Axinan Berkolaborasi dengan Bukalapak untuk Memberikan Solusi Perlindungan Digital bagi Masyarakat Indonesia

Sharing is caring!

Jakarta, Indonesia, 27 Agustus 2019 – Axinan, perusahaan insurtech (insurance technology) berbasis di Singapura, hari ini mengumumkan kemitraan mereka dengan perusahaan eCommerce terkemuka di Indonesia, Bukalapak. Sinergi antara Axinan dan Bukalapak menandai kolaborasi pertama antara kedua pihak, menggabungkan kemampuan teknologi yang dimiliki Axinan dengan pengalaman Bukalapak yang menjadi salah satu pionir eCommerce lokal. Kedua perusahaan berkolaborasi di bidang perlindungan elektronik dan pengiriman barang, dengan Sompo Insurance Indonesia (Sompo Indonesia) sebagai penanggung asuransi.

Kemitraan ini memberikan solusi bagi pelapak dan konsumen di platform Bukalapak. Dengan fitur harga dinamis yang dapat disesuaikan dan manajemen klaim yang sudah menggunakan sistem digital. Melalui igloo, produk Axinan, konsumen yang berbelanja di platform Bukalapak kini dapat memilih untuk mengasuransikan barang belanjaan mereka dari kerusakan atau kehilangan saat pengiriman. Selain itu, konsumen dapat memilih perlindungan untuk ponsel, laptop, dan tablet ketika mereka membeli melalui platform Bukalapak – dengan beberapa kategori lagi yang akan diluncurkan setelah peluncuran resmi.

Menurut laporan dari Google dan Temasek tentang ekonomi digital di Asia Tenggara, bisnis eCommerce ASEAN diperkirakan akan meningkat lebih dari tiga kali lipat , di mana untuk Indonesia, pasar perdagangan online diproyeksikan akan meroket dari pengeluaran US $ 8 miliar pada tahun 2017 menjadi US$ 65 miliar pada tahun 2022 . Mengutip laporan yang sama, Brink News (layanan berita digital dari firma riset Marsh & McLennan Insights) mencatat bahwa perubahan model distribusi asuransi di Asia, peningkatan penetrasi seluler di ASEAN dan populasi kelas menengah yang mengerti teknologi adalah faktor pendorong utama dalam pertumbuhan industri asuransi digital . Dengan pasar eCommerce lokal yang terus tumbuh, layanan pelengkap seperti pengiriman juga akan turut meningkat dengan sendirinya. Namun, risiko yang terkait dengan barang selama pengiriman kurang diperhitungkan oleh pihak ritel, sehingga perlu ditanggung oleh konsumen.

Menanggapi kebutuhan akan solusi dari hal tersebut, Wei Zhu, Pendiri dan CEO Axinan, mengatakan, “Dengan boomingnya eCommerce di Indonesia, ada kebutuhan yang kami sadari muncul akibat risiko yang melekat dengan pasar eCommerce, yaitu kerusakan dan kehilangan dalam pengiriman barang. Kami secara aktif berupaya untuk memenuhi kebutuhan ini dengan partner asuransi kami, Sompo Insurance Indonesia. Kami memastikan bahwa produk asuransi yang dibuat akan mudah digunakan,, dapat diakses oleh siapapun, dan selalu tersedia bagi konsumen yang paling membutuhkan. Dengan berkolaborasi bersama Bukalapak, kami dapat memanfaatkan jaringan konsumen mereka yang luas, sehingga kami dapat menawarkan solusi kami kepada konsumen yang lebih luas.”

Victor Lesmana, Director of Payment, Fintech, and Virtual Products, Bukalapak mengatakan, “Kami sangat senang dapat bermitra dengan Axinan untuk memberi konsumen kami pengalaman berbelanja dengan mudah. Selain itu, klaim yang sepenuhnya digital melalui Axinan akan memungkinkan kami untuk memberi konsumen pengalaman berbelanja yang mudah, aman, dan nyaman, sejalan dengan misi kami yang bertumpu pada inovasi teknologi yang diciptakan untuk memfasilitasi pemenuhan kebutuhan konsumen. Kemitraan ini sangat tepat dan akan memberi kami keunggulan kompetitif karena kami dapat memenuhi kebutuhan konsumen kami.”

Raunak Mehta, Chief Commercial Officer, Axinan mengatakan, “Kami sangat senang melihat sinergi antara Axinan dan Bukalapak, kami berharap akan menciptakan dampak besar dalam lanskap e-commerce Indonesia. Dengan tujuan bersama untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia, terutama yang paham teknologi dan menggunakan platform digital dalam banyak aspek kehidupan mereka, kami menantikan kemitraan yang lebih jauh dengan Bukalapak – dimulai dengan asuransi gadget dan asuransi pengiriman kami serta lebih banyak solusi inovatif lainnya di masa yang akan datang.”

Kedua perusahaan memiliki rencana untuk memperluas jangkauan solusi yang mereka berikan, terutama di bidang perlindungan gadget. Berkantor pusat di Singapura, Axinan beroperasi di Australia, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan kantor pengembangan di Cina dan Taiwan.

Tentang Axinan
Axinan adalah perusahaan insurtech (insurance technology) berbasis di Singapura yang menyediakan platform digital untuk ekonomi digital. Memanfaatkan big data, penilaian risiko secara real-time dan klaim secara digital, bermitra dengan toko online dan perusahaan asuransi untuk menyediakan produk asuransi sesuai permintaan dan dapat disesuaikan.
Sejak didirikan, Axinan telah mengembangkan solusi yang menawarkan asuransi pengiriman alat elektronik untuk platform ecommerce – dibangun dengan perangkat manajemen risiko yang real-time, menggunakan big data, manajemen risiko aktuaria, dan machine learning – mengeluarkan premi dinamis sesuai dengan risiko masing-masing yang diperhitungkan. Axinan telah menawarkan solusi ini melalui kemitraan dengan marketplace besar seperti Bhinneka, Bukalapak, Lazada, Shopee, T-mall dan platform terkemuka lainnya.

Tentang Bukalapak
Bukalapak (PT Bukalapak.com) merupakan salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia yang menyediakan layanan pasar daring dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Bukalapak resmi menjadi salah satu unicorn asal Indonesia pada tahun 2017. Bukalapak kini lebih dari sekedar marketplace, melalui pemanfaatan teknologi Bukalapak memberikan solusi dan menjadi bagian dari gaya hidup para penggunanya. Bukalapak memiliki visi untuk menaikkelaskan UKM di seluruh Indonesia dan memperluas literasi digital di Indonesia demi membangun bangsa.
Di 2016 lalu, Bukalapak menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya, yang diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo sebagai bentuk penghargaan Negara atas jasa dan darma bakti kepada bangsa dan Negara sehingga bisa dijadikan teladan bagi orang lain. Saat ini Bukalapak memiliki lebih dari empat juta pelapak di seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi: http://bukalapak.com/

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *