Jakarta, 8 Juli 2019; Di tengah meningkatnya penggunaan media sosial seperti saat ini, masyarakat kini juga menggunakan media sosial sebagai alat untuk mencari informasi atau memperdalam pengetahuan, tidak terkecuali informasi terkait perencanaan keuangan sehat. Melihat kondisi tersebut, kali ini kali ini Asuransi Astra ajak sahabat influencer sebagai key opinion leader berbagai kanal media sosial untuk belajar bersama menyusun perencanaan keuangan sehat melalui talkshow dengan tema “Setting Up Your Healthy Financial”. Talkshow yang diadakan di Ruci’s Joint Jakarta ini juga ditujukan sebagai dukungan Asuransi Astra terhadap upaya OJK dalam meningkatkan tingkat edukasi, literasi, dan inklusi masyarakat Indonesia.
Tak sendiri, kali ini Asuransi Astra menggandeng konsultan keuangan independen, Jouska Indonesia untuk dapat berbagi kiat-kiat menyusun perencanaan keuangan sehat kepada sahabat influencer. Dalam talkshow yang dibawakan oleh Dewi Syahputri, selaku financial advisor dari Jouska Indonesia ini sahabat influencer disadarkan akan pentingnya perencanaan keuangan demi kehidupan yang lebih bahagia dari saat ini hingga masa tua nanti.
Dalam presentasinya, Dewi menjelaskan bahwa menabung, investasi, menjalankan bisnis lain di luar pekerjaan yang dilakukan sehari-hari, dan menggunakan manajemen pengelolaan risiko melalui asuransi merupakan faktor-faktor penting yang harus diperhatikan untuk dapat memulai perencanaan keuangan yang sehat. Sadar bahwa asuransi merupakan hal yang masing asing dan dikesampingkan bagi sebagian besar sahabat influencer, Dewi juga memberikan beberapa tips dalam memilih asuransi yang benar-benar bisa diandalkan. Seperti keterbukaan akan informasi detail tentang produk, harga, pertanggungan yang akan di dapat, hingga berbagai layanan tambahan seperti call center dan layanan darurat.
Dan berbagai karakter asuransi terpercaya tersebut tentunya dimiliki Asuransi Astra melalui berbagai produknya seperti asuransi mobil Garda Oto yang siap melindungi mobil kapanpun dan di manapun serta HappyOne.id dengan empat produknya yaitu HappyMe, HappyHome, HappyEdu, dan HappyTrip yang dapat memberikan perlindungan atas diri, rumah, pendidikan, dan perjalanan liburan Anda dari berbagai resiko yang mungkin terjadi tanpa bisa Anda prediksi.
“Pengetahuan masyarakat Indonesia tentang asuransi memang masih minim dan hal ini menjadi tugas rumah bersama. Menurut OJK, di tahun 2017 indeks literasi asuransi di Indonesia baru mencapai 15,87%, lebih rendah daripada indeks literasi keuangan yang sudah mencapai 31% dengan tingkat penetrasi asuransi diklaim tidak lebih dari 3%. Padahal asuransi memiliki peran yang penting dalam perencanaan keuangan yang sehat karena bisa menghindarkan diri dari pengeluaran tidak terduga akibat risiko yang bisa terjadi di mana saja. Dari pada tiba-tiba dompet tipis, kan #TauGitu pakai asuransi”, ujar Laurentius Iwan Pranoto, SVP Communication, Event & Service Management Asuransi Astra.