Enduro Home Service Jawab Tantangan Pembangunan SDM Indonesia

Sharing is caring!

Cilacap, 27 Juni 2019 – Dalam upaya untuk turut berkontribusi terhadap perkembangan dan kemajuan pendidikan di Indonesia, PT Pertamina Lubricants, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang mengelola usaha pelumas otomotif dan industri domestik dan internasional hari ini meluncurkan Program CSR Enduro Home Service bertempat di Aula SMK N 2 Cilacap.

Peluncuran program ini ditandai dengan penandatanganan piagam program bersama antara PT Pertamina Lubricants dan SMKN 2 Cilacap dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis bantuan 15 set toolkit dan Pelumas Enduro Series kepada perwakilan instruktur dan perwakilan siswa kelas IX dan X SMKN 2 Cilacap oleh Manager Production Unit Cilacap Fathun Najib, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Wilayah X Banyumas Drs. Thohar, M.Si dan Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants Iwan Ridwan Faizal. Turut hadir dalam acara ini antara lain Kepala Sekolah SMKN 2 Cilacap, Para Kepala Sekolah SMK Program Binaan Link & Match PT Pertamina Lubricants di kota Cilacap.

Enduro Home Service merupakan program yang memadukan kompetensi yang diperoleh dari pembelajaran produktif di kelas dengan materi kewirausahaan. Secara teknis peserta program Enduro Home Service dibekali kompetensi mekanik, entrepreneurship, manajemen pemasaran dan sales technique. Outputnya berupa jasa layanan yang mampu dimanfaatkan dan membantu masyarakat yang membutuhkan jasa perbaikan atau servis ringan dari Enduro Home Service.

Enduro Home Service batch pertama ini melibatkan 150 siswa kelas XI dan kelas X yang mengikuti mata pelajaran kewirausahaan. Masing-masing siswa kelas XI ditugaskan untuk mencari 10 customer dan melakukan pendataan layanan sepeda motor yang diinginkan. Siswa lalu berkoordinasi dengan bengkel sekolah untuk dipinjamkan peralatan servis dan wearpack yang dapat digunakan saat melakukan layanan dari rumah ke rumah yang menjadi persyaratan kelulusan mata pelajaran kewirausahaan ini.

Program Enduro Home Service merupakan pengaplikasian program Link & Match Inisiasi dari Kementrian Perindustrian yang telah berjalan tahun ke-3 dimulai sejak 2017 yang melibatkan 7 SMK di Kota Cilacap binaan PT pertamina Lubricants yang mencakup mencakup SMK Muhammadiyah 4 Boyolali, SMK N 1 Wanareja, SMK N Karangpucung, SMK Tamtama 2 Sidareja, SMK Maarif 1 Kroya, SMK Dr.Soetomo, dan SMK N 2 Cilacap.

Irwan Ridwan Faizal selaku Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants menyampaikan, “Semoga melalui program Enduro Home Service ini dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar. Dan semoga Adik-adik peserta program dapat menekuni dunia entrepreneurship dengan lancar hingga menjadi wirausahawan yang sukses dimasa depan.”

Drs. Thohar, M.Si Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Wilayah X Banyumas menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat terutama PT Pertamina Lubricants dan menyampaikan bahwa program Enduro Home Service ini merupakan jawaban dari tantangan Gubernur yang menetapkan rencana pembangunan jangka menengah daerah Provinsi Jawa Tengan tahun 2019-2023 yang memprioritaskan pembangunan sumber daya manusia karena Provinsi Jawa Tengan saat ini memiliki 70% usia produktif. Dengan program ini diharapkan dapat diselaraskan kurikulum antara SMK dengan kebutuhan Industri.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *