Warning: mysqli_query(): (HY000/1114): The table '(temporary)' is full in /home/u6998656/public_html/wp-includes/class-wpdb.php on line 2345
Jakarta, 7 Agustus 2019 – Menutup semester pertama 2019, Citibank N.A., Indonesia (Citibank) berhasil mempertahankan kinerja dan pertumbuhan positif dengan membukukan laba bersih sebesar Rp 1,6 triliun, meningkat 97% dari periode yang sama tahun lalu.
Pertumbuhan laba bersih memberikan kontribusi pada peningkatan Return on Equity (ROE) menjadi 20,14%, meningkat dari 10,31% pada semester I 2018 dan Retun on Asset (ROA) menjadi 4,97%, meningkat dari 2,88% di periode yang sama tahun lalu.
Rasio permodalan dan kualitas aset tetap terjaga dengan baik dengan Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) sebesar 24,56% dan rasio Gross dan Net Non Performing Loan masing-masing sebesar 2,29% dan 0,44%. Selain itu, Citibank juga mempertahankan rasio lending-to-funding (RIM) yang solid sebesar 79,2%.
Chief Executive Officer Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi mengatakan, “Kinerja yang baik ini merupakan hasil dari komitmen kami untuk memberikan yang terbaik kepada para klien, menciptakan nilai ekonomi serta bertanggung jawab secara sistemik dalam kerangka kerja manajemen risiko yang kami miliki.”
Di lini Institutional Banking, Global Subsidiaries Group kami memiliki pangsa pasar yang kokoh di Indonesia untuk segmen Multi National Corporations (MNCs) melalui inisiatif Asia-to-Asia yang mempromosikan investasi ke Indonesia oleh perusahaan multinasional di Asia. Dalam Treasury and Trade Solutions, Citibank mendemonstrasikan untuk menjadi yang terbaik bagi para klien kami dengan berpartisipasi dalam seminar berskala internasional yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, yaitu “Digital Transformation for Indonesian Economy”, guna membahas konvergensi industri ke dalam ekosistem yang menggerakkan transformasi digital.
Di lini Consumer Banking, kami terus memberikan mobile-first mindset dan membangun platform digital yang kuat untuk nasabah kami di Retail Banking, Credit Cards dan Wealth Management melalui platform CitiMobile. Di Retail Banking, Citibank memperkenalkan program rujukan khusus dengan konsep Citigold Circle dimana nasabah dapat berbagi pengalaman mereka dengan layanan Citigold kepada keluarga dan teman-teman, dan mendapatkan reward. Program ini telah menjadi penggerak yang berkontribusi terhadap lebih dari 40% dari total akuisisi nasabah baru. Di Wealth Management, kami telah memperkenalkan Future Wealth Assurance bagi nasabah untuk menghasilkan diversifikasi portofolio produk. Citibank juga mendapatkan penghargaan sebagai “Wealth Management Platform of the Year – Indonesia” dari Asian Banking and Finance Awards. Untuk Credit Cards, mulai Mei 2019 pelanggan kartu kredit Citibank dapat menikmati penukaran poin Citi Rewards mereka ke Air Asia Big Points langsung di situs web Air Asia.
Di Corporate Social Responsibility (CSR) / Kegiatan Sosial Kemasyarakatan, melalui Citi Peka (Peduli dan Berkarya), kami telah mengumumkan para pemenang Citi Microentrepreneurship Awards (CMA) untuk Halaman 2 dari 3 periode 2018-2019. Dalam tahun ke-14 pelaksanaannya, CMA telah menerima pendaftaran dari 13.000 pengusaha mikro Indonesia dan memberikan penghargaan kepada lebih dari 240 pengusaha mikro dan 12 lembaga keuangan mikro. Citibank juga menyelenggarakan “Creative Youth at Indonesia’s Heritage Sites Program” bersama dengan mitra pelaksana, UNESCO Office Jakarta, untuk memberdayakan 400 wirausaha muda guna memanfaatkan peluang mata pencaharian yang ditawarkan dari situs warisan dunia dan tujuan wisata popular di Indonesia seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan (Jawa Tengah), Danau Toba (Sumatera Utara), dan Kota Tua (Jakarta).
Masih berfokus kepada generasi muda, Citibank dan Indonesia Business Links mengadakan penutupan Skilled Youth Program tahap III yang dihadiri oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Prof. Dr. Bambang P.S. Brodjonegoro. Program ini mampu melibatkan 384 pemuda di wilayah industri, guna membekali mereka dengan soft skills dan hard skills untuk pemberdayaan ekonomi dan pembangunan kapasitas generasi muda.
“Beragam pencapaian positif yang telah kami lakukan pada semester pertama 2019 ini akan menjadi tolok ukur bagi kami dalam melanjutkan kinerja yang baik hingga akhir tahun ini. Kami ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh karyawan, mitra bisnis, klien, dan pemangku kepentingan Citibank atas kerja sama dan kepercayaan yang telah diberikan. ” tutup Batara.
Tentang Citibank Indonesia
Citibank Indonesia adalah cabang yang dimiliki secara penuh oleh Citigroup, Inc – New York, Amerika Serikat. Di Indonesia, Citibank telah berdiri sejak tahun 1968 dan merupakan salah satu bank berjaringan internasional terbesar di negara ini. Citibank mengoperasikan 10 cabang di enam kota besar – Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, dan Denpasar. Di Indonesia, Citibank memiliki jaringan transaksi konsumen sekitar 33.000 titik pembayaran dan jaringan distribusi korporasi sekitar 6.000 lokasi di 34 provinsi. Citibank N.A., Indonesia tersambung dalam jaringan ATM Bersama dengan lebih dari 70.000 terminal ATM yang tersebar di berbagai lokasi di seluruh wilayah Indonesia.
Di tahun 2018, Citibank Indonesia mendapatkan penghargaan bergengsi sebagai Best International Bank in Indonesia dari Finance Asia, Best Bank-Global in Indonesia, Best Bond Adviser-Global in Indonesia, Best Digital Bank in Indonesia, Best Retail Mobile Banking Experience dari majalah the Asset, Digital Banking Initiative of the Year-Indonesia dari Asian Banking and Finance, serta Innovative Company in Digital Services di kategori Foreign Bank dari Warta Ekonomi. Di tahun 2017, Citibank Indonesia mendapatkan penghargaan bergengsi sebagai Best Corporate/Institutional Digital Bank dan Best Consumer Digital Bank dari Global Finance Magazine, Best of the Best Philanthropy, Best Employee Volunteering dan Best Social PR Program dari Mix Magazine, Best Foreign Bank di Indonesia dari Finance Asia, Bank dengan Kepatuhan Pelaporan Terbaik di Kategori LLD (Lalu Lintas Devisa) dan DHE (Devisa Hasil Ekspor) dari Bank Indonesia, The Asset Asian Triple-A Awards sebagai Best e-Bank in Indonesia, Best Bank – Global in Indonesia, Best Corporate and Institutional Bank – Global in Indonesia, Best Corporate Bond in Indonesia, dan Best Liability Management in Indonesia serta Best Perform in Custodian Bank dan Indonesia Digital Innovation Award 2017 di kategori Bank Asing dari majalah Warta Ekonom