Bangun Berbagai Infrastruktur Strategis di Kalimantan, WIKA Dukung Rencana Pemindahan Ibukota Baru

Sharing is caring!

Jakarta, 12 Mei 2019 – Dalam upaya pemindahan Ibukota Negara, Kalimantan Timur masuk sebagai salah satu alternatif setelah provinsi tersebut dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo bersama jajaran kabinet Kerja. Kesiapan dari segi infrastruktur dinilai telah layak untuk menjadikan Kalimantan Timur sebagai kandidat.

Dalam pembangunan Kalimantan Timur, erat kaitannya dengan WIKA. Portofolio Perseroan di Kalimantan Timur terdiri dari sederet karya istimewa di antaranya PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas) 2×50/60 MW Kalimantan Timur (Kaltim), dan Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan (SAMS) sebagai pintu masuk menuju Provinsi Kaltim. Kini yang tengah dikerjakan oleh Pembangunan Jalan Tol Balikpapan – Samarinda yang akan menjadi jalan tol pertama di Kalimantan sekaligus menghubungkan kedua kota terbesar di Kalimantan Timur tersebut.

Sementara itu, tidak jauh dari situ, di Kalimantan Tengah yang merupakan kandidat lainnya, WIKA juga mengerjakan proyek Jembatan Tumbang – Samba yang menjadi jembatan terpanjang lintas tengah Kalimantan. Memasuki bulan ke-24, pengerjaan jembatan ini sudah mencapai progress 88,44% dan ditargetkan akan selesai pada November 2019. Jembatan Tumbang Samba akan membuat menghubungkan jalur lintas tengah Kalimantan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah yang dilalui yang terkenal kaya akan sumber daya alamnya yaitu sawit, karet dan pertambangan.

Jembatan sepanjang 823 meter tersebut dibangun dengan menggunakan teknologi Modified Network Tied Arch Bridge yang baru pertama kali diterapkan di Indonesia. Dengan bentang utama jembatan pelengkung sepanjang 108 meter dan lebar 11,8 meter lengkap dengan Hanger Network Tension Rod, jembatan ini dibangun atas sinergi dengan entitas anak WIKA, yaitu WIKA Industri & Kontruksi (WIKON) yang telah memiliki asam garam dan portofolio panjang dalam hal fabrikasi baja (jembatan, conveyor, platework), alat berat, dan industri manufaktur. Jl. D.I. Panjaitan Kav. 9-10 Jakarta 13340 Kotak Pos 4174/JKTJ Contact Person : Puspita Anggraeni Sekretaris Perusahaan Email : puspita@wikamail.id

Masuknya Kalimantan Timur sebagai kandidat merupakan cerminan bahwa provinsi ini menyimpan begitu banyak potensi pembangunan. Bagi Tumiyana, WIKA selalu siap untuk ambil bagian dalam mempersiapkan ibukota baru dari segi infrastruktur di berbagai sektor.

“WIKA sudah kuat dari segi industri, baik baja, beton, maupun aspal yang kemudian menyokong konstruksi dan infrastruktur sebagai bisnis utamanya. Sehingga kapan saja, Pemerintah butuh, kami siap untuk berada di barisan terdepan untuk terlibat dalam misi besar tersebut,” ungkap Tumiyana.

Selain dari segi konstruksi, Tumiyana pun menanggapi wacana tersebut sebagai sebuah peluang besar untuk melaksanakan investasi di bidang properti. WIKA kini menjadikan investasi sebagai arah bisnis masa depan perusahaan guna mendapatkan recurring income (pendapatan berulang). Bagi Tumiyana, pengembangan suatu kawasan akan memiliki prospek besar untuk bertumbuhnya kawasan-kawasan hunian dengan nilai jual yang naik signifikan dalam waktu yang relatif singkat.

Pekerjaan Tahap I Masjid Raya Al-Jabbar direncanakan Rampung pada tahun 2020

WIKA melalui entitas anak, WIKA Gedung (WEGE), bergerak cepat dalam merampungkan pembangunan sarana prasarana keagamaan yang akan menjadi ikon di daerahnya, Masjid Raya Jawa Barat atau diberi nama Masjid Al-Jabbar di kawasan Gedebage, Bandung.

Masjid yang merupakan inisiasi dari Pemerintah Propinsi Jawa Barat melalui Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Propinsi Jawa Barat ini diarsiteki langsung oleh Ridwan Kamil pada tahun 2015 lalu kala dirinya menjabat sebagai Walikota Bandung.

Berdiri pada lahan seluas 25,99 hektar di atas Danau Gede Bage, Masjid terapung ini akan memiliki daya tampung mencapai 33.000 jamaah. Besarnya kapasitas didukung oleh ruang sholat lantai 1 yang mampu menampung 9.822 Jama’ah, ruang sholat lantai mezzanine sebanyak 3.188 Jama,ah, Ruang Selasar mampu menampung 3.627 Jama’ah dan Plaza mampu menampung 16.637 Jama’ah.

Pada lantai dasar Masjid ini akan dibangun museum sejarah Nabi Muhammad SAW, yang akan memperlengkap paket wisata religi di kawasan ini. Proyek dengan nilai Rp479,61 miliar ditargetkan pembangunan Tahap I dapat rampung pada bulan April sehingga keseluruhan pembangunan direncanakan mampu dituntaskan pada tahun 2020.

Nama Al Jabbar dipilih dari salah satu diantara 99 Asmaul Husna. Artinya Maha Gagah, Maha Kuasa. Masjid ini nantinya akan menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat dan diharapkan mampu menjadi ikon baru di Kota Kembang tersebut.

WIKA – WEGE (KSO) Resmi Bangun Hotel Domestik, di Kawasan Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta

WIKA bersama entitas anaknya WIKA Gedung (WEGE) dipercaya PT Angkasa Pura II (Persero) untuk mengerjakan pembangunan Hotel Domestik di area Terminal 3 Bandara Soekarno__Hatta. Kerjasama ini terwujud setelah penandatanganan perjanjian pengadaan jasa konstruksi yang dilakukan oleh Executive General Manager PT Angkasa Pura II, Agung Sedayu dan Direktur WEGE di Cengkareng, Banten, Kamis (2/5).

Hotel Domestik Terminal 3 dibangun guna melayani para penumpang yang membutuhkan transit atau terbang di Bandara tersebut pada malam hari dan memilih untuk menginap di sekitar Bandara untuk menghindari kemacetan. Angkasa Pura II meyakini bahwa kehadiran hotel ini akan berdampak signifikan karena konsep hotel kapsul yang telah hadir terlebih dahulu selalu full booked setiap akhir pekannya.

Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta yang kini menyandang predikat sebagai bandara dengan koneksi rasio penerbangan terjadwal paling banyak atau paling terkoneksi ke-2 di Asia Pasifik dan terkoneksi ke-10 di dunia.

Dengan nilai proyek sebesar Rp275 Miliar, WIKA – WEGE KSO akan membangun hotel dengan 141 kamar dan dilengkapi dengan fasilitas lainnya termasuk kolam renang, restoran, dan gym. Pembangun dengan lingkup kerja pekerjaan struktur, arsitektur, mekanikal elektrikal dan elektronika ditargetkan selesai pada tahun 2020 dan dilanjutkan 180 hari masa pemeliharaan.

Terminal 3 Soekarno Hatta yang kini telah diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia begitu identik dengan WIKA pada pembangunannya. WIKA merupakan leader KSO Kawahapejaya dalam pembangunan terminalnya yang kemudian disusul dengan sejumlah karya lainnya yaitu pembangunan depo dan jalur kereta layang bandara yang menghubungkan terminal 3 dengan terminal lainnya. WIKA juga kini tengah mengerjakan jalan tol Kunciran __Cengkareng yang nantinya akan mempermudah akses dari dan menuju bandara.

WIKA Realty Siap Luncurkan SkyBox Apartment di Tangerang

PT Wijaya Karya Realty (“WIKA Realty”), anak usaha PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. bersama PT MGM menggelar peluncuran show unit atas properti terbarunya SkyBox Apartment Tangerang di Kantor Polda Metro Jaya, di Jakarta belum lama ini.

SkyBox Apartment yang rencananya akan dibangun dengan memiliki 9 tower ini menawarkan berbagai kelebihan bagi para penghuninya. Selain menyediakan fasilitas olahraga untuk menunjang gaya hidup, kemudahan yang akan dinikmati penghuninya adalah letaknya yang berdekatan dengan pusat kota Tangerang dan Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta. Para penghuni juga dapat menggunakan moda transportasi kereta commuter untuk mendukung mobilisasi setiap harinya.

Direktur Utama WIKA Realty, Agung Salladin mengemukakan bahwa kehadiran SkyBox Apartment telah mendapatkan dukungan dari Polda Metro Jaya dengan menggunakan 2 tower pada apartemen tersebut sebagai hunian bagi para anggota Polda Metro Jaya.

“Produk ini sangat menarik dan akan menjadi nilai tambah, jadi jangan lewatkan kesempatan saat produk ini dipasarkan pada saat awal. Kami persilahkan kepada anggota Polda Metro Jaya agat saat jadi nanti, apartemennya akan memiliki nilai investasi yang tinggi,” terang Agung Salladin

Dalam kesempatan ini, WIKA Realty merangkul Bank BTN untuk memberikan kemudahan fasilitas kredit kepada para calon konsumen. Dari segi waktu pemberian kredit, Perusahaan bekerjasama denga lembaga pembiayaan memberikan fasilitas menarik bagi pembeli.

Selain SkyBox Apartment, WIKA Realty saat ini sedang mengembangkan berbagai jenis property di wilayah Jakarta dan sekitarnya (Depok dan Tangerang), diantaranya yaitu landed house Tamansari Puri Bali II Depok, apartemen Tamansari Bintaro Mansion, apartemen Tamansari Skyhive di Cawang CBD Jakarta, dan apartemen Tamansari Wisesa di Permata Hijau, Jakarta.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *