Apakah Perlu Siaran Pers Menganut Teknik Search Engine Optimization (SEO)?

Sharing is caring!

Apakah Perlu Siaran Pers Menganut Search Engine Optimization (SEO)? Pertanyaan ini mungkin pernah dilontarkan oleh para praktisi PR (public relations).

Di dunia Search Engine Optimization (SEO) saat ini, siaran pers akan memberikan lebih banyak nilai tidak langsung daripada nilai langsung. Nilai langsung datang ketika URL dari siaran pers itu sendiri memiliki peringkat di halaman hasil mesin pencari atau search engine results pages (SERP). Namun hal ini jarang terjadi siaran pers yang muncul di bagian “Berita” atau “News” dari pencarian Google dapat mengarahkan lalu lintas organik (organic traffic) ke situs web Anda, menghasilkan buzz dan kesadaran terhadap merek atau brand yang sedang dibicarakan di siaran pers.

“Harga tak bernilai” dari siaran pers sebenarnya erletak pada nilai tidak langsung. Jika siaran pers Anda memiliki konten yang unik, up-to-date, penting dan menarik perhatian, maka surat kabar, media online, atau blog memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengambil dan menjadikannya sebagai berita. Ketika mereka melakukannya, maka perusahaan Anda mendapatkan tautan emas itu, menyebutkan, kutipan, buzz, dan lalu lintas rujukan (referral traffic).

Berikut manfaat SEO lainnya yang berasal dari siaran pers meliputi:

  • Tautan alami dari sumber luar – membangun kembali tautan dan otoritas situs (site authority)
  • Visibilitas
  • Pengakuan Merek / Nama
  • Lalu lintas rujukan

Siaran pers atau press release adalah langkah pertama yang bagus untuk menjangkau pemirsa dari mana saja agar dapat mengetahui keberadaan atau update dari sebuah brand, lembaga, atau projek. Press release dengan SEO yang baik, dapat menarik perhatian dari media tradisional dan Google atau Yahoo News, dan membuat backlink berkualitas ke situs Anda.

Pembaca dapat menjadi pelanggan setia setelah memahami kisah di balik bisnis yang dipaparkan dalam sebuah siaran pers. Agar siaran pers bisa lebih “ramah” terhadap mesin pencari, maka diperlukan beberapa langkah strategis mulai dari inspirasi, pemanfaatan teknik SEO hingga metode pengiriman yang tepat.

  • Cari kata kunci Anda
  • Buat judul deskriptif
  • Tulis salinan Anda
  • Tulis “elevator pitch”* perusahaan Anda
  • Gunakan kata kunci sebagai tautan yang mendalam
  • Format untuk web
  • Sertakan elemen multimedia
  • Kirim cerita ke layanan kawat seperti AllRelease.id
  • Kirim ke media yang spesifik dan relevan dengan isi siaran pers
  • Tersedia untuk kutipan, wawancara, atau foto

Apabila siaran pers telah dibuat, maka Anda bisa membuatnya agar bisa diindeks oleh mesin pencari dengan mengirimkannya ke layanan kawat. Beberapa layanan kawat termasuk AllRelease.id dan lainnya. Layanan ini juga memungkinkan Anda untuk menelusuri siaran pers – mengamati format dan konten apa yang paling baik di mata Anda, bahkan Anda bisa melihat format dari siaran pers brand lain.

Hal pertama yang dilihat orang dari sebuah siaran pers adalah judul, ringkasan, dan paragraf pertama. Jadi, Anda perlu membuat kesan pertama yang terbaik pada siaran pers. So, what you have to do are :

  • Judul siaran pers harus mengumumkan berita Anda seperti apa yang Anda baca di koran. Berita utama tersebut haruslah yang terbaru dan bernilai berita.
  • Sangat penting untuk membuat siaran pers sesingkat dan seringkas mungkin, sama seperti sinopsis buku.
  • Dateline harus terdiri dari kota, negara, dan tanggal saat siaran pers tersebut ketika dibuat.
  • Siaran pers harus melaporkan apa yang terjadi pada suatu acara dari sudut pandang pihak ketiga, bukan dari bahasa orang pertama yang biasanya digunakan dalam iklan.
  • Penulisan siaran pers tidak tergantung sepenuhnya pada pedoman SEO. Untuk mendapatkan backlink Anda menggunakan situs web siaran pers seperti AllRelease.id. Jenis konten yang Anda tulis dengan kata kunci atau keywords yang tepat adalah ruang lingkup halaman web Anda, sehingga siaran pers Anda yang telah dibuat tidak menjadi sia-sia.

*Elevator pitch, elevator speech, atau elevator statement adalah deskripsi singkat tentang ide, produk, atau perusahaan yang menjelaskan konsep sedemikian rupa sehingga setiap pendengar dapat memahaminya dalam waktu singkat.

Deskripsi ini biasanya menjelaskan untuk siapa ini, untuk apa, mengapa diperlukan, dan bagaimana hal itu akan dilakukan. Akhirnya, ketika menjelaskan seseorang, deskripsi umumnya menjelaskan keterampilan dan tujuan seseorang, dan mengapa mereka akan menjadi orang yang produktif dan bermanfaat untuk dimiliki dalam tim atau dalam perusahaan atau proyek.

Elevator pitch tidak harus mencakup semua komponen ini, tetapi biasanya setidaknya menjelaskan apa ide, produk, perusahaan, atau orang dan nilainya.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *