Hari dan Waktu Terbaik untuk Mengirim Siaran Pers

Sharing is caring!

Hari dan Waktu Terbaik untuk Mengirim Siaran Pers 1

Apakah ada hari terbaik untuk mengirim press release atau siaran pers? Pertanyaan ini mungkin sering terlontar dari para pemilik brand atau bagian kehumasan dari sebuah perusahaan.

Hari terbaik dalam seminggu untuk mengirim siaran pers menurut sejumlah peneliti adalah hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Para ahli di Prowly – sebuah perusahaan manca pembuat perangkat lunak untuk PR – menganggap Kamis sebagai hari terbaik untuk mengirim siaran pers karena mereka menemukan tingkat membuka email pada hari tersebut lebih dari + 22%.

Prowly juga melanjutkan dengan mengatakan bahwa hari Jumat adalah hari terburuk dalam seminggu untuk mengirim siaran pers Anda, yang memiliki tingkat terbuka hanya 15%.

Sementara itu menurut Ragan – sebuah perusahaan komunikasi PR dan SDM – Selasa adalah hari yang paling populer untuk mengirim siaran pers Anda, diikuti oleh hari Rabu. Jadi, tunggu hingga Selasa, Rabu, atau Kamis untuk mengirimkan siaran pers ke jurnalis.

Lantas, pada jam berapakah Anda sebaiknya mengirim siaran pers?
Kebanyakan orang memeriksa email mereka di pagi hari, untuk memeriksa apa yang mereka lewatkan pada hari sebelumnya. Jadi, ide yang baik untuk mengirim siaran pers Anda lebih awal.

Berdasar data dari Prowly, waktu terbaik untuk mengirim siaran pers Anda pagi – antara pukul 10:00 hingga 14:00. Saat itulah tarif buka email lebih dari + 45%. Tetapi tepat setelah makan siang, tarif terbuka kembali turun menjadi 15%.

Anda juga harus menghindari sore hari (2–6 sore) ketika hanya 26% dari semua pesan dilihat. Keluarkan siaran pers Anda setelah pukul 18:00 hanya jika Anda merasa informasi tersebut benar-benar diperlukan segera oleh media!

Anda akan menonjol dari pesaing jika dapat menahan diri untuk tidak mengirimkan siaran pers Anda pada jam atau bahkan setengah jam (mis. 10 pagi atau 1:30 siang). Banyak perusahaan mengirim email mereka pada jam tersebut, jadi pilih waktu yang lebih unik seperti jam 9:21 pagi untuk menghindari tenggelam oleh persaingan.

Tetapi penelitian dari Ragan menemukan bahwa waktu terbaik untuk mengirim siaran pers Anda adalah pada jam 9:00 pagi, diikuti oleh jam 8:00 malam waktu lokal.

Namun demikian, jawaban yang paling akurat mengenai hari dan waktu yang tepat untuk mengirim siaran pers adalah tergantung dari kebutuhan dan lokasi. Untuk kasus di Indonesia, banyak perusahaan konsultan PR yang mengirim siaran pers di hari Jumat, bahkan Sabtu. Indonesia yang memiliki 3 zona waktu, WIB, WITA, dan WIT maka yang perlu diperhatikan adalah perbedaan waktu ketika mengirim siaran pers.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *