Delapan Pelabuhan Pelindo I Siap Hadapi Angkutan Mudik Lebaran 2019

Sharing is caring!

Pelindo 1 melalui delapan cabang pelabuhannya siap melayani angkutan lebaran jelang hari raya Idul Fitri 1440 H yang akan berlangsung tak kurang dari dua Minggu lagi.

Hal tersebut setelah perseroan memberikan perhatian serius pada aspek pelayanan dan kenyamanan penumpang di Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, dan Tembilahan untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik yang diprediksi akan meningkat setiap tahunnya.

Kesiapan tersebut diantaranya seperti kesiapan dermaga, Sistem dan Prosedur Pelayanan Kapal Sembako, gudang dan lapangan penumpukan, peralatan bongkar muat, tenaga operasional di lapangan, serta kesiapan informasi dan teknologi (IT).

Fasilitas umum tambahan juga akan disiapkan seperti: tenda, toilet, metal detector, tenaga medis, fasilitas parkir tambahan, dan media informasi kepada penumpang, pengantar/penjemput seperti sound system, spanduk, banner, dan leaflet informasi.

“Pelindo 1 saat ini terus  berupaya meningkatkan mutu pelayanan di seluruh terminal penumpang yang akan mengakomodasi  keberangkatan dan kedatangan arus mudik salah satunya Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan yang merupakan terminal penumpang terbesar di Pulau Sumatera yang mampu menampung 2.500 orang serta telah dilengkapi dengan dua unit garbarata yang semakin memudahkan penumpang untuk naik turun dari kapal menuju dermaga dan sebaliknya,” jelas VP Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari Utami.

Menurut hasil monitoring angkutan lebaran tahun 2018, Pelabuhan Belawan mengalami peningkatan sebesar 12,05% yakni sebanyak 38.338 penumpang naik dan turun, jika dibandingkan dengan lebaran tahun 2017 yang tercatat mencapai 34.216 penumpang.​

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *