Antusiasme masyarakat bepergian menggunakan kereta api semakin tinggi. Hal tersebut tentu bukan tanpa sebab. Banyak pertimbangan sehingga masyarakat lebih memilih kereta api sebagai moda transportasi untuk jalan-jalan.
Kemudahan memesan tiket kereta api, bisa di mana dan kapan pun. Hanya bermodalkan smartphone, lalu buka KAI Access dan pesan tiketnya.
Bisa juga pemesanan tiket melalui chanal penjualan online tiket kereta api yang bekerja sama dengan KAI. Jadi, tidak perlu repot-repot lagi pergi ke stasiun dan mengantre untuk memesan tiket kereta api.
Terdapat fitur tambahan e-boarding pass bila kita melakukan pembelian tiket via KAI Access. Kita hanya perlu menunjukkan barcode kepada petugas untuk dipindai saat boarding. Hal tersebut juga menambah kepraktisan dan memangkas waktu karena tidak perlu mencari mesin cetak tiket mandiri (CTM) di stasiun.
Tidak hanya kemudahan pembelian tiket, KAI saat ini terus menambah berbagai fasilitas guna meningkatkan kualitas layanan kepada penumpang. KAI secara bertahap pun terus memperlengkapi fasilitasnya dengan pelayanan ramah anak. Layanan tersebut antara lain ruang menyusui dan area bermain anak yang tersedia di stasiun – stasiun.
Fasilitas ruang menyusui bagi ibu yang sedang membawa bayi/balita saat akan melakukan perjalanan dengan kereta api dirasa penting keberadaannya di stasiun. Penyediaan ruangan ini memberikan privasi bagi ibu saat menyusui.
Hal ini juga sebagai bentuk dukungan KAI bagi para ibu untuk dapat menyusui bayi secara eksklusif sehingga mampu meningkatkan kesehatan dan kecerdasannya. Setiap anak-anak berhak memperoleh ASI di manapun dan kapanpun.
Begitupun ruang bermain anak yang tersedia di beberapa stasiun, Salah satunya di Stasiun Purwokerto. Pengguna kereta api dapat memanfaatkan ruang bermain anak saat menunggu kedatangan kereta sehingga anak-anak tetap nyaman saat menunggu keberangkatan.
Keberadaan area bermain anak di stasiun merupakan salah satu upaya KAI mewujudkan kenyamanan lebih bagi penumpang, khususnya anak-anak. Hal ini sebagai bentuk sumbangsih KAI dalam menciptakan lingkungan layanan publik yang senantiasa ramah bagi anak-anak agar mereka selalu gembira.
Itu sesuai dengan slogan Hari Anak Nasional tahun 2019, yang telah ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yaitu Kita Anak Indonesia, Kita Gembira
Keberadaan fasilitas tersebut pun membuat anak dapat beralih dari gadget selama menunggu waktu keberangkatan kereta api dan memilih untuk bergerak lebih aktif bermain di area khusus itu. Saat bermain di area itu, anak-anak juga dapat mengembangkan kemampuan sosial.
Secara bertahap, layanan serupa diharapkan dapat hadir di stasiun-stasiun lain. “KAI juga senantiasa mengutamakan keselamatan dan kenyamanan para penumpangnya, termasuk anak-anak. Hal ini salah satunya terwujud dengan penerapan aturan tiket Rp0 bagi penumpang anak usia 0-3 tahun yang dipangku orangtua atau tidak mengambil tempat duduk sendiri. Tiket tersebut dapat diminta kepada petugas loket sebelum boarding dengan menunjukkan boarding pass orangtuanya.
Hari ini, tanggal 23 Juli 2019, PT KAI Daop 5 Purwokerto mengundang anak-anak TK dari beberapa sekolah, diundang naik KA Gratis serta untuk diberikan pembelajaran dan agar lebih mengenal dan memahami dunia perkeretaapian. “Agar mereka sedini mungkin dapat lebih mengenal kereta api,” demikian disampaikan Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto.
Pada kesempatan ini, selain memberikan edukasi di stasiun, mengajak mereka naik KA Joglosemarkerto dari stasiun Purwokerto menuju stasiun Bumiayu, dan kembali KA Sawunggalih dari stasiun Bumiayu menuju stasiun Purwokerto. Sebanyak 50 anak dan guru dari TK Bina Anak Sholeh Purwokerto dan TK Bina Cita Bangsa Purbalingga, diajak naik KA Gratis.
KAI juga hadir di sekolah sekolah dilingkungan jalur KA, untuk memberikan pengetahuan dan wawasan terkait dengan bahaya vandalisme, seperti pelemparan dan perusakan fasilitas kereta api, dan bahaya jika bermain atau beraktivitas di sekitar rel. Hal ini dilakukan demi keselamatan perjalanan kereta api dan keselamatan anak-anak.
“Secara bertahap, KAI akan terus berupaya menghadirkan layanan yang menjawab kebutuhan penumpangnya, termasuk penumpang anak-anak. Kami tentu berharap kereta api menjadi transportasi massal yang melekat di hati anak-anak dan dicintai hingga mereka bertumbuh dewasa. Dengan demikian, mereka memiliki kenangan perjalanan yang menyenangkan bersama kereta api. Selamat Hari Anak Nasional!
Semoga anak-anak Indonesia bertumbuh dan berkembang menjadi anak-anak kebanggaan keluarga dan bangsa Indonesia,” demikian pesan yang disampaikan Direktur utama PT KAI, Edi Sukmoro dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional tahun 2019. (Humas KAI Daop 5 Purwokerto)