Jasa Marga Raih The Best Indonesia Risk Management 2019 Sebagai Wujud Konsistensi Terapkan Manajemen Risiko dengan Baik

Bali (04/08), PT Jasa Marga (Persero) Tbk. meraih penghargaan dalam Indonesia Enterprise Risk Management Award (IERMA) III-2019 yang digelar oleh Majalah Economic Review. Jasa Marga berhasil meraih peringkat satu The Best Indonesia Risk Management 2019 untuk kategori Public Company (State Owned Enterprises — BUMN — Persero). 

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Juri IERMA Dr. Dewi Hanggraeni kepada Risk & Quality Management Group Head Jasa Marga Mery Natacha Panjaitan di Hotel Nusa Dua Beach, Bali, Sabtu (03/08). 

Penganugerahan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi tertinggi kepada Perusahaan yang telah sukses menjalankan Penerapan Manajemen Risiko dengan baik. 

Acara ini turut dihadiri oleh Asisten Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian BUMN M. Khoerur Roziqin dan Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non-Bank OJK M. Ihsanuddin. 

Dalam sambutannya, Roziqin menyatakan bahwa “BUMN membutuhkan praktisi-praktisi ahli di bidang manajemen risiko yang memiliki fungsi menjaga BUMN sehingga dapat menjadi BUMN yang tangguh di setiap kondisi terlebih di era disruption saat ini”. 

Sementara itu, Ihsanuddin berharap bahwa acara pemberian penghargaan yang dilakukan ini dapat menjadi pemicu bagi seluruh industri agar dapat mempersiapkan diri dengan baik terutama dalam hal penerapan risk management. 

Prestasi ini diraih oleh Jasa Marga berdasarkan penilaian dewan juri yang terdiri dari berbagai pakar dan praktisi di berbagai institusi, terhadap kinerja perusahaan dalam mengelola risiko. Diantaranya adalah bagaimana Perusahaan dapat mengidentifikasi sumber risiko serta mengukur besarnya risiko perusahaan. Selain itu, sebuah perusahaan harus memiliki kebijakan dan prosedur manajemen risiko serta menetapkan batasan risiko. 

Mery selaku Risk & Quality Management Group Head Jasa Marga yang membawahi Manajemen Risiko Perusahaan akan terus meningkatkan peranannya dalam pengembangan penerapan Enterprise Risk Management di Jasa Marga. 

“Hal ini juga selaras dengan komitmen manajemen Jasa Marga, salah satunya dengan selalu berinovasi dalam metode sosialisasi manajemen risiko secara berkala sebagai upaya meningkatkan risk awareness di Jasa Marga, karena risiko bukan sesuatu yang harus dihindari tetapi harus dihadapi secara tepat dengan mitigasi yang akurat,” jelas Mery. 

Selain Jasa Marga, acara penganugerahan yang diselenggarakan ketiga kalinya oleh Majalah Economic Review ini dihadiri pula oleh perwakilan Perusahaan dari berbagai sektor industri, baik perusahaan publik, BUMN, ataupun swasta. 

Penghargaan yang diraih dari IERMA III-2019 ini sekaligus menambah deretan penghargaan yang diraih oleh Jasa Marga. Termutakhir pada akhir Juli lalu, Jasa Marga meraih apresiasi pencapaian terbaik untuk Manajemen Layanan Informasi Yang Informatif, Inovatif dan Responsif dari Pemerintah RI pada periode arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *