Pimpin Industri Layanan Pesan-antar Makanan Indonesia, GoFood Bagikan Tren Kuliner Pilihan Konsumen Selama Tahun 2019

Sharing is caring!

JAKARTA, 4 Oktober 2019 – GoFood, layanan pesan-antar makanan online terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara, hari ini membagikan tren kuliner pilihan konsumen di sela-sela Jakarta Culinary Feastival (JCF) 2019 yang diselenggarakan di Senayan City Jakarta, 3-6 Oktober 2019. Kepercayaan mitra merchant dan pelanggan menjadikan GoFood pemimpin di industri, dimana hal ini diperkuat dengan pertumbuhan merchant di platform GoFood yang terus meningkat dalam satu tahun terakhir, yaitu mencapai 2,43 kali lipat. Selain itu, beberapa jenis kuliner kian mengalami transaksi yang meningkat hingga lebih dari 100%. Hal ini menjadikan GoFood sebagai barometer tren kuliner baru di Indonesia.

VP Corporate Affairs Food Ecosystem Gojek, Rosel Lavina menjelaskan, “Teknologi GoFood sukses mempertemukan konsumen dengan ribuan restoran dan pengusaha kuliner UMKM. GoFood kini sudah berkembang lebih dari sekadar layanan pesan-antar makanan, tapi juga menjadi katalog kuliner terlengkap bagi konsumen dengan 400.000 merchant. Konsumen GoFood kian loyal, terbukti dengan pertumbuhan pengunjung aplikasi GoFood yang meningkat hingga 2,63 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.”

Sebelumnya, kepercayaan pelanggan terhadap aplikasi GoFood juga diungkapkan oleh hasil riset Nielsen Singapura berjudul “Understanding Indonesia’s Online Food Delivery Market” yang mengungkapkan 84% konsumen yang menggunakan lebih dari satu aplikasi pesan-antar makanan menganggap GoFood menawarkan layanan terbaik dibandingkan rata-rata industri (39%). Alasannya beragam, mulai dari pilihan menu beragam (87%); pilihan merchant beragam (83%); aplikasi mudah digunakan (83%); menilai mitra driver Gojek ramah, sopan, dan informatif (82%); hingga layanan pesan-antar makanan tercepat (79%).

Pertumbuhan transaksi GoFood sendiri salah satunya dipengaruhi oleh program promosi yang terus ditawarkan kepada pelanggan. “Kami senang mitra merchant menyambut baik inisiatif yang kami hadir untuk mendatangkan gelombang pengguna baru bagi GoFood, termasuk salah satunya memberikan kesempatan bagi merchant untuk mengikuti program promo. Dengan mengikuti program promo, merchant GoFood dapat meningkatkan penjualan hingga lebih dari 60%,” kata Rosel.

Lebih lanjut mengenai tren makanan yang paling banyak dipesan lewat aplikasi GoFood hingga Agustus 2019, makanan dengan bahan dasar ayam dan varian burger dengan bumbu lokal masih menjadi favorit konsumen. Diikuti oleh pilihan minuman favorit masyarakat, seperti minuman brown sugar, minuman gandum, regal drinks, danboba. Pertumbuhan ini paling banyak dikontribusikan oleh konsumen di 5 wilayah dengan jumlah transaksi tertinggi, diantaranya Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Makassar.

Di sela-sela sesi pemaparan tren makanan dan minuman di aplikasi GoFood 2019, hadir pula Pemilik Tahu Yes, salah satu merchant GoFood Festival, Yesaya Surya yang menceritakan kisah suksesnya selama bergabung dengan GoFood. “Kami tidak pernah membayangkan sebelumnya bisa tumbuh seperti sekarang bersama GoFood, bahkan 40% dari transaksi kami sumbernya dari layanan pesan-antar makanan. Dengan teknologi mutakhir GoBiz, saya juga bisa mengatur cashflow, mengatur operasional resto, hingga mengatur promo secara mandiri. Bergabung dengan GoFood tidak hanya meningkatkan kuantitas transaksi, tapi juga meningkatkan kualitas produk yang kita tawarkan untuk kepuasan konsumen.”

Untuk memberikan akses pasar yang berkelanjutan bagi mitra merchant, GoFood kembali mengajak mereka untuk membuka gerai di JCF2019 berkolaborasi dengan ISMAYA LIVE untuk mempersembahkan GoFood Paradiso, sebuah zona dimana para foodies akan berpetualang menjelajahi surga kuliner ala GoFood untuk memenuhi hasrat kuliner idaman, memanjakan lidah pengunjung di area kuliner GoFood Festival, dan tentunya berkesempatan langsung memperoleh ragam promo dan voucher menarik. Pada tanggal 3 – 6 Oktober 2019 GoFood akan menghadirkan:

Instalasi GoFood Paradiso: Para pengunjung JCF 2019 area Fork Tent bisa menjelajahi langsung instalasi interaktif dan menemukan kejutan berupa voucher makan dan hadiah menarik di Journey to the Food Sanctuary, Bakso Meditation Room, Satay Mystical Trees, Boba Tea Sacred Pool, dan GoFood Prophecies Booth.

Food Miracle Cave: Para pengunjung JCF 2019 di area Spoon Tent berkesempatan untuk mendapatkan berbagai macam voucher dan merchandise eksklusif dari GoFood

GoFood Festival: menawarkan kuliner satu tempat serba nikmat dengan menghadirkan 23 merchant pilihan GoFood dari berbagai daerah di Indonesia yang menjadi favorit konsumen sepanjang tahun 2019.

Promo GoFood Festival:

Cashback GoPay 30% di GoFood Festival: pengunjung JCF 2019 dapat menikmati jajanan nikmat di GoFood Festival menggunakan GoPay dan dapatkan cashback 30%! Kamu bisa jajan sepuasnya tanpa khawatir bikin kantong kering.

Cashback GoPay Rp3.000 di Rekan Usaha JCF 2019: pengunjung JCF 2019 dapat menikmati cashback GoPay Rp3.000 dengan minimum transaksi Rp10.000 di seluruh Rekan Usaha JCF 2019 selain Rekan Usaha GoFoodFestival. Yuk, jajan lebih hemat pakai GoPay!

“Ke depannya, GoFood ingin terus menemani pertumbuhan mitra untuk bisa meningkatkan kualitas produk dan menjangkau pasar yang lebih luas. Ini juga merupakan upaya kami mendorong kontribusi nyata mitra UMKM kuliner pada perekonomian Indonesia. Saat ini, 96% merchant GoFood merupakan UMKM dan kami berharap dapat terus berkontribusi pada kesejahteraan mitra dan perekonomian nasional, serta terus menjadi layanan pesan-antar makanan no.1 pilihan masyarakat Indonesia ” tutup Rosel.

Tentang Grup Gojek

Grup Gojek merupakan perusahaan berbasis teknologi penyedia layanan mobile on-demand dan pembayaran digital terdepan di Asia Tenggara, yang lahir dengan keyakinan bahwa teknologi dapat meningkatkan kualitas hidup pengguna dalam ekosistemnya.

Aplikasi Gojek pertama kali diluncurkan pada Januari 2015 untuk para pelanggan di Indonesia, dan sejak itu, telah berkembang menjadi platform mobile on-demand terbesar di Asia Tenggara, menawarkan berbagai layanan mulai dari transportasi dan pembayaran ke pesan-antar makanan, logistik, dan berbagai layanan on-demand lainnya. Gojek Group kini beroperasi di 207 kota di lima negara di Asia Tenggara.

Per semester 1/2019, aplikasi dan ekosistem Gojek telah diunduh oleh lebih dari 155 juta pengguna, dengan lebih dari 2 juta mitra pengemudi, hampir 400.000 mitra merchants, dan lebih dari 60.000 penyedia layanan di Asia Tenggara.

Gojek terus menjalankan misinya untuk menciptakan dampak sosial-ekonomi yang positif dalam skala besar bagi pengguna, mitra pengemudi, mitra bisnis dan UMKM, serta mitra penyedia layanan di dalam ekosistemnya. Founder & CEO Gojek, Nadiem Makarim, masuk ke daftar Bloomberg top 50 untuk tokoh-tokoh yang dinilai berhasil membuat dampak berskala global. Pada Juni 2019 Nadiem Makarim juga menerima penghargaan Nikkei Asia Prize ke-24 untuk kategori Inovasi Ekonomi dan Bisnis di Tokyo, Jepang. Nadiem menjadi tokoh teknologi penerima penghargaan termuda se-Asia di sepanjang sejarah Nikkei Asia Prize sejak pertama kali digelar sejak 1996; sekaligus menjadi anak bangsa pertama yang berhasil meraih penghargaan bergengsi pada kategori ini. Selain itu pada Agustus 2019 Gojek menempati urutan ke-11 dari 52 perusahaan berskala internasional dan menjadi satu-satunya perusahaan dari Asia Tenggara yang berhasil masuk untuk kedua kalinya ke dalam daftar Perusahaan yang Mengubah Dunia versi Majalah Fortune tahun 2019 (Fortune’s “Change the World” 2019).

Aplikasi Gojek tersedia untuk diunduh melalui iOS dan Android.

LEMBAR FAKTA

Ringkasan Data Internal: Tren Kuliner GoFood 2019

Untuk memahami lebih dalam mengenai konsumsi makanan/ minuman masyarakat Indonesia, GoFood merilis “Tren Kuliner 2019” yang berdasar data internal GoFood hingga Agustus 2019. Data internal GoFood ini memperlihatkan pertumbuhan industri makanan/ minuman yang didorong oleh GoFood hingga prediksi kuliner melihat kecenderungan pesanan konsumen.

Berdasarkan data internal, berikut adalah beberapa data terkait tren kuliner GoFood(per bulan Agustus), diantaranya:

Tren kuliner didorong transaksi konsumen dan pertumbuhan mitra merchant

Jumlah pemesanan diGoFood sepanjang tahun ini9 meningkat sebesar 133% atau naik hingga lebih dari 2 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun 2018.

Pertumbuhan pesat pemesanan jenis makanan/minuman tertentu – untuk beberapa jenis kuliner meningkat hingga lebih dari 100% dari tahun 2018 ke 2019. GoFood menjadi barometer tren makanan/ minuman baru di masyarakat.

Dengan mengikuti program promo GoFood untuk menarik minat pelanggan, merchant GoFood dapat meningkatkan penjualan hingga lebih dari 60%.


Dominasi transaksi dan pertumbuhan merchant GoFood ada di Pulau Jawa

5 wilayah dengan jumlah transaksi GoFood terbanyak sepanjang tahun 2019: Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Makassar.

5 wilayah dengan jumlah merchant GoFood baru terbanyak sepanjang tahun 2019: Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Malang, Yogyakarta.

Pertumbuhan pesat jumlah merchant baru GoFood di beberapa wilayah di Indonesia – salah satunya mencapai 2,43 kali lipat – telah menyediakan lebih banyak pilihan kuliner bagi pelanggan.


Transaksi berdasarkan waktu/ jam pemesanan

Transaksi terbanyak terjadi pada waktu malam hari, disusul oleh waktu makan siang dan cemilan tengah malam hingga dini hari.

Konsumen paling banyak melakukan transaksi di hari Sabtu. Berbeda dengan tahun 2018, di mana transaksi tertinggi terjadi di hari Sabtu dan Minggu.

Pengunjung aplikasi GoFood meningkat dari waktu ke waktu – di bulan Agustus 2019, pengunjung GoFood mengalami kenaikan sebesar 2,63 kali lipat dibandingkan bulan Agustus 2018.


Makanan yang paling banyak dipesan konsumen tahun 2019

Makanan yang paling banyak dipesan:

Makanan berbahan dasar ayam, seperti: Topokki Chicken, Black Pepper Chicken, Gochujang Chicken.

Varian burger dengan bumbu lokal: Burger Rendang dan Burger Sambel Ijo.

Minuman yang paling banyak dipesan:

Minuman rasa kekinian: Brown Sugar Drinks, Oat Drinks, Regal Drinks, Bubble Tea/ Boba.


Pola Konsumsi Ramah Lingkungan Menjadi Tren

Sebagai platform layanan pesan-antar makanan dengan basis jutaan pengguna, GoFood mendorong ekosistemnya untuk menerapkan bisnis yang ramah lingkungan.

Jumlah merchant GoFood yang ramah lingkungan dengan menawarkan fitur alat makan berbayar sudah 14 kali lebih banyak dibandingkan akhir Desember 2018.

Melalui inisiatif #GoGreener, GoFood telah menyelamatkan bumi dari 1.800+ kilogram sampah alat makan plastik sepanjang tahun 2019.

Jika sendok makan plastik disusun memanjang, akan setara dengan 960+ kali tinggi Tugu Monas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *