HONG KONG, 29 Agustus 2019 – AIA Group Limited (“AIA”; atau “Perusahaan”; kode saham: 1299) melaporkan kinerja kuat di enam bulan pertama yang berakhir 30 Juni 2019 dengan pertumbuhan dua digit di metrik keuangan utama kami. Nilai bisnis baru (VONB) meningkat 20% berdasarkan kurs tetap, dibanding periode enam bulan sebelumnya yang berakhir 30 Juni 2018. Tingkat pertumbuhan berdasarkan kurs tetap adalah sebagai berikut:
Pertumbuhan nilai bisnis baru yang sangat kuat
- VONB tumbuh 20% menjadi US$2.275 juta
- Annualised new premiums (ANP) meningkat 9% menjadi US$3.443 juta
- Margin VONB naik 6,2 pps menjadi 65,6%
Hasil laba operasional yang kuat dan peningkatan imbal hasil
- Laba operasi setelah pajak (OPAT) naik 12% menjadi US$2.898 juta
- Laba operasi embedded value (EV) meningkat 11% menjadi US$4.523 juta
- Imbal hasil operasi EV (operating ROEV) naik 30 bps menjadi 17,3%
Alur kas dan posisi modal yang kuat
- Ekuitas EV sebesar US$61,4 miliar; EV sebesar US$59,7 miliar, naik US$5,2 miliar dari 31 Desember 2018
- Underlying free surplus generation sebesar US$2.804 juta, meningkat 15%
- Free surplus sebesar US$16,1 miliar, naik US$1,3 miliar dari 31 Desember 2018
- Rasio solvabilitas untuk AIA Company Limited (AIA Co.) sebesar 415% berdasarkan HKIO
Peningkatan dividen interim yang kuat
- Pertumbuhan dividen interim sebesar 14% menjadi 33,30 sen Hong Kong per saham
Ng Keng Hooi, Group Chief Executive and President, AIA, mengatakan:
“AIA terus menunjukkan rekam jejak pertumbuhan yang konsisten dengan membukukan peningkatan dua digit di metrik keuangan utama kami pada semester pertama 2019. Nilai bisnis baru meningkat 20% menjadi US$2.275 juta. Kami juga mencatat peningkatan laba operasional setelah pajak sebesar 12% dan pertumbuhan underlying free surplus generation sebesar 15%
“Jajaran Dewan mencatat peningkatan dividen interim sebesar 14% pada 2019 yang mencerminkan kinerja keuangan kami yang kuat dan menunjukkan optimisme kami terhadap outlook Grup.
“Bisnis AIA di Tiongkok merupakan segmen pasar dengan pertumbuhan terpesat dengan pertumbuhan VONB sebesar 34%. Saya juga senang dengan beroperasinya pusat penjualan dan layanan baru kami di Tianjin dan Shijiazhuang, Hebei pada akhir Juli. Bisnis kami di Hong Kong kembali mencatat kinerja kuat dengan peningkatan VONB sebesar 19%, sebagai hasil dari pertumbuhan luas di seluruh segmen nasabah dan saluran distribusi.
“Pertumbuhan VONB dalam bisnis kami di Thailand dan Malaysia didukung oleh fokus berkelanjutan kami dalam meningkatkan profesionalisme agen dan mengembangkan kemitraan bancassurance yang strategis. Di pasar kami lainnya, pertumbuhan VONB sebesar 17% merupakan kontribusi dari kinerja kuat di Australia, Filipina dan Vietnam.
“Distribusi keagenan AIA mencatat pertumbuhan VONB sebesar 21% sementara strategi Premier Agency kami meraih peningkatan dalam agen aktif dan produktivitas. Saya senang AIA dapat mempertahankan posisi nomor satu untuk anggota Million Dollar Round Table dengan 12.000 anggota terdaftar. VONB dari kemitraan bisnis kami meningkat 17%, didukung oleh pertumbuhan kemitraan bancassurance kami di seluruh wilayah.
“Pada Juni, AIA mendapat penghargaan sebagai Merek Asuransi Nomor Satu di Asia*. Brand promise kami yaitu Hidup Lebih Sehat, Lebih Lama, Lebih Baik dan memperkuat komitmen kami untuk menjadi mitra seumur hidup bagi nasabah kami. Kesuksesan AIA Vitality mencerminkan fokus kami yang berorientasi pada nasabah dan keanggotaan program wellness kami telah melampui 1,5 juta pada akhir Juni.
Kinerja kuat AIA pada semester pertama 2019 mencerminkan fokus konsisten kami dalam menerapkan prioritas strategis dan diperkuat oleh keuntungan kompetitif strategis kami di wilayah Asia Pasifik. Di tengah ketidakpastian pasar, model bisnis kami yang beragam, kuat dan berkualitas tinggi menempatkan AIA di posisi menguntungkan di pasar asuransi jiwa Asia di mana pertumbuhan tetap stabil.
Di perayaan 100 tahun AIA, kami tetap yakin terhadap outlook jangka panjang AIA. Kami akan terus berfokus dalam memberikan nilai berkelanjutan jangka panjang bagi para pemegang saham dan membantu jutaan nasabah kami Hidup Lebih Sehat, Lebih Lama, Lebih Baik.”
– Selesai –
Tentang AIA
AIA Group Limited dan anak perusahaannya (secara bersama-sama disebut sebagai “AIA” atau “Group”) merupakan kelompok perusahaan asuransi jiwa pan-Asia independen terbesar di dunia yang tercatat di bursa saham. AIA Group Limited memiliki anak perusahaan dan cabang yang beroperasi di 18 pasar di Asia Pasifik, yaitu Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Tiongkok, Korea, Filipina, Australia, Indonesia, Taiwan, Vietnam, Selandia Baru, Makau, Brunei, Kamboja, memiliki 97 persen saham anak perusahaan di Sri Lanka, 49 persen kepemilikan saham usaha patungan di India. Pada April 2019, AIA mendapat persetujuan untuk beroperasi di Myanmar dengan status kepemilikan 100%.
Bisnis yang kini dikenal dengan nama AIA, pertama kali didirikan di Shanghai hampir satu abad yang lalu pada 1919. AIA merupakan pemimpin pasar di wilayah Asia-Pasifik (kecuali Jepang) berdasarkan premi asuransi jiwa dan menduduki posisi terdepan di mayoritas pasarnya. AIA memiliki total aset sebesar USD256 miliar per 30 Juni 2019.
AIA memenuhi kebutuhan individu atas tabungan jangka panjang dan perlindungan dengan menawarkan produk dan layanan yang lengkap termasuk asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan asuransi kesehatan dan rencana tabungan. Selain itu, AIA juga menyediakan program kesejahteraan karyawan, asuransi jiwa kredit dan program pensiun bagi nasabah korporasi. Melalui jaringan keagenan, mitra dan karyawan di seluruh AsiaPasifik, AIA melayani lebih dari 34 juta polis individu dan lebih dari 16 juta peserta pemegang polis kumpulan.
AIA Group Limited tercatat di Main Board of The Stock Exchange of Hong Kong Limited dengan kode saham “1299” dan tercatat di American Depositary Receipts (Level 1) yang diperdagangkan di pasar OTC (dengan simbol ticker: “AAGIY”).
_ _ * Source: Campaign Asia, a major regional marketing publication, June 2019