Schneider Electric di Batam Ditetapkan Sebagai Proyek Percontohan Revolusi Industri 4.0 oleh World Economic Forum

Sharing is caring!

dok.hariansuara

Dalian (Republik Rakyat China), 3 Juli 2019 – Schneider Electric, perusahaan global dalam transformasi digital di pengelolaan energi dan otomasi, hari ini mengumumkan penetapan pabrik pintarnya di Batam sebagai Proyek Percontohan (Lighthouse) Revolusi Industri 4.0 oleh World Economic Forum di sela-sela kegiatan 13th Annual Meeting of the New Champions (AMNC). Pabrik Batam merupakan pabrik ketiga Schneider Electric yang memperoleh pengakuan, setelah sebelumnya pabrik Le Vaudreuil di Perancis dan pabrik Wuhan di China ditetapkan sebagai Lighthouse dan Developing Lighthouse pada 2018 lalu.

Pabik Pintar Batam jadi pembuka jalan bagi transformasi digital di Asia

Pabrik di Batam telah menerapkan berbagai teknologi Industrial Internet of Things (IIoT) yang mencakup sensor pintar, alarm prediction management, site benchmarking, dan augmented reality yang memberikan visibilitas yang lebih baik bagi staf operasional terkait kegiatan produksi, perawatan mesin, dan penggunaan energi. Bertujuan untuk mengurangi biaya perawatan sekaligus meningkatkan efisiensi peralatan secara keseluruhan, pabrik Batam sejauh ini dapat melakukan pengurangan downtime mesin sebesar 44 persen dalam kurun waktu satu tahun.

Selain itu, pabrik Batam juga memanfaatkan konvergensi IT / OT yang mengimplementasikan teknologi digital seperti manajemen perencanaan dan penjadwalan yang dapat memberikan informasi secara menyeluruh terkait permintaan, memungkinkan koordinasi yang lebih baik dengan seluruh mitra, dan meningkatkan keterlibatan semua pekerja, dan pada akhirnya meningkatkan ketepatan waktu pengiriman hingga 40 persen.

Dengan integrasi big data, cloud, dan teknologi IIoT, pabrik Batam membuka jalan bagi organisasi di Asia untuk memulai perjalanan transformasi digitalnya agar lebih hemat energi dan berkelanjutan dalam jangka panjang.

Yin Zheng, China President and Executive Vice President, Schneider Electric, bergabung dalam sesi khusus di AMNC untuk membahas manfaat dari forum global Lighthouse di era globalisasi ini. Menurut forum tersebut, Pabrik Pintar Schneider Electric di Batam adalah cerminan dari kesuksesan Schneider Electric dalam mengadopsi teknologi Revolusi Industri 4.0 pada skala global dan dengan dampak bisnis yang telah dicapai perusahaan hingga saat ini. Menjadi bagian dari jaringan global Lighthouse berarti Schneider Electric akan dapat berbagi pengetahuan dan praktik terbaik dengan sesama pelaku usaha dan terlibat dalam bentuk kolaborasi baru, seperti yang telah dilakukannya dengan Program Pabrik Pintarnya.

Strategi transformasi digital Schneider Electric “Tailored Sustainable Connected 4.0”

Hingga saat ini, Schneider Electric telah meluncurkan sembilan Pabrik Pintar di Amerika Serikat, Meksiko, China, Perancis, India, Indonesia, dan Filipina. Kesembilan pabrik pintar ini merupakan proyek utama strategi transformasi digital Schneider Electric Tailored Sustainable Connected 4.0 untuk keseluruhan rantai pasok. Perusahaan memanfaatkan platform dan arsitektur EcoStruxure yang mengintegrasikan seluruh operasional rantai pasoknya dan memberikan visibilitas secara menyeluruh (end-to-end) untuk meningkatkan kinerja operasional.

“Kami memahami betul nilai tambah yang diberikan oleh teknologi IIoT dan dampak positif yang dapat diperoleh dari inovasi dan digitalisasi terhadap kegiatan operasional kami – khususnya rantai pasok dalam skala global. Kami dapat berbagi pengalaman kepada pelanggan dengan memperlihatkan secara langsung bagaimana solusi EcoStruxure memberikan manfaat terhadap kegiatan operasional kami,” ungkap Mourad Tamoud, Executive Vice President, Global Supply Chain, Schneider Electric. “Melalui pabrik pintar ini, kami dapat mendemonstrasikan nilai tambah yang diperoleh secara real time, menunjukkan solusi yang diterapkan secara langsung, dan berbagi manfaat nyata yang didapatkan dari investasi solusi IIoT kami sendiri yang merupakan bagian dari strategi percepatan transformasi digital Tailored Sustainable Connected 4.0 di seluruh rantai pasok kami.”

Schneider Electric baru-baru ini menempati peringkat ke-11 dalam the Gartner Supply Chain Top 25 untuk 2019, dan juga memenangkan the 2019 Industrial Manufacturing Supply Chainnovator Award di Gartner’s 2019 Supply Chainnovator Awards, untuk “inisiatif rantai pasok yang modern, inovatif, dan berdampak signifikan terhadap industri manufaktur.

EcoStruxure, fondasi keberhasilan

Program Pabrik Pintar Schneider Electric dibangun di atas platform EcoStruxure, yang terdiri dari produk yang terhubung, edge control dan aplikasi, analitik serta layanan digital untuk membantu pembuat keputusan dan manajer mendigitalisasi operasional dengan cepat, hemat biaya, dan dengan pengembalian investasi yang cepat.

“Mengambil langkah pertama menuju transformasi digital mungkin tampak menakutkan, namun solusi EcoStruxure dengan arsitektur dan platform yang diperuntukan bagi industri memberikan kemudahan untuk memulai, mendigitalisasi mesin dan proses operasional sekaligus memaksimalkan pengembalian investasi di lingkungan yang berkembang pesat ini,” ucap Peter Herweck, Executive Vice President, Industrial Automation, Schneider Electric.

Tentang Schneider Electric

Di Schneider, kami percaya akses terhadap energi dan teknologi digital adalah hak asasi manusia. Kami memberdayakan semua untuk berbuat lebih banyak dengan usaha yang lebih sedikit, memastikan Life Is On untuk semua orang di mana saja dan kapan saja. Kami memberikan solusi digital pengelolaan energi dan otomasi untuk efisiensi dan keberlanjutan. Kami menggabungkan teknologi energi terdepan di dunia, otomatisasi secara real-time, perangkat lunak, dan layanan ke dalam solusi terintegrasi untuk Rumah, Bangunan, Pusat Data, Infrastruktur dan Industri. Kami berkomitmen untuk menciptakan kemungkinan tanpa batas bagi komunitas yang terbuka, global dan inovatif yang memiliki semangat yang sama dengan Nilai-Nilai Perusahaan antara lain Inklusif, dan Pemberdayaan. www.se.com

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *