Jakarta, 5 Agustus 2019. Dalam rangka mendukung kemajuan perbankan syariah di Indonesia, PT Bank Danamon Indonesia Tbk hari ini meresmikan Kantor Cabang Syariah baru di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No. 440 Palembang, kantor cabang Syariah yang terlingkup bersama Gedung Bank Danamon BDS Palembang Sudirman ini akan melayani nasabah dan masyarakat umum terkait aneka kebutuhan perbankan Syariah. Acara peluncuran kantor cabang disaksikan oleh perwakilan Bank Indonesia Palembang Ibu Yunita Resmi Sari, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Palembang Bapak Panca Hadi Suryanto, serta Manajemen Bank Danamon. Cabang baru ini memperkuat komitmen Bank untuk semakin dekat dengan nasabah dan masyarakat bersama dengan lebih dari 1.170 jaringan kantor cabang konvensional, unit Syariah dan kantor cabang anak perusahaan yang ada saat ini.
“Bank Danamon menyadari peran strategis dari kemajuan perbankan syariah di Indonesia sebagai salah satu kekuatan potensial untuk pembangunan bangsa. Peresmian Kantor Cabang Syariah ini adalah bentuk komitmen kami untuk mewujudkan hal tersebut, bersama dengan kekuatan jaringan Danamon yang saat ini tersebar di seluruh Indonesia. Beragam produk dan layanan syariah Bank Danamon yang dihadirkan harapannya dapat semakin meningkatkan minat dan kepercayaan masyarakat terhadap kami sekaligus industri perbankan syariah di tanah air,” ujar Direktur Syariah Bank Danamon, Herry Hykmanto.
Inisiatif pembukaan cabang ini akan memperkuat pertumbuhan perbankan syariah Danamon kedepan. Sampai dengan akhir semester pertama tahun 2019, unit usaha syariah Danamon mencatatkan kelolaan aset senilai Rp 4,7 triliun, atau tumbuh sebesar 13% dari periode yang sama tahun lalu. Sedangkan kontribusi pendapatan bersih setelah pajak per Semester I 2019 adalah sebesar Rp 48,5 miliar atau naik 5% secara setahunan.
Berlokasi di jantung kota Palembang, Kantor Cabang Syariah melengkapi layanan Bank Danamon yang sebelumnya tersedia untuk perbankan konvensional. Beragam produk dan layanan perbankan Syariah disediakan oleh Bank Danamon seperti setoran haji, perencanakan haji, perencanaan Umrah, Qurban, asuransi Syariah dan lain-lain. Selain itu, tersedia juga produk Pembiayaan Pemilikan Rumah Syariah (PPR Syariah) dan pembiayaan untuk usaha.
“Salah satu layanan Danamon Syariah adalah penerimaan setoran haji, dimana nasabah calon jemaah haji Palembang bisa mendaftar haji di cabang Danamon terdekat sesuai wilayah domisili. Kami juga mengajak masyarakat Palembang untuk mempersiapkan haji sejak dini, dengan menabung melalui tabungan perencanaan Haji Danamon Syariah. Harapannya nanti bisa berangkat Haji di usia muda,” tambah Herry.
Kehadiran kantor cabang Syariah di Palembang juga diikuti dengan pembukaan Layanan Syariah (Office Channeling) di cabang konvensional lainnya, yaitu Bank Danamon Palembang-Mesjid Lama, Batu RajaAkmal, Lubuk Linggau-Garuda, Prabumulih-Sudirman, Lahat-Pagar Alam, Pangkal Pinang-Mesjid Jamik dan Palembang-Basuki Rahmat. Pada lokasi tersebut, masyarakat dapat menikmati produk dan layanan Perbankan Syariah, seperti pembukaan rekening tabungan maupun layanan lainnya. Inisiatif ini diharapkan dapat lebih mendekatkan layanan perbankan Syariah kepada masyarakat untuk kemudahan dan kenyamanan nasabah. Danamon Syariah saat ini memiliki 11 Kantor Cabang Syariah, serta didukung oleh Office Channeling di lebih dari 400 cabang konvensional.
TENTANG BANK DANAMON
PT Bank Danamon Indonesia Tbk yang berdiri sejak 1956, per 30 Juni 2019 mengelola aset sebesar Rp199 triliun bersama anak perusahaannya, yaitu PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance) dan PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance). Dalam hal kepemilikan saham, 94,1% saham Bank Danamon dimiliki oleh MUFG Bank, Ltd. dan 5,9% dimiliki oleh publik.
Bank Danamon didukung oleh 1.179 jaringan kantor cabang konvensional, unit Syariah dan kantor cabang anak perusahaannya serta lebih dari 60.000 jaringan ATM Danamon, ATM Bersama, PRIMA dan ALTO yang tersebar di 34 provinsi. Selain jaringan fisik, layanan Danamon juga dapat diakses melalui Danamon Online Banking, aplikasi D-Bank, D-Card, serta SMS Banking.
Bank Danamon merupakan penerbit kartu debit, kartu ATM dan Kartu Kredit Manchester United di Indonesia serta penerbit kartu kredit American Express. Dengan beragam produk keuangan seperti Danamon Lebih, FlexiMax, Tabungan Bisa iB, Dana Pinter 50, KAB Bisa, dan Asuransi Primajaga, Danamon siap melayani kebutuhan nasabah dari berbagai segmen.
Danamon menerima penghargaan “Highly Recommended Complete Product & Fast Approval” dari Property Indonesia Award 2019, acuan properti terkemuka di Indonesia. Terkait layanan nasabah, Bank menerima penghargaan dari Infobank Banking Service Excellence Awards 2019 untuk Pelayanan Menyeluruh, termasuk Peringkat Satu Layanan Teller & SMS Banking serta Peringkat Dua Pembukaan Rekening via Aplikasi Mobile. Sebelumnya Bank Danamon juga menjadi Best Digital Bank Indonesia pada ajang Asiamoney Best Bank Award 2018 di Beijing.