnya. Hingga saat ini BNI Syariah telah bekerja sama dengan 84 PPIU resmi di seluruh Indonesia dan menjadikan BNI Syariah sebagai bank syariah yang memiliki komitmen tinggi dalam bisnis haji dan umrah.

Tabungan BNI iB Baitullah

Tabungan BNI iB Baitullah merupakan tabungan perencanaan ibadah haji dan umroh dengan dua akad pilihan yakni Akad wadiah adalah titipan, sedangkan mudharabah adalah bagi hasil. Jika memilih tabungan dengan akad wadiah, nasabah dapat membuka pembukaan rekening cukup dengan setoran awal Rp100.000, sedangkan untuk akad mudharabah, syarat pembukaan rekening sebesar Rp500.000. Namun khusus untuk program BNI iB Baitullah Hasanah, setoran yang diberikan Rp 10.000.

Fasilitas yang diberikan diantaranya Kartu Haji dan Umroh Indonesia dimana jamaah akan mendapatkan kartu setelah tabungan sudah mencukupi dan siap untuk berangkat ke Tanah Suci baik Haji maupun Umroh. Manfaat yang didapatkan bagi jamaah pemegang Kartu Haji dan Umroh Indonesia mulai dari kemudahan bertransaksi selama di tanah suci dengan fasilitas jaringan di seluruh mesin ATM dan merchant yang berlogo Mastercard, dan menu ATM berbahasa Indonesia.

Selain itu jamaah dapat menikmati berbagai promo diskon Mastercard di berbagai merchant, serta keamanan karena jamaah hanya membawa uang secukupnya sehingga terhindar dari risiko kehilangan uang dan jamaah dapat beribadah lebih khusyuk. Info lebih lanjut www.bnisyariah.co.id.

Tentang BNI Syariah

BNI Syariah bermula sebagai Unit Bisnis Strategis bagian dari BNI yang mulai beroperasi sejak 29 April 2000. Pada 19 Juni 2010 status BNI Syariah meningkat menjadi Bank Umum Syariah (BUS).Komposisi kepemilikan saham BNI Syariah adalah 99,94% dimiliki oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan sisanya dimiliki oleh PT BNI Life. BNI Syariah senantiasa mendapatkan dukungan teknologi informasi dan penggunaan jaringan saluran distribusi infrastruktur BNI Induk diantaranya layanan lebih dari 16.000 ATM BNI, ditambah ribuan jaringan ATM Bersama, ATM Link Himbara serta ATM berlogo Maestro dan Cirrus di seluruh dunia, fasilitas 24 jam BNI Call (021-1500046), SMS Banking, dan BNI Internet Banking. Saat ini BNI Syariah telah didukung oleh jaringan yang cukup luas di seluruh Indonesia yaitu 349 outlet syariah yang tersebar di seluruh Indonesia, serta didukung oleh lebih dari 1.746 Outlet BNI yang melayani pembukaan rekening syariah. ***

Campaign #Pilihcarabaiknya

Saat ini BNI Syariah menggunakan campaign #pilihcarabaiknya sebagai komitmen untuk terus memberikan kebaikan bagi stakeholdersnya, dimana dalam hidupnya manusia dihadapkan dengan berbagai #pilihcarabaiknya sejak membuka mata di pagi hari hingga kemudian beristirahat di malam hari, sepanjang hidupnya manusia harus menentukan pilihan yang terbaik bagi hidup mereka. Melalui #pilihcarabaiknya, BNI Syariah ingin memperluas cakupan pasar dan menjangkau masyarakat yang lebih umum terutama milenial. Diharapkan bahasa komunikasi ini lebih mudah dimengerti dan langsung berkorelasi dengan target, salah satunya segmen milenial. Disini, BNI Syariah memberikan pandangan bahwa dari dua atau lebih pilihan yang baik, apapun pilihannya, cara baiknya bersama dengan BNI Syariah. Tidak hanya memilih produknya melainkan #pilihcarabaiknya untuk senantiasa berHasanah dalam kebaikan dunia dan akhirat.

Tentang Hasanah

Hasanah merupakan corporate campaign BNI Syariah yang memiliki makna “segala kebaikan” bagi diri sendiri, masyarakat, maupun bangsa dan Negara baik di dunia maupun di akhirat (QS. Al Baqarah 201). Hasanah merupakan sebuah nilai yang disarikan dari Al – Quran dan menjadi identitas BNI Syariah dalam menebarkan kebaikan melalui insan hasanah dan produk / layanannya. Cita – cita mulia yang ingin disampaikan melalui nilai Hasanah adalah kehadiran BNI Syariah dapat membawa kebaikan bagi seluruh pihak serta menjadi Rahmatan Lil’ Alamin. Hasanah didasari oleh Maqoshid Syariah yang berarti tujuan dari ditetapkannya syariah (hukum agama) yaitu untuk melindungi keyakinan, keberlangsungan hidup, dan hak asasi manusia terdiri dari lima hal yaitu menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga akal, menjaga keturunan dan menjaga harta.

Tentang Hasanah Banking Parner

BNI Syariah sebagai mitra bisnis yang memberikan layanan terbaik sesuai dengan prinsip syariah. Sehingga bisnis yang dijalankan tidak hanya berorientasi terhadap keuntungan semata tetapi juga memberhatikan faktor keberkahan dengan nilai kebaikan. BNI Syariah berkomitmen untuk menjadi partner pada setiap tahapan kehidupan.

Dewan Pengawas Syariah: Ketua: Dr. Hasanudin, M.Ag; Anggota: Ah.Azharuddin Lathif, M.Ag., M.H.*

Dewan Komisaris: Komisaris utama: Fero Poerbonegoro; Komisaris: Imam Budi Sarjito; Komisaris Independen: Max Niode; Komaruddin Hidayat**

Direksi: Direktur Utama: Abdullah Firman Wibowo; Direktur Bisnis: Dhias Widhiyati; Direktur Kepatuhan dan Risiko: Tribuana Tunggadewi; Direktur Keuangan dan Operasional: Wahyu Avianto; SEVP Bisnis Ritel dan Jaringan: Iwan Abdi.

*) belum efektif, masih proses persetujuan OJK

**) belum efektif, masih dalam proses fit & proper test

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *