Setelah kurang lebih dua bulan menggelar Sayembara Maskot, PT Elnusa Petrofin (EPN) mengumumkan pemenang sekaligus tampilan maskot baru yang merupakan representasi dari visi, misi serta culture perusahaan. Dalam sayembara ini peserta mengirimkan desain maskot sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.
Maskot secara garis besar dapat diartikan sebagai sebuah personifikasi dari citra sebuah kor-porasi. Biasanya berbentuk manusia, binatang, atau objek tertentu (tokoh rekaan / fantasi ) yang merepresentasikan kepribadian dan bahkan objective dari sebuah korporasi. Filosofi inilah yang coba diwujudkan oleh Elnusa Petrofin, agar setiap kegiatan membawa maskot yang mampu mewakili identitas perusahaan.
“Peserta kami khususkan hanya untuk masyarakat umum, yang bukan bagian dari pekerja-Elnusa Petrofin. Hal ini dilakukan selain sebagai sarana untuk semakin memperkenalkan PT Elnusa Petrofin kepada publik, hal ini juga merupakan bentuk engagement dengan masyara-kat umum, bahwa Elnusa Petrofin ingin melibatkan seluruh lapisan masyarakat untuk ikut ber-peran serta dalam pembuatan desain mascot ini. Jadi, design yang dipilih pun murni buatan dan ide dari masyarakat umum,” ujar Putiarsa Bagus Wibowo sebagai Kepala Bagian Corporate Communications PT Elnusa Petrofin.
Dari sayembara ini, Elnusa Petrofin menerima 237 design dari berbagai penjuru Indonesia. Design yang diterima dilengkapi dengan filosofi masing-masing yang tentunya mewakili visi, Misi serta values EPN. Seleksi yang diberlakukan pun ketat dengan memperhatikan aspek plagiasi dan kecurangan yang mungkin terjadi dalam proses sayembara maskot Elnusa Petro-fin berlangsung.
Setelah melalui proses seleksi dan penilaian langsung oleh Direksi atau Board of Director El-nusa Petrofin, terpilih 1 pemenang utama dan 3 pemenang favorit. Pemenang Utama diberi nama “ELFIN” yang merupakan singkatan dari Elnusa Petrofin. Design yang menjadi pemenang atau ELFIN ini diharapkan mampu membawa semangat baru dalam setiap kegiatan Elnusa Petrofin kepada masyarakat.
“Nantinya, ELFIN akan hadir disetiap acara Elnusa Petrofin. Baik sebagai konten sosial media, bisa menjadi bahan cinderamata, memeriahkan kegiatan internal dan CSR perusahaan, serta akan menjadi ikon atau maskot baru di semua informasi HSE Elnusa Petrofin,” Pungkas Putiar-sa Bagus Wibowo.
Tentang PT Elnusa Petrofin (EPN)
Elnusa Petrofin (“EPN”) didirikan di Jakarta pada tanggal 5 Juli tahun 1996. EPN adalah anak perusahaan dari PT. Elnusa Tbk (Perusahaan Terbuka sejak 2008), dimana PT. Elnusa Tbk sendiri merupakan Anak Perusahaan PT. Pertamina (Persero). PT Elnusa Petrofin bergerak di bidang jasa logistik dan distribusi BBM , terutama Jasa Transportasi BBM, jasa pengelolaan Depo BBM, penjualan BBM Industri & Marine, trading Chemical, trading Pelumas & Asphal dan Ritel Bahan Bakar (SPBU&SPBE). Elnusa Petrofin merupakan salah satu ujung tombak Pertamina untuk menyalurkan BBM PSO (public service obligation) dan BBM Satu Harga ke seluruh penjuru Nusantara.