Konsil Kedokteran Indonesia Adakan Rapat Koordinasi

Sharing is caring!

Yogyakarta, 17 Juni 2019 – Hari ini (17/6) Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional dalam rangka peningkatan kemitraan KKI dengan para pemangku kepentingan. Acara dilaksanakan di D.I Yogyakarta dan diikuti oleh perwakilan dari Kemenkes, Kementerian Ristek dan Dikti, Kominfo, Dinkes Provinsi, Kabupaten/Kota, Persi, Kolegium, IDI dan PDGI.

Tema yang diangkat adalah ”Pemantapan Kemitraan dalam Pengawalan Mutu Praktik Kedokteran sebagai Upaya perlindungan Masyarakat”.
Staf Ahli Menkes Bidang Hukum Kesehatan Kuwat Sri Hudoyo yang membuka acara ini, dalam sambutannya menyatakan bahwa seiring dengan berjalannya waktu, KKI telah menjaga mutu praktik kedokteran, akuntabilitas dari setiap pemangku kepentingan yang berkesinambungan.
”Tujuan Rakornas ini yaitu meningkatkan kemitraan dalam pengawalan mutu praktik kedokteran sebagai upaya perlindungan masyarakat melalui akuntabilitas para pemangku kepentingan agar tetap terjaga. Terciptanya koordinasi dan sinergi antar pemangku kepentingan terkait praktik profesi dokter dan dokter gigi sesuai lingkup tugas. Meningkatkan kemitraan dan masyarakat,” jelas Kuwat.

Selain itu, pertemuan ini dilaksanakan untuk menciptakan koordinasi dan sinergi antar pemangku kepentingan terkait praktik profesi dokter dan dokter gigi sesuai lingkup masing-masing, khususnya terkait kualifikasi tambahan dan sharedcompetency.

Tantangan besar saat ini adalah mewujudkan praktik kedokteran yang merata dan berkualitas. Keberadaan praktik kedokteran yang berkualitas dan merata memegang peran yang strategis bersama tenaga kesehatan lain dalam implementasi Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga untuk mewujudkan SDM Indonesia yang berkualitas.

”Salah satu terobosan untuk menjangkau fasilitas kesesehatan yang sulit dijangkau adalah Puskesmas aktif dengan melakukan kunjungan pada setiap keluarga agar bisa mendeteksi masyarakat,” terang Kuwat.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *