Ketika Anda membuka bisnis baru (toko, perusahaan, jasa, dan lainnya), pasti Anda ingin bisnis tersebut bisa dikenal luas oleh publik. Salah satu caranya adalah dengan menyebarkan informasi melalui media dengan menggunakan siaran pers.
Untuk menulis siaran pers tentang peluncuran sebuah perusahaan baru, coba ikuti proses dari AllRelease.ID ini:
- Pikirkan kisah yang menginspirasi dalam menceritakan bisnis baru Anda ke masyarakat luas
- Tulis siaran pers, ingat tentang poin-poin penting yang harus ada dalam setiap siaran pers
- Buat daftar kontak media yang akan tertarik untuk menulis tentang bisnis baru Anda
- Tetapkan strategi komunikasi jangka panjang
Kisah yang menginspirasi
Seperti apa bentuk teks untuk media? Yang pasti tidak terlalu panjang atau terlalu teknis. Pada titik ini, kita sering berurusan dengan kesulitan untuk menjelaskan sebuah bisnis startup. Hal ini semacam distorsi kognitif yang membuat kita tidak dapat menjelaskan kepada orang lain apa yang sebenarnya tampak jelas bagi kita.
Poin penting yang ingin diceritakan
Siaran pers ibarat sebuah informasi yang ringkas, padat, dan memiliki nilai untuk diceritakan kembali oleh media. Jadi Anda sebaiknya tidak lupa untuk membawa key message di dalam rilis tersebut.
Database media
Buatlah daftar media yang sekiranya tertarik untuk menulis berita berdasar siaran pers yang Anda akan kirim. Tidak melulu harus media umum Tier 1, namun Anda perlu merangkul media-media yang sering menulis berita terkait dengan industri dari bisnis Anda. Para jurnalis menyukai sepotong informasi yang benar-benar baru dan belum pernah mereka dengar sebelumnya, informasi mengenai bisnis yang memiliki nilai ekonomi kerakyatan, atau bisnis yang out-of-the-box dan sarat dengan pemanfaatan teknologi.
Strategi komunikasi yang tepat
Apabila produk dari bisnis Anda sudah ada di pasaran dan Anda baru saja mendapatkan klien yang kebetulan merupakan perusahaan besar dan terkenal, maka hal ini merupakan sebuah keuntungan. Manfaatkan fakta tersebut di dalam siaran pers sehingga akan memperkuat brand dari bisnis Anda di mata jurnalis dan para potential clients.