Yogyakarta, 7 September 2019. BNI Syariah menggelar Workshop Nasional Pelatihan Manajemen Masjid “Masjidku Hasanahku” di Yogyakarta. Lokakarya ini diisi oleh tokoh dibalik suksesnya pengelolaan masjid besar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Tengah (Jateng), dan Jawa Timur (Jatim).
Berbeda dengan pelatihan manajemen masjid (PMM) di 20 kota tahun 2019, workshop ini menampilkan level yang lebih advance dengan menghadirkan narasumber dan pembicara yang memiliki rekam jejak dalam membangun masjid dan bisnis sendiri.
Peserta workshop mendapatkan ilmu cara menyelaraskan perekonomian masjid dengan bisnis. Workshop ini juga menjadi sarana business matching antara peserta dengan narasumber yaitu pebisnis dan pemilik masjid.
Workshop Nasional Manajemen Masjid di Yogyakarta mengusung tema “Belajar dari Pendiri Masjid-Masjid Besar di Indonesia.” Diselenggarakan di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Sabtu (7/9), acara ini dihadiri oleh SEVP Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi dan Pemimpin Divisi Dana Ritel BNI Syariah, Bambang Sutrisno.
Beberapa narasumber yang hadir dalam Workshop Nasional Manajemen Masjid di Yogyakarta ini adalah para pendiri masjid besar di Indonesia yang diantaranya adalah Ketua Dewan Syuro Masjid Jogokariyan, Pakar Management Masjid, Muhammad Jazir; Owner PT Saliman Riyanto, Pendiri Masjid Suciati Saliman Sleman Yogyakarta, Suciati Saliman; Chairman PT Polowijo Gosari Group, Pendiri Masjid Akbar Moed’har Arifin Gresik, Achmad Djauhar Arifin; dan Pendiri Masjid Siti Aisyah Solo, Setiyo Joko Santoso.
SEVP Bisnis Ritel & Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi, berharap peserta dalam acara ini bisa ikut dalam business matching sehingga efeknya bisa meningkatkan pemberdayaan ekonomi. “Narasumber yang hadir menceritakan kisah sukses membangun masjid dan bisnis sendiri,” kata Iwan.
Workshop Nasional Manajemen Masjid ini diikuti oleh 300 orang peserta perwakilan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dari 150 masjid yang tersebar di berbagai daerah baik dari Sumatera, Jawa, Kalimantan Maupun Sulawesi.
Muhammad Jazir mengatakan salah satu kesuksessan Masjid Jogokariyan merupakan kesatuan nilai kesukuan, kebangsaan dan keagamaan. “Kesadaran nilai ini harus ditumbuhkan sehingga tidak ada benturan budaya antara keislaman dan keindonesiaan,” kata Jazir.
Masjid Jogokariyan berada di Kampung Jogokariyan, kampung abdi dalem yang memiliki dasar-dasar budaya Jawa yang kuat. Oleh karena itu, kehadiran Islam tidak untuk menghapus identitas budaya yang ada tapi dibangun sebagai dasar kesadaran untuk mengaplikasikan Islam secara sempurna.
Dalam acara ini juga dilaksanakan penyerahan simbolis BNI Deposito iB Hasanah senilai Rp 400 juta sebagai simbol pembukaan deposito kepada Ketua yayasan Angkatan Muda Masjid dan Mushola, Erwis. Diharapkan kedepan, Workshop Nasional Pelatihan Management Masjid bisa semakin meningkatkan proses business matching yang dilandasi spirit membangun ekonomi syariah berbasis masjid untuk kemaslahatan umat.
Tentang BNI Syariah
BNI Syariah bermula sebagai Unit Bisnis Strategis bagian dari BNI yang mulai beroperasi sejak 29 April 2000. Pada 19 Juni 2010 status BNI Syariah meningkat menjadi Bank Umum Syariah (BUS). Komposisi kepemilikan saham BNI Syariah adalah 99,94% dimiliki oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan sisanya dimiliki oleh PT BNI Life. BNI Syariah senantiasa mendapatkan dukungan teknologi informasi dan penggunaan jaringan saluran distribusi infrastruktur BNI Induk diantaranya layanan lebih dari 16.000 ATM BNI, ditambah ribuan jaringan ATM Bersama, ATM Link Himbara serta ATM berlogo Maestro dan Cirrus di seluruh dunia, fasilitas 24 jam BNI Call (021-1500046), SMS Banking, dan BNI Internet Banking. Saat ini BNI Syariah telah didukung oleh jaringan yang cukup luas di seluruh Indonesia yaitu 349 outlet syariah yang tersebar di seluruh Indonesia, serta didukung oleh lebih dari 1.746 Outlet BNI yang melayani pembukaan rekening syariah. ***
Campaign #Pilihcarabaiknya
Saat ini BNI Syariah menggunakan campaign #pilihcarabaiknya sebagai komitmen untuk terus memberikan kebaikan bagi stakeholdersnya, dimana dalam hidupnya manusia dihadapkan dengan berbagai #pilihcarabaiknya sejak membuka mata di pagi hari hingga kemudian beristirahat di malam hari, sepanjang hidupnya manusia harus menentukan pilihan yang terbaik bagi hidup mereka. Melalui #pilihcarabaiknya, BNI Syariah ingin memperluas cakupan pasar dan menjangkau masyarakat yang lebih umum terutama milenial. Diharapkan bahasa komunikasi ini lebih mudah dimengerti dan langsung berkorelasi dengan target, salah satunya segmen milenial. Disini, BNI Syariah memberikan pandangan bahwa dari dua atau lebih pilihan yang baik, apapun pilihannya, cara baiknya bersama dengan BNI Syariah. Tidak hanya memilih produknya melainkan #pilihcarabaiknya untuk senantiasa berHasanah dalam kebaikan dunia dan akhirat.
Tentang Hasanah
Hasanah merupakan corporate campaign BNI Syariah yang memiliki makna “segala kebaikan” bagi diri sendiri, masyarakat, maupun bangsa dan Negara baik di dunia maupun di akhirat (QS. Al Baqarah 201). Hasanah merupakan sebuah nilai yang disarikan dari Al – Quran dan menjadi identitas BNI Syariah dalam menebarkan kebaikan melalui insan hasanah dan produk / layanannya. Cita – cita mulia yang ingin disampaikan melalui nilai Hasanah adalah kehadiran BNI Syariah dapat membawa kebaikan bagi seluruh pihak serta menjadi Rahmatan Lil’ Alamin. Hasanah didasari oleh Maqoshid Syariah yang berarti tujuan dari ditetapkannya syariah (hukum agama) yaitu untuk melindungi keyakinan, keberlangsungan hidup, dan hak asasi manusia terdiri dari lima hal yaitu menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga akal, menjaga keturunan dan menjaga harta.
Dewan Pengawas Syariah: Ketua: K.H. Ma’ruf Amin; Anggota: DR. Hasanudin M. AG.
Dewan Komisaris: Komisaris utama: Fero Poerbonegoro; Komisaris: Imam Budi Sarjito; Komisaris Independen: Max Niode; Komaruddin Hidayat*
Direksi: Direktur Utama: Abdullah Firman Wibowo; Direktur Bisnis: Dhias Widhiyati; Direktur Kepatuhan dan Risiko: Tribuana Tunggadewi; Direktur Keuangan dan Operasional: Wahyu Avianto; SEVP Bisnis Ritel dan Jaringan: Iwan Abdi.
*) belum efektif, masih dalam proses fit & proper test